Rabu 23 November 2022, 15:58 WIB

Korsel Termotivasi Kemenangan Arab Saudi

Rifaldi Putra Irianto | Sepak Bola
Korsel Termotivasi Kemenangan Arab Saudi

AFP/ JUNG YEON-JE
Pemain Timnas Korea Selatan Kim Jin-su (kiri)

 

KESUKSESAN Arab Saudi menumbangkan Argentina 2-1 pada pertandingan fase Grup C Piala Dunia 2022, Selasa (22/11). Hal ini memberikan inspirasi untuk tim nasional (timnas) Korea Selatan (Korsel) jelang laga pembuka.

Seperti diketahui, Korea Selatan bakal melakoni pertandingan pertama fase Grup H melawan Uruguay yang akan bergulir di Education City Stadium pada Kamis (24/11) malam.

Menghadapi Uruguay tentu bukan tantangan mudah bagi skuad negeri ginseng itu. Secara peringkat FIFA, Uruguay saat ini berada di posisi 14 dunia jauh diatas Korsel yang menduduki 28 dunia. Tetapi, belajar dari kemenangan Arab Saudi, bek Kim Jin-su melihat ada peluang untuk timnya memetik kemenagan.

"Seperti yang Anda semua tahu, tim favorit bisa kalah dan underdog bisa menang kapan saja dalam sepak bola," kata Kim dikutip dari kantor berita Yonhap, Rabu (23/11).

"Sejak Arab Saudi menang sebagai tim Asia, saya pikir ada harapan bagi kami juga. Kami hanya harus menampilkan yang terbaik dan menang," tegasnya.

Uruguay dan Korsel sudah dua kali bentrok di Piala Dunia, tepatnya pada 1990 dan 2010. Semua laga mampu dimenangi La Celeste -julukan Argentina-. Pada gelaran tahun 2010 Uruguay mengalahkan Korsel 2-1 pada babak 16 besar, Luis Suarez memborong gol untuk timnya.

Baca juga: Torreira Tegaskan Uruguay tidak Remehkan Korsel

Berbicara terkait pertemuan menghadapi Uruguay, gelandan Son Jun-ho menyatakan skuadnya harus tampil menekan untuk dapat merebut kemenangan. Dengan Urugay yang bakal diperkuat pemain seperti Federico Valverde dari Real Madrid dan Rodrigo Bentancur dari Tottenham Hotspur, tentu itu itu akan menjadi pertandingan yang tidak mudah.

"Jika saya mendapat kesempatan untuk bermain, saya harus mempersulit hidup para pemain itu, dan memastikan tidak ada yang mudah bagi mereka," kata Son.

"Saya harus menekan mereka dan tidak memberi mereka waktu dan ruang untuk melakukan permainan berikutnya," jelasnya.

Sementara itu di kubu Uruguay, gelandang Lucas Torreira tidak akan meremehkan kekuatan skuad Korsel pada pertandingan nanti, meskipun Uruguay lebih diunggulkan.

Torreira menyebut, setiap kali dirinya mengenakan jersey Uruguay, yang paling penting baginya adalah rasa hormat terhadap lawan, dan jelas berusaha untuk memenangkan pertandingan. Pesepak bola berusia 26 tahun itu melanjutkan, pertandingan pertama dapat menentukan arah baik atau buruknya kiprah Uruguay di Piala Dunia.

"Kami selalu menghadapi setiap pertandingan dengan mentalitas yang sama, tidak peduli apakah itu lawan Korea Selatan atau Portugal," kata Torreira.

Gelandang klub Galatasaray itu menyatakan Uruguay telah menganalisis kekuatan dan kelemahan lawan, Torreira menegaskan skuadnya siap menampilkan yang terbaik di pertandingan besok.

"Kami akan mencoba menguasai semua lapangan dan mengontrol ruang. Kami tahu di mana kami bisa menekan mereka. Semuanya bisa terjadi dan apa yang kami lihat akhir-akhir ini adalah tim yang membuat lebih sedikit kesalahan adalah tim yang menang, dan itulah yang kami persiapkan," tukasnya. (Yonhap/OL-5)

Baca Juga

DOK MI

Arema FC Bekap Dewa United

👤Widhoroso 🕔Rabu 07 Desember 2022, 17:46 WIB
AREMA FC meraih poin maksimal saat menghadapi Dewa United pada lanjutan Liga 1 2022/23, di Stadion Manahan, Solo, Rabu (7/12)...
AFP/FADEL SENNA

Warga Maroko Rayakan Kemenangan

👤Dhika Kusuma Winata 🕔Rabu 07 Desember 2022, 15:03 WIB
"Ada jutaan orang di belakang Maroko. Tim ini mewakili semangat,...
AFP/Glyn KIRK

Ten Hag Berupaya Dongkrak Kebugaran Penyerang Manchester United

👤Basuki Eka Purnama 🕔Rabu 07 Desember 2022, 11:52 WIB
"Jika melihat musim ini, terutama di lini depan, kami banyak kehilangan pemain. Saat mereka siap bermain, mereka pun tidak ada dalam...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya