Jumat 06 Desember 2019, 07:50 WIB

Garuda Muda Jumpa Myanmar

Budi Ernanto Laporan dari Filipina | Sepak Bola
 

KESEBELASAN Indonesia memastikan lolos ke semifinal SEA Games 2019 Filipina seusai menghajar Laos 4-0 pada partai terakhir penyisihan Grup B di Stadion Imus Granstand, kemarin. Mereka bertemu juara Grup A, Myanmar, besok.

Pasukan 'Garuda Muda' berada di posisi dua klasemen akhir grup dengan raihan 12 poin dari lima pertandingan. Mereka tertinggal satu angka dari Vietnam yang kemarin bermain imbang 2-2 saat melawan Thailand. Sebagai juara grup, Vietnam bakal ditantang Kamboja yang secara mengejutkan menjadi runner-up Grup A.

Osvaldo Haay lagi-lagi menjadi bintang timnas dengan menjaringkan dua gol untuk melengkapi koleksi tujuh golnya sekaligus memuncaki daftar top skor sementara. Dua gol lainnya disumbangkan Saddil Ramdani dan Bagas Adi Nugroho.

Pelatih Indra Sjafri pun mengaku bersyukur pasukannya mampu melewati persaingan di grup neraka. "Alhamdulillah target pertama kita lolos semifinal telah tercapai,'' ujarnya.

Namun, dia sedikit memberikan catatan di babak pertama melawan Laos bahwa anak asuhnya kewalahan menghadapi lawan. "Pertandingan hari ini kita lakoni dengan sangat baik walaupun di babak pertama kurang bagus karena beberapa pemain ada yang sudah bermain lima kali dan ada dua pemain yang masih cedera."

Indra mengindikasikan akan merotasi pemain mengingat hanya memiliki waktu istirahat satu hari sebelum menghadapi Myanmar. ''Kita akan fokus pada pemulihan pemain,'' ucapnya.

Saat dituntut menang untuk melenggang, Indonesia langsung tampil menekan saat menghadapi Laos. Mereka bahkan hanya perlu waktu 4 menit untuk mengawali keunggulan berkat gol Saddil Ramdani.

Namun, Laos tak ciut nyali. Mereka kemudian memberikan perlawanan sengit. Pada menit ke-38, mereka nyaris menyamakan kedudukan ketika Souk Aphone mendapatkan peluang di depan kotak penalti. Dia dengan akurat melepaskan tembakan, tetapi untungnya kiper Nadeo Argawinata sigap menepis bola.

Kedudukan 1-0 untuk tim 'Merah Putih' bertahan hingga jeda. Seusai turun minum, Evan Dimas dan kawan-kawan kembali mengambil inisiatif serangan. Hasilnya, hanya semenit setelah permainan berlanjut, Osvaldo Haay sukses memperbesar keunggulan.

Pada menit ke-72, Indonesia mendapat hadiah penalti setelah Sani Rizki dijatuhkan di kotak terlarang. Bagas Adi Nugroho turun sebagai eksekutor. Namun, tendangannya ditepis kiper Laos, Thilavong Solasak. Beruntung, eksekusi diulang. Pada percobaan kedua, tembakan Bagas kembali ditepis, tetapi bola rebound dan bisa dimanfaatkan menjadi gol.

Unggul 3-0 tak membuat Indonesia puas. Mereka memantapkan kemenangan saat injury time lewat aksi Osvaldo.

ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan

Pemain Timnas U-22 Indonesia Osvaldo Haay (tengah) bersama Saddil Ramdani (kiri) dan Nurhidayat merayakan kemenangan usai mengalahkan Timnas Laos dalam pertandingan Grup B SEA Games 2019 di Stadion City of Imus Grandstand, Filipina, Kamis (5/12/2019).

 

Lampaui target

Di cabang menembak, tim Indonesia pantas berbangga karena melewati target medali emas. Kemarin, pasangan Vidya Rafika Rahmatan/Fathur Gustafian menjuarai nomor 10 m air rifle mixed team dan Fafan Khoirul Anwar merajai benchrest air rifle heavy varmint.

Dengan begitu, cabang menembak sudah mengumpulkan lima emas atau dua lebih banyak dari target awal. ''Ini buah kerja keras yang dilakukan para atlet selama pelatnas,'' tutur Sekjen PB Perbakin Firtian Judiswadarta. (Ant/X-8)

 

Baca Juga

Antara/Zabur Karuru

Peluang Karier Bagus Kahfi di Eropa Kembali Terbuka

👤Akmal Fauzi 🕔Rabu 02 Desember 2020, 14:58 WIB
Tepatnya setelah Barito Putera ikhlas melepas Bagus Kahfi untuk pergi ke Benua Biru. PSSI pun mengapresiasi dukungan tim yang berbasis di...
AFP/MIGUEL MEDINA

Conte Puji Determinasi Inter Milan

👤Akmal Fauzi 🕔Rabu 02 Desember 2020, 12:28 WIB
Selain berkat kemenangan atas Gladbach, peluang I Nerazzuri ke 16 besar kembali terbuka lantaran Shakthar Donetsk berhasil membungkam Real...
AFP/Sergei SUPINSKY

Kroos Akui Real Madrid Kacau Balau

👤Basuki Eka Purnama 🕔Rabu 02 Desember 2020, 11:28 WIB
Kekalahan di Ukraina itu membuat Madrid terancam tidak lolos ke 16 besar Liga...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya