Senin 09 Oktober 2017, 11:08 WIB

Setop Plagiarisme lewat Budaya Membaca

Siti Syarah Ulfa Mahasiswi UIN Sunan Gunung Djati Bandung | Surat Pembaca
Setop Plagiarisme lewat Budaya Membaca

ANTARA/Siswowidodo

 

TIDAK bisa dimungkiri, semakin berkembang pesatnya ilmu pengetahuan dan teknologi, budaya membaca buku kini semakin berkurang.

Searching saja! itulah ide pertama saat kita menemukan hal-hal yang kita ingin tahu. Praktis dan efisien. Internet kini seperti paranormal yang mampu menjawab berbagai pertanyaan yang kita ajukan.

Generasi instan. Itulah julukan bagi masyarakat modern sekarang ini. Bukan hanya ingin instan dalam hal mengolah makanan, melainkan juga dalam hal pekerjaan.

Berhenti berpikir dan berusaha, inilah penyakit yang kini hinggap di hati dan pikiran masyarakat modern ini, khususnya bagi para plagiator yang ingin instan dalam berkarya, tanpa berpikir panjang hal itu dapat merusak martabatnya khususnya di bidang akademik.

Kurangnya pemahaman tentang bagaimana seharusnya mengutip karya orang lain sering kali menjadi penyebab orang tertuduh sebagai plagiator. Hal yang harus kita perhatikan agar kita terhindar dari plagiarisme ataupun tuduhan plagiarisme ialah, pertama, bila kita sebagai mahasiswa, jangan suka menunda-nunda tugas hingga mepet yang membuat kita memilih cara instan saat terkejar deadline.

Kedua, manajemen waktu itu perlu, misalnya, dalam hal kedisiplinan membaca dan belajar, sehingga ilmu kita bertambah setiap harinya, dan terhindar dari menjiplak karya orang lain. Ketiga, bila kita ingin mengutip karya orang lain, hendaklah dipaparkan kembali dengan bahasa kita sendiri di-body note, membuat foot note, atau kita tulis terlebih dahulu daftar pustaka sumber-sumber yang menjadi bahan karya tulis kita.

Keempat, memberikan edukasi terkait plagiarisme. Kelima, sering-seringlah berkunjung ke perpustakaan untuk membaca buku atau ikut seminar agar wawasan keilmuan kita bertambah. Keenam, sebelum menerbitkan karya tulis kita, hendaklah kita cek terlebih dahulu apakah karya kita sama dengan orang lain? Kita bisa menggunakan aplikasi gtplagiarismTest untuk menguji tingkat kemiripan karya tulis kita dengan orang lain.

Baca Juga

dok.pribadi

Beli Mobil Baru Miliaran Tapi Diduga Cacat Produk, Konsumen Protes

👤mediaindonesia.com 🕔Selasa 19 April 2022, 23:29 WIB
Beli Mobil Baru Miliaran Tapi Diduga Cacat Produk, Konsumen...
dok.ist

Klarifikasi/Hak Jawab Berita Media Indonesia

👤Kisar Rajagukguk 🕔Rabu 13 April 2022, 19:09 WIB
SEHUBUNGAN dengan Pemberitaan yang beredar di Media Indonesia, tertanggal 13 April 2022 tentang Razia Handphone  yang berisi Konten...
dok.pribadi

Menguji Prosedur Formal Persidangan Pengadilan Pajak

👤MICOM 🕔Rabu 06 April 2022, 07:45 WIB
Menguji Prosedur Formal Persidangan Pengadilan...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya