Senin 02 Oktober 2017, 07:28 WIB

Ciptakan Lingkungan Edukatif di Rumah dan di Sekolah

Shofwah Nisa Jahidah Mahasiswa UIN SGD Bandung | Surat Pembaca
Ciptakan Lingkungan Edukatif di Rumah dan di Sekolah
 

DUNIA pendidikan Indonesia kembali dikejutkan dengan aksi kekerasan yang menelan korban jiwa. Kejadian ini membuat kekhawatiran para orang tua, terutama bagi mereka yang memiliki anak remaja. Kekhawatiran ini tak hanya dirasakan para orang tua, tetapi juga para guru sebagai pendidik. Hal ini menjadi sebuah teguran bagi kita.

Aksi duel antarpelajar ini menjadi berita duka bagi pendidikan di Indonesia ini. Apalagi, diketahui pula bahwa aksi duel ini merupakan agenda rutin yang ditonton puluhan pelajar lain, dan tradisi ini sudah ada sekitar pada tahun 2000.

Kejadian ini hendaknya dijadikan sebagai pembelajaran baik bagi pelajar, pendidik, maupun orang tua agar kasus itu tidak terulang kembali di kemudian hari.

Lingkungan yang edukatif membantu perkembangan para pelajar dan terhindar dari kegiatan yang bernilai negatif. Dalam menciptakan lingkungan edukatif yang mendukung, langkah awal yang bisa kita lakukan ialah menanamkan nilai-nilai positif. Agar nilai-nilai positif itu tertanam terus dalam benak mereka dapat dituangkan dalam bentuk hiasan slogan-slogan yang mereka ciptakan sendiri di lingkung­an sekolah.

Selain itu, pihak sekolah dapat juga menyediakan kegiatan yang menjadi wadah penyaluran bakat para pelajar. Misalnya, kompetisi olahraga dan kesenian agar setiap waktu luang dapat dimanfaatkan dengan kegiatan bermanfaat.

Orang tua pun memliki peran penting dalam memperhatikan dan mengawasi setiap kegiatan yang dilakukan anaknya. Namun, mereka tidak hanya memperhatikan dan mengawasi setiap kegiatan anaknya, tetapi juga mengajak berdiskusi mengenai perkembangan di sekolah ataupun yang berhubungan dengan masalah pribadinya.

Dengan begitu, mendorong para pelajar untuk tidak melakukan kegiatan negatif. Lingkungan edukatif ini menjadi sarana penghapus ge­nerasi perusak. Pemuda merupakan generasi penerus bangsa. Menjadi tugas kita untuk mencetak generasi penerus bangsa yang akan menjadi pemimpin Indonesia di masa datang.

Baca Juga

dok.pribadi

Beli Mobil Baru Miliaran Tapi Diduga Cacat Produk, Konsumen Protes

👤mediaindonesia.com 🕔Selasa 19 April 2022, 23:29 WIB
Beli Mobil Baru Miliaran Tapi Diduga Cacat Produk, Konsumen...
dok.ist

Klarifikasi/Hak Jawab Berita Media Indonesia

👤Kisar Rajagukguk 🕔Rabu 13 April 2022, 19:09 WIB
SEHUBUNGAN dengan Pemberitaan yang beredar di Media Indonesia, tertanggal 13 April 2022 tentang Razia Handphone  yang berisi Konten...
dok.pribadi

Menguji Prosedur Formal Persidangan Pengadilan Pajak

👤MICOM 🕔Rabu 06 April 2022, 07:45 WIB
Menguji Prosedur Formal Persidangan Pengadilan...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya