Senin 07 Oktober 2019, 11:45 WIB

Akmal Marhali Dicalonkan Jadi Anggota Exco PSSI

Despian Nurhidayat | Sepak Bola
Akmal Marhali Dicalonkan Jadi Anggota Exco PSSI

MI/ATET DWI PRAMADIA
Akmal Marhali

 

PEMERHATI sepak bola Indonesia sekaligus Koordinator Save Our Soccer (SOS) Akmal Marhali resmi menjadi salah satu nama bakal calon Anggota Eksekutif (Exco) Persatuan Sepak bola Seluruh Indonesia (PSSI).

Dari sebanyak 91 bakal calon Anggota Exco, Akmal mengungkapkan dirinya mendapatkan mandat dari Munafri Arifuddin atau CEO PSM Makassar.

"Jadi sebenernya gini, malam Rabu kemarin pukul 23.00, tiba-tiba saya ditelepon Pak Munafri. Ia menyampaikan pengurus PSSI hanya berputar di situ saja dan tidak ada regenerasi. Ini tidak bagus buat perkembangan sepak bola ke depan. Harus ada generasi muda yang maju, karena sepak bola itu harus seusai dengan perkembangan zaman. Beliau pun meminta saya untuk maju menjadi calon pemimpin eksekutif bersama Najwa Shihab," ungkapnya melalui keterangan resmi yang diterima Media Indonesia, Senin (7/10).

Mendengar permintaan tersebut, Akmal kaget dan mengapresiasi keinginan Munafri.

Baca juga: Klub-klub Apresiasi PSSI Sukses Menggelar Kompetisi Usia Muda

Dia pun menambahkan bahwa saat ini dia hanya menjalankan amanat dan merasa pesimistis bisa lolos menjadi bakal Anggota Exco, karena adanya pasal 38 ayat 4.

"Saya merasa nggak akan lolos karena status pasal 38 ayat 4 yang mengatakan aturan harus ada minimal 5 tahun aktif dalam sepak bola koridor PSSI. Tapi kan saya aktif di sepak bola, sebagai analis dan pengamat konsultan saya juga pernah. Jadi saya maju dulu saja, masalah nanti ditolak atau tidak kita pikirkan kemungkinannya," lanjut Akmal.

Selain itu, Akmal mengakui dirinya sudah geram dengan carut marut PSSI saat ini. Dia mengatakan, sejauh ini, PSSI belum memberikan solusi apa-apa dan hanya memberikan janji.

"Selama ini kan hanya memberikan janji saja dan ketika terpilih jadi Ketum tidak ada tindakan. Harusnya dari beribu masalah yang ada itu diselesaikan dan hal yang paling jelas ialah rekayasa dan mafia bola. Kalau perlu bikin satuan khusus agar mampu memberantas semua mafia itu dan menjadikan sepak bola Indonesia tanpa rekayasa dan tanpa mafia," tambahnya.

Dia pun menambahkan layaknya Dewan Perwakilam Rakyar (DPR), Anggota Exco seharusnya menjadi pembawa aspirasi masyarakat. Akmal pun menyampaikan keinginannya sangat sederhana, yakni mewujudkan persepakbolaan di Indonesia yang sehat.

"Ya ini kayak DPR aja, jadi kita mewakili aspirasi masyarakat. Harusnya Anggota Exco juga bisa membawa aspirasi masyarakat. Kita harus mewujudkan sepak bola sehat, meskipun nantinya saya akan sendirian, saya siap. Saya akan sampaikan semuanya secara terang-terangan dan apa adanya," pungkasnya.

Sementara itu, beberapa nama yang akan menjadi bakal calon Anggota Exco lainnya ialah Andi Darussalam Tabusalla, Hinca Panjaitan, Tigorshalom Boboy, Hasnuryadi Sulaiman, M Kusnaini, dan masih banyak lagi. (OL-2)

Baca Juga

ANTARA/Hafidz Mubarak A

Dennis Wise: Saya tidak Cari Untung dari Kepindahan Bagus Kahfi

👤Widhoroso 🕔Rabu 02 Desember 2020, 20:02 WIB
Dennis Wise merupakan merupakan sosok yang memberikan rekomendasi Bagus ke klub Belanda FC Utrecht. Ia menilai Bagus memiliki kemampuan...
Pool/AFP

MU, Chelsea, Spurs Berebut Ben White. Siapa Dia?

👤Ant 🕔Rabu 02 Desember 2020, 18:30 WIB
Pemain berusia 23 tahun itu tampil mengesankan untuk Seagulls musim ini setelah kembali dari masa pinjaman di...
AFP/Raul Arboleda

Carlos Queiroz Tinggalkan Timnas Kolombia

👤Widhoroso 🕔Rabu 02 Desember 2020, 18:29 WIB
Queiroz menerima tawaran melatih Kolombia pada Februari 2019. Total ia memimpin dalam 18 pertandingan dengan raihan sembilan...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya