Minggu 14 Oktober 2018, 14:30 WIB

Thierry Henry Tukangi Monaco

Basuki Eka Purnama | Sepak Bola
Thierry Henry Tukangi Monaco

VIRGINIE LEFOUR/BELGA/AFP

 

MANTAN bintang Arsenal Thierry Henry, Sabtu (13/10), ditunjuk sebagai pelatih Monaco. Ini merupakan kali pertama dia menjadi pelatih klub setelah dia meninggalkan posisinya di timnas Belgia.

Mantan pemain timnas Prancis berusia 41 tahun yang sebelumnya merupakan asisten pelatih timnas Belgia Roberto Martinez kembali ke klub tempat dia mengawali karier profesionalnya.

Henry yang telah menandatangani kontrak bersama Monaco hingga 2021 mengatakan sudah takdir dia kembali ke klub Ligue 1 itu.

Henry menggantikan posisi Leonardo Jardim yang pada 2017 mengantarkan Monaco menjadi juara Ligue 1 untuk pertama kali sejak 2000. Dia dipecat pada Kamis (11/10) setelah serangkaian hasil buruk membuat Monaco terpuruk di jurang degradasi.

Di Monaco, Henry akan bekerja sama dengan Joao Carlos Valado Tralhao, pelatih Benfica U-23, dan Patrick Kwame Ampadu, pelatih akademi Arsenal dan ayah pelatih Chelsea Ethan Ampadu.

Henry merupakan hasil didikan akademi Monaco dan melakukan debutnya bersama klub itu pada 1994.

Dia mencetak tujuh gol di ajang Liga Champions 1997-98 bersama Monaco yang kala itu dilatih Arsene Wenger mencapai babak semifinal sebelum dikalahkan Juventus.

"Dengan penuh rasa bangga, saya menerima tawaran untuk menjadi manajer AS Monaco FC," ungkap Henry lewat Twitter.

"Saya mendapat sejumlah tawaran menarik selama beberapa bulan terakhir namun Monaco selalu ada di hati saya. Mengawali karier bersama klub hebat ini, tampakanya merupakan takdir saya mengawali karier sebagai pelatih di sini," imbuhnya.

Setelah memainkan lima musim bersama Monaco, Henry kemudian hijrah ke Juventus, Arsenal, Barcelona, dan New York Red Bulls.

Di Arsenal, Henry menjadi pencetak gol terbanyak selama empat musim dan memenangkan dua gelar Liga Primer Inggris. (AFP/OLO-2)

Baca Juga

AFP

Dzeko Selamatkan Inter Milan dari Kekalahan Atas Venezia

👤Rifaldi Putra Irianto 🕔Minggu 23 Januari 2022, 11:40 WIB
EDIN Dzeko berhasil menyelamatkan Inter Milan dari kekalahan atas Venezia dalam laga lanjutan Liga Italia 2021/2022, yang berlangsung di...
AFP

Atalanta Jauhi Juventus Meski Seri 0-0 Lawan Lazio

👤mediaindonesia.com 🕔Minggu 23 Januari 2022, 06:45 WIB
KENDATI hanya bisa seri 0-0 melawan Lazio dalam pertandingan Serie A Italia, Minggu dini hari tadi (23/1), Atalanta sedikit menjauhi...
AFP

Witan dan Egy Bawa FK Senica Raih Kemenangan

👤Widhoroso 🕔Sabtu 22 Januari 2022, 23:45 WIB
PENAMPILAN bagus diperlihatkan duo timnas Indonesia yakni Egy Maulana Vikri dan Witan Sulaeman di FK...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya