Selasa 15 November 2022, 08:30 WIB

Ghana Bertekad Melangkah Jauh di Piala Dunia 2022

Rifaldi Putra Irianto | Sepak Bola
Ghana Bertekad Melangkah Jauh di Piala Dunia 2022

AFP/Daniel BELOUMOU OLOMO
Timnas Ghana

 

MEMORI manis Piala Dunia 2010 masih melekat pada Timnas Ghana, jelang gelaran Piala Dunia Qatar 2022. Dua belas tahun lalu, The Black Stars -julukkan timnas Ghana- berhasil mencapai prestasi terbaik di kompetisi sepak bola tertinggi di dunia itu, yakni menginjakkan kaki di babak perempat final.

Kembali ke Piala Dunia bersama pelatih Otto Addo, The Black Stars datang ke Qatar dengan harapan bisa mengulang bahkan melebih pencapaian indah tersebut. 

Meski tergabung dalam grup kuat yakni Grup H bersama Portugal, Uruguay, dan Korea Selatan, tekad besar Ghana untuk mengulang kesuksesan 2010 sangatlah besar.

Baca juga: Inaki Williams Putuskan Bela Timnas Ghana

Tekad tersebut diucapkan Wakil Presiden Asosiasi Sepak Bola Ghana Mark Addo. Dia menyebut dengan tim kepelatihan yang saat ini masih terus bekerja keras untuk mempersiapakan diri menuju Piala Dunia, dia yakin The Black Stars bakal tampil maksimal di Qatar.

"Mereka (tim kepelatihan) telah bekerja sejak hari mereka dilantik. mereka telah bekerja di belakang layar, mereka telah mengadakan pertemuan setiap pekan dengan tim teknis dan pemain," ucap Addo dikutip dari FootballGhana.com

"Mari kita berharap dan berdoa agar semua tenaga yang telah mereka curahkan, semua dukungan yang mereka berikan, semua upaya berjam-jam yang telah mereka lakukan dapat memberikan hasil yang kita inginkan di Qatar," imbuhnya.

Tahun ini bakal menjadi kali keempat Ghana beraksi di kompetisi sepak bola terbesar di dunia itu (2006, 2010, dan 2014), kembali ke Piala Dunia setelah melewati edisi 2018, target besar pun dicanangkan Addo untuk The Blacks Star di Qatar nanti.

"Kami berencana untuk pergi hingga final. Ghana berpengalaman di Piala Dunia dan saya yakin kami akan mencapai final. Saya percaya itu dari lubuk hati saya," tegasnya.

Ghana memang bukan tim favorit di Piala Dunia. Mereka tim dengan peringkat terendah di FIFA dari 32 negara yang jadi peserta, yaitu peringkat 61. Namun, Ghana telah membuktikan kelayakan mereka di babak kualifikasi zona Afrika.

Kesuksesan Ghana melaju ke Qatar tidak lepas dari peran penting juru taktik baru mereka, Otto Addo. Otto Addo yang direkrut timnas Ghana pada Februari 2022 berhasil membawa Ghana lolos ke Piala Dunia 2022 di debut kepelatihannya.

Otto Addo menjalankan debut saat Ghana menjalankan putaran ketiga Kualifikasi Piala Dunia zona Afrika melawan Nigeria. Setelah bermain imbang dua kali dengan skor 0-0 dan 1-1, Ghana berhak lolos karena unggul agresivitas gol tandang.

"Sebanyak 26 pesepak bola terbaik Ghana siap bertarung di Piala Dunia. Kami akan pergi ke Qatar dan tim akan bermain dengan penuh semangat, tim akan bermain untuk seragam kebanggan dan tim akan membuat negara tercinta kita menjadi hebat dan kuat," ucap Addo.

"Para pemain juga siap menuliskan namanya di buku sejarah. mereka siap untuk melakukan lebih dari yang telah dilakukan pendahulu mereka," jelasnya.

Dukungan para legenda

Meski banyak yang meremehkan Ghana di Piala Dunia, mengingat posisi mereka yang merupakan tim peringkat terendah dari peserta lainnya, The Black Star mendapat banyak dukungan dari para legenda sepak bola mereka.

Legenda sepak bola Ghana Dan Owusu menegaskan dirinya optimistis The Black Stars dapat tampil gemilang di Piala Dunia tahun ini. Hal itu diyakininya setelah melihat performa apik Ghana di babak kualifikasi.

"Bagi saya, saya senang kami lolos ke piala dunia. Saya yakin persatuan di antara warga ghana akan membantu mendorong tim ke tingkat yang lebih tinggi di piala dunia," ucap Owusu.

"Kekhawatiran kecil saya adalah tentang kekompakan tim, mengingat sebagian besar pemain ini sudah lama tidak bermain bersama, hal ini penting untuk di perhatikan jika kami ingin melangkah jauh," jelasnya.

Selain itu, Mantan pemain Timnas Ghana Laryea Kingston juga optimistis The Black Star bakal melangkah jauh di Piala Dunia. Penampilan solid skuat asuhan Otto Addo pada babak kualifikasi, yang membuat Kingston yakin Ghana dapat bersaing di Qatar.

"Saya sangat optimistis tentang apa yang akan mereka raih di Piala Dunia. Mereka sangat solid dari segi teknik, mereka telah berlatih keras untuk mencapai itu. Saya percaya mereka dapat melangkah jauh di sana," ucap Kingston.

Tidak ketinggalan, dukungan juga datang dari mantan pesepak bola andalan Ghana John Paintsil, yang pernah mengantarkan Ghana mencapai perempat final Piala Dunia pada 2010 silam.

"Saya percaya The Black Stars bisa pergi jauh, kami telah ke sana beberapa kali dan kami memiliki pengalaman. Kami layak lolos ke semifinal atau final. Datang kembali ke Piala Dunia, saya siap mendukung penuh perjuangan mereka dan memberikan motivasi untuk mereka," ucap Paintsil

Sebagai mantan pesepak bola yang telah berkarier di sejumlah klub Eropa seperti West Ham United serta Leicester City, dukungan Paintsil di Timnas Ghana tentu sangat penting. Ini tentu diharapkan dapat memotivasi para pemain untuk tampil gemilang di Qatar.

Dijelaskan Paintsil, dalam menjalani petualangan di Piala Dunia yang terpenting adalah menikmati setiap pertandingan yang dimainkan. Pria berusia 41 tahun itu juga meminta The Black Stars untuk tampil percaya diri meski menghadapi lawan sulit sekalipun.

"Sebagai mantan pemain internasional yang berpengalaman, saya berpesan kepada para pemain untuk menikmati dan mengambil satu pertandingan pada satu waktu," terang Paintsil.

"Meskipun memiliki beberapa sejarah kurang baik dengan Uruguay, Tetapi kami memiliki dua tim lain untuk bermain di grup. Jadi saya pikir mereka harus fokus pada pertandingan demi pertandingan," sebutnya.

Adapun di Piala Dunia 2022 nanti, Ghana akan memulai perjalanan dengan menghadapi Portugal (24 November). Berikutnya, mereka akan melawan Korea Selatan (28 November) dan terakhir bertemu Uruguay (2 Desember).

Ghana akan diperkuat beberapa pemain senior dan pemain muda yang sedang bersinar. Nama-nama pemain veteran seperti Jordan Ayew, Andre Ayew, dan Daniel Amartey diperkirakan masih akan bergabung dalam skuat di Piala Dunia nanti.

Selain itu, Ghana punya andalan baru dengan adanya para pemain muda seperti Mohamed Kudus dan Felix Afena-Gyan. Tidak ketinggalan striker berpengalaman Athletic Bilbao, Inaki Williams, yang akan menjalani turnamen pertamanya bersama The Black Stars. (FootballGhana/OL-1)

Baca Juga

FRANCK FIFE / AFP

Prancis Kalah dari Tunisia karena Sudah Fokus ke Babak 16 Besar

👤Dhika kusuma winata 🕔Kamis 01 Desember 2022, 13:30 WIB
Deschamps ingin menyimpan amunisi menjaga pemain utamanya tetap segar untuk laga melawan...
ANDREJ ISAKOVIC / AFP

Messi: Kegagalan Penalti Membuat Kami Lebih Kuat

👤Dhika kusuma winata 🕔Kamis 01 Desember 2022, 13:18 WIB
Messi mengakui frustrasi penaltinya tak masuk karena La Albiceleste wajib menang untuk lolos. Tapi kegagalan itu membuat timnya menjadi...
 Miguel Schincariol / AFP

Ada Masalah Tumor Usus, Pele Kembali Dirawat di Rumah Sakit

👤Akmal Fauzi 🕔Kamis 01 Desember 2022, 10:10 WIB
Legenda sepak bola Brasil, Pele kembali dirawat di rumah sakit untuk pemeriksaan ulang pengobatan tumor usus besar yang diderita sejak...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya