Kamis 24 November 2022, 04:45 WIB

Kalah dari Jepang, Lini Depan Jerman Butuh Perbaikan

Basuki Eka Purnama | Sepak Bola
Kalah dari Jepang, Lini Depan Jerman Butuh Perbaikan

AFP/Jewel SAMAD
Penyerang timnas Jerman Jamal Musiala bereaksi di laga Piala Dunia 2022 melawan Jepang.

 

JERMAN harus bekerja keras mempertajam lini depan mereka di Piala Dunia 2022 setelah duet Kai Haverts dan pemain remaja Jamal Musiala membuang banyak peluang yang berujung kekalahan 1-2 dari Jepang, Rabu (23/11).

Jerman unggul di mayoritas laga berkat gol penalti gelandang Ilkay Gundogan namun saat mereka butuh ketajaman duet Havertz dan Musiala, keduanya gagal bersinar.

Hal itu membuat Jepang sukses membalikkan keadaan lewat dua gol larut yang dilesakkan oleh Ritsu Doan dan Takuma Asano, keduanya bermain di Bundesliga, sehingga tim Samurai Biru mencetak sejarah dengan mengalahkan tim juara empat kali Piala Dunia.

Baca juga: Jepang Permalukan Jerman Di Doha

"Hasil ini sangat mengecewakan. Kami unggul penguasaan bola dan sempat unggul," ujar pelatih timnas Jerman Hansi Flick.

"Setelah itu, kami memiliki banyak peluang namun gagal memanfaatkannya. Kesalahan semacam ini seharusnya tidak terjadi," lanjutnya.

Musiala, yang dijadikan starter oleh Flick, tampil mengecewakan di awal laga. Pemain berusia 19 tahun menunjukkan ketidakmatangannya. Dia bak remaja yang bermain di antara pria-pria dewasa.

Saat laga baru berlangsung empat menit, Musiala kehilangan bola di sisi lapangan sendiri yang berujung pada serangan balik Jepang.

Sebuah serangan Jerman pupus, delapan menit kemudian, ketika Musiala berusaha menggring bola secara berlebihan dankehilangan bola.

Hal itu tampaknya membuat kepercayaan diri Musiala pudar. Akibatnya, dia memilih mengoper bola saat berada di posisi yang memungkinkan mencetak gol.

Baru di babak kedua, pemain Bayern itu menemukan kepercayaan dirinya. Pada menit 50, Musiala sempat melewati empat pemain sebelum melepaskan tendangan yang melenceng dari gawang tim Samurai Biru.

Havertz, yang golnya dianulir karena offside, semakin tidak terlihat perannya saat laga terus berjalan. Akhirnya dia pun ditarik keluar dan FLick memasukkan Niclas Fuelkrug dan Yousoufa Moukoko dalam upaya menjebol gawang Jepang.

Di laga berikutnya, Jerman akan berhadapan dengan Spanyol, yang melumat Kosta Rika 7-0. Tim Panser pun butuh memperbaiki lini depan mereka agar tidak kembali kalah dan tersingkir di babak penyisihan grup Piala Dunia untuk kedua kalinya secara beruntun. (AFP/OL-1)

Baca Juga

DOK MI

Arema FC Bekap Dewa United

👤Widhoroso 🕔Rabu 07 Desember 2022, 17:46 WIB
AREMA FC meraih poin maksimal saat menghadapi Dewa United pada lanjutan Liga 1 2022/23, di Stadion Manahan, Solo, Rabu (7/12)...
AFP/FADEL SENNA

Warga Maroko Rayakan Kemenangan

👤Dhika Kusuma Winata 🕔Rabu 07 Desember 2022, 15:03 WIB
"Ada jutaan orang di belakang Maroko. Tim ini mewakili semangat,...
AFP/Glyn KIRK

Ten Hag Berupaya Dongkrak Kebugaran Penyerang Manchester United

👤Basuki Eka Purnama 🕔Rabu 07 Desember 2022, 11:52 WIB
"Jika melihat musim ini, terutama di lini depan, kami banyak kehilangan pemain. Saat mereka siap bermain, mereka pun tidak ada dalam...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya