Senin 28 Juni 2021, 15:56 WIB

Ukraina Bersiap Torehkan Sejarah Baru di Euro 2020

Rifaldi Putra Irianto | Sepak Bola
Ukraina Bersiap Torehkan Sejarah Baru di Euro 2020

Sergei SUPINSKY / AFP
Suporter timnas ukraina menonton pertandingan Ukraina vs Austria di Grup C Euro melalui layar besar di Kota Kiev, Ukraina, Senin (21/6).

 

TIM nasional (timnas) Ukraina mungkin kecewa dengan fakta bahwa mereka hanya mencapai fase grup Euro 2020.

Tetapi, akhirnya keberuntungan berpihak kepada timnas Ukraina yang sukses mencatatkan sejarah baru dengan melaju ke babak 16 besar sebagai salah satu dari empat tim peringkat ketiga terbaik.

Melangkah ke babak 16 besar, hal ini menjadi pencapaian tertinggi bagi Ukraina dalam perjalan mereka di Euro. Sebelumnya pada tahun 2012 dan 2016 mereka tak berhasil lolos fase grup.

Dalam perjalananya di babak penyisihan grup musim ini, tim asuhan Andriy Shevchenko itu membuka pertandingan dengan kalah 3-2 dari Belanda, kemudian meraih kemenangan kunci 2-1 atas Makedonia Utara, dan kembali kalah dari Austria 1-0 di pertandingan terakhir mereka.

Keluar sebagai peringkat tiga di klasemen Grup C, Ukraina berhutang budi kepada Spanyol yang merebut kemenangan telak atas Slovakia di Grup E, untuk kemudian mengirim tim asuhan Shevchenko itu ke babak 16 besar.

Di babak 16 besar Euro 2020 Ukraina akan menghadapi Swedia, dengan pertandingan yang dijadwalkan akan digelar pada Rabu, (30/6) WIB di Hampedn Park, Glasgow, Skotlandia.

Pelatih Shevchenko yang merupaka mantan bintang Ukraina itu, bersiap memberikan yang terbaik di pertandingan nanti.

"Swedia adalah tim yang sangat terorganisir dan saya sangat menghormati mereka, mereka memiliki gaya permainan tertentu dan mereka tidak menyimpang dari itu," ucap Shevchenko dikutip dari UEFA, Senin, (28/6).

"Mereka melakukan permainan dengan baik, terutama operan mereka, mereka memiliki dua striker hebat, dan sangat kuat secara fisik sehingga jarang kalah dalam pertarungan satu lawan satu," jelasnya.

Lima tahun setelah kegagalan Ukraina di Euro 2016 di bawah pelatih Mykhaylo Fomenko, kini Shevchenko mengambil alih kepemimpinan tim dan berharap akan kembali mencatatkan sejarah baru untuk tim mereka di salah satu turnamen sepak bola terbesar di benua Eropa tersebut.

Jelang laga melawan Swedia, Glandang Ukraina Mykola Shaparenko mengatakan dia dan timnya bersiap untuk mencatatkan sejarah baru di Euro 2020.

"Kami telah membuat sejarah (lolos ke babak 16 besar), tetapi kamu ingin membuat sejarah baru lagi sekarang," tegas Shaparenko.

"Swedia adalah tim tangguh dengan krakter besar, merek berjuang untuk setiap meter di lapangan dan memiliki pemain individu yang hebat, tapi kami bersiap memberikan yang terbaik," terangnya. (Rif/AFP/UEFA/OL-09)

Baca Juga

AFP/Glyn KIRK

Arteta keluhkan Pelnggaran Keras McArthur terhadap Saka

👤Basuki Eka Purnama 🕔Selasa 19 Oktober 2021, 10:15 WIB
McArthur melakukan pelanggaran berupa tendangan ke betis dari Bukayo Saka di akhir babak...
AFP/Ina Fassbender

Rose Tegaskan Tekad Antar Dortmund Menang di Markas Ajax

👤Basuki Eka Purnama 🕔Selasa 19 Oktober 2021, 09:15 WIB
Dortmund mempunyai modal sebagai satu-satunya tim Jerman yang pernah menang saat melawat ke Johan Cruijff Arena dalam pertandingan...
AFP/MIGUEL MEDINA

Leao Sebut Laga AC Milan Kontra Porto Bak laga Final

👤Basuki Eka Purnama 🕔Selasa 19 Oktober 2021, 08:00 WIB
Kedua tim memasuki laga dengan catatan tanpa pernah menang di dua pertandingan sebelumnya dan sama-sama memburu tiga poin untuk menjaga asa...

E-Paper Media Indonesia

HALAMAN FOKUS EKSTRA 4 HALAMAN

Fokus Edisi

Mencegah Proyek Kereta (jadi) Mubazir

Pembengkakan biaya menjadi biang keladi perlu turun tangannya negara membiayai proyek dengan dana APBN.

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya