Rabu 19 Januari 2022, 11:00 WIB

Caulker Bahagia Bela Sierra Leone di Piala Afrika

Basuki Eka Purnama | Sepak Bola
Caulker Bahagia Bela Sierra Leone di Piala Afrika

AFP/Charly TRIBALLEAU
Bek timnas Sierra Leone Steven Caulker

 

STEVEN Caulker merefleksikan perjalannya dari Liga Primer Inggris dan membela timnas Inggris hingga akhirnya tampil untuk Sierra Leone di Piala Afrika.

"Perjalanan saya penuh warna selama 10 tahun terakhir," aku Caulker.

Pada 2012, dia melakukan debut untuk timnas Inggris di usia 20 tahun, mencetak gol saat the Three Lions kalah 4-2 dari Swedia.

Baca juga: Blunder Penjaga Gawang Buyarkan Kemenangan Pantai Gading Atas Sierra Leone

Di antara debutan yang tampil untuk timnas Inggris di laga itu adalah Wilfried Zaha. Namun, akhir pekan lalu, dia dan Caulker saat berhadapan saat Pantai Gading bermain imbang 2-2 dengan Sierra Leone di Douala.

"Saya sempat berbincang dengannya dan dia mengucapkan selamat karena saya kembali bermain sepak bola," ujar Caulker mengenai Zaha.

"Kisah saya diwarnai oleh naik-turun. Kami berdua berjalan pada jalur yang berbeda," lanjut bek tengah itu.

Caulker tampil sebanyak 123 kali di Liga Primer Inggris, terutama untuk Tottenham Hotspur dna Liverpool. Namun, namanya meredup akibat gangguan kesehatan mental dan masalah kecanduan.

Kini, dia mulai membangun kariernya kembali. Diawali di Skotlandia dan kini di Turki, tempat dia membela Gazaintep.

Dia juga mendapat panggilan untuk membela timnas Sierra Leone, yang berperingkat 108 dunia karena memiliki darah negara Afrika itu dari kakeknya.

Caulker sempat beberapa kali berkunjung ke Sierra Leone sebelum mantan pemain timnas Inggris lainnya membukakan jalan baginya untuk bergabung dengan timnas negara Afrika barat itu.

"Sejak pertama saya berkunjung, saya sudah merasakan cinta dan kehangatan dari negara ini. Karenanya, saya ingin mendapatkan lebih lagi," ungkap Caulker.

"Tahun lalu, saya mendapatkan pesan di Instagram dari Carlton Cole yang bertanya apakah saya tertarik membela timnas Sierra Leone karena dia bisa menghubungkan saya dengan pihak timnas. Saya kemudian berbicara kepada pelatih dan presiden sehingga kini bisa membela Sierra Leone," lanjutnya.

Caulker bisa membela Sierra Leone karena hanya sekali membela timnas Inggris dan hanya di laga persahabatan.

Saat ini, dia bersiap bersama rekan-rekannya di timnas Sierra Leone untuk laga melawan Guinea Ekuatorial. Jika menang, mereka akan lolos ke babak 16 besar setelah di dua laga sebelumnya bermain imbang melawan Aljazair dan Pantai Gading. (AFP/OL-1)

Baca Juga

 ANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra

Lolos ke Final, Timnas U-23 Thailand Banjir Bonus

👤Akmal Fauzi 🕔Sabtu 21 Mei 2022, 17:38 WIB
Bonus diberikan kepada tim nasional Thailand U-23 sebesar 1 juta THB (sekitar Rp400 juta) karena berhasil mencapai final sepak bola putra...
AFP/Glyn Kirk

Liverpool Fokus Curi Kemenangan di Laga Terakhir

👤Rifaldi Putra Irianto 🕔Sabtu 21 Mei 2022, 11:12 WIB
Wolverhampton merupakan salah satu tim yang kuat di Liga Premier saat ini. Klopp menilai, menghadapi Wolverhampton di laga terakhir...
MI/Seno

Persembahan Gerrard untuk Liverpool

👤Suryopratomo Pemerhati Sepak Bola 🕔Sabtu 21 Mei 2022, 07:10 WIB
Persembahan Gerrard untuk...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya