Jumat 23 September 2022, 13:21 WIB

Prancis Kembali ke Jalur Kemenangan

Akmal Fauzi | Sepak Bola
Prancis Kembali ke Jalur Kemenangan

FRANCK FIFE / AFP
Kylian Mbappe

 

Kylian Mbappe berhasil menutup celah kekosongan pemain utama Prancis yang absen dalam kemenangan melawan Austria 2-0 dalam lanjutan UEFA Nations League di Stadio Stade de France, Jumat (23/9) dini hari WIB. Bintang Paris Saint-Germain (PSG) itu menjadi bintang kemenangan saat Les Bleus--julukan Prancis--mengalami krisis pemain karena cedera.

Mbappe memecah kebuntuan tuan rumah yang sejak menit awal mendominasi permainan. Pada Menit ke-56 Mbappe mencetak gol melalui tendangannya, memaksimalkan kesalahan bek Austria. Olivier Giroud yang dipanggil kembali ke skuad Prancis menggandakan keunggulan mereka sembilan menit kemudian. Giroud menyundul bola umpan silang Antoine Griezmann untuk mencetak gol internasional ke-49, hanya terpaut dua gol dari rekor pencetak gol terbanyak Prancis, Thierry Henry.

Ini menjadi kemenangan pertama Prancis setelah gagal menang di empat pertandingan sebelumnya. Skuad asuhan Didier Deschamps itu kini menempati peringkat ketiga di klasemen Grup A1 dengan mengoleksi lima poin, tertinggal lima poin dari Kroasia di posisi teratas.

"Kami melakukan apa yang perlu kami lakukan untuk meraih kemenangan, menciptakan banyak peluang dan mengendalikan pertandingan. Ada banyak hal positif yang bisa diambil dari pertandingan ini," kata pelatih Prancis Didier Deschamps.

Badai cedera sejumlah pemain jelang laga sempat membuat Deschamps kehilangan kepercayaan diri. Beberapa pemain utama absen seperti kiper dan kapten Hugo Lloris, d N'Golo Kante, Paul Pogba, serta bomber andalan Les Bleus, Karim Benzema.

Menurut Deschamps, itu merupakan kemenangan penting. Menurutnya, seluruh pemain menjalani kinerjanya dengan baik sehingga banyak peluang tercipta di laga tersebut serta mengendalikan permainan.

Gelandang Prancis Aurlien Tchouameni menambahkan, timnya bertekad menunjukkan wajah yang berbeda di laga tersebut. Seluruh pemain ingin menampilkan karakter permainan sesungguhnya tim Ayam Jantan. Meski kondisi Prancis tidak optimal karena persoalan cedera, Tchouameni menilai ketika di lapangan seluruh pemain harus menunjukkan kemampuan terbaiknya. “Segalanya berjalan sangat baik. Anda bisa melihat pemahaman yang kami miliki,” kata gelandang Real Madrid itu.

Prancis masih perlu memenangkan pertandingan terakhir Grup A1 saat bertandang ke markas Denmark Senin (26/9) dini hari WIB untuk memastikan mereka terhindar dari degradasi ke Liga B. Sementara untuk peluang lolos ke semifinal UEFA Nations League Juni tahun depan sudah di luar jangkauan.

Di laga lainnya, Kroasia memuncaki Grup A1 UEFA Nations League setelah mengalahkan Denmark 2-1. Dua gol kemenangan Kroasia dilesatkan oleh B. Sosa (49) dan L. Majer (79). Sementara gol balasan Denmark dicetak oleh pemain Manchester United, Cristian Eriksen (77).

Kemenangan ini membuat Kroasia kokoh di puncak klasemen Grup A dengan 10 poin dari 5 pertandingan dan berpeluang lolos ke semifinal jika berhasil mengalahkan Austria di laga terakhir. Sementara Denmark membuntuti di posisi kedua dengan selisih satu poin. (AFP/UEFA/OL-12)

Baca Juga

MI/Seno

Derby London dan Perang Manchester

👤Suryopratomo Pemerhati Sepak Bola 🕔Sabtu 01 Oktober 2022, 07:10 WIB
DI tengah suasana kelabu yang menaungi persepakbolaan Inggris akibat tersingkir dari Liga Utama Antarnegara Eropa, Liga Primer menyuguhkan...
PSSI

Bima Sakti Maksimalkan Semua Laga

👤Akmal Fauzi 🕔Jumat 30 September 2022, 22:54 WIB
Skuad Garuda Asia itu sudah menggelar pemusatan latihan di Yogyakarta pada 5-25 September...
AFP

Mbappe Tidak Sudi Ada Neymar Di PSG

👤Widhoroso 🕔Jumat 30 September 2022, 19:39 WIB
HUBUNGAN dua bintang Paris Saint-Germain (PSG), Kylian Mbappe dan Neymar, dilaporkan telah mencapai titik...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya