Jumat 08 Maret 2019, 18:02 WIB

Pemerintah Dorong PSSI Perbaiki Nama Baik

M. Taufan SP Bustan | Sepak Bola
Pemerintah Dorong PSSI Perbaiki Nama Baik

ANTARA

 

SEKRETARIS Kementerian Pemuda dan Olahraga (Sesmenpora) Gatot S Dewa Broto menegaskan Persatuan Sepak bola Seluruh Indonesia (PSSI) tidak mungkin dibubarkan meskipun hingga saat ini Satgas Antimafia Bola Polri 'mengobrak-abrik' PSSI terkait kasus pengaturan pertandingan.

“Saya tegaskan PSSI tidak dibubarkan. Hanya saja ada perbaikan-perbaikan," terang Gatot dalam siaran persnya kepada sejumlah jurnalis di Jakarta, Jumat (8/3).

Baca juga: Dicurigai Langgar FFP, Manchester City Siap Diperiksa

Ia menyebutkan, PSSI harus melakukan langkah perbaikan untuk mengembalikan nama baiknya. Apalagi sejak lama PSSI dianggap punya pandangan pro dan kontra di mata publik.

Ditambah lagi, kasus PSSI dengan Satgas Antimafia Bola, bisa menjadi pelajaran untuk memulai perbaikan tersebut. Namun, lanjut Gatot, hal itu bukan menjadi salah satu intervensi dari pemerintah. Saat masalah tersebut memanas, Gatot bahkan mengingatkan agar PSSI tidak lapor kepada FIFA karena justru melanggar. Sekali lagi, tambah dia, PSSI harus introspeksi dengan hati-hati.

"Untuk langkah perbaikan pokoknya kita lihat dan tunggu saja bagaimana PSSI mengatasinya," imbuh Gatot.

Dihubungi terpisah, Ketua Umum Sepakbola Indonesia Juara (SIJ), Hendri Satrio, mengatakan bahwa saat ini memang momen paling tepat bagi PSSI untuk berbenah dan melakukan pembersihan organisasi.

“PSSI tidak perlu dibubarkan, jangan dibubarkan, diperbaiki harus, dibersihkan dari mafia wajib, tapi tidak dibubarkan. Saya setuju dengan pemerintah, dengan Kemenpora PSSI jangan dibubarkan," ungkap Hendri.

Lebih jauh, ia mengatakan, pemerintah harus berhati-hati dalam mengambil langkah terkait kisruh PSSI ini.

“Pantau dari jauh, tidak perlu mendekat, kalau FIFA berburuk sangka nanti disangka pemerintah mau intervensi, nanti kita dihukum lagi," jelasnya.

Menurut Hendri, sepak bola Indonesia masih punya kesempatan untuk maju dan juara. "Satgas mafia bola ini momentum penting dan bagus bagi kemajuan sepak bola kita. SIJ punya mimpi Sepak bola Indonesia jadi juara. Nah, syarat utamanya sepak bolanya harus, organisasinya harus ada juga, jadi jangan dibubarkan. Pilih ketua baru, buat rencana baru, hadirkan transparansi maka jalan menuju juara akan terbuka," tandasnya. (OL-6)

Baca Juga

AFP/Juan Mabromata

Argentina tak Anggap Remeh Australia

👤mediaindonesia.com 🕔Kamis 01 Desember 2022, 17:14 WIB
"Bila Anda berpikir Australia akan mudah, Anda salah karena mereka telah menunjukkan lolos melawan tim tangguh di Piala Dunia...
ANTARA FOTO/Fikri Yusuf

Dimas Drajad Cedera, PSSI Panggil Spasojevic ke Timnas

👤mediaindonesia.com 🕔Kamis 01 Desember 2022, 17:02 WIB
"Saya mendapatkan kesempatan lagi dan saya percaya saya bisa menjawab kepercayaan coach Shin...
ISSOUF SANOGO / AFP

Terdampar di Dasar Klasemen, Kamerun Tetap Pede Bakal Taklukkan Selecao

👤Akmal Fauzi 🕔Kamis 01 Desember 2022, 16:19 WIB
Mengalahkan Brasil ibarat harus mendaki gunung yang tinggi, namun Song menegaskan timnya ingin lolos ke fase gugur untuk pertama kalinya...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya