Kamis 12 Januari 2023, 16:44 WIB

Kemendagri Tunjuk Sekda Papua Sebagai PLH Gubernur Papua

Putra Ananda | Politik dan Hukum
Kemendagri Tunjuk Sekda Papua Sebagai PLH Gubernur Papua

Dok MI/Rommy Pujianto
Kantor Kemendagri.

 

KEMENTERIAN Dalam Negeri (kemendagri) menunjuk Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Papua Muhammad Ridwan Rumasukun sebagai Pelaksana Harian (PLH) Gubernur Papua. Penunjukan Muhmmad Ridwan dilakukan untuk mengisi kekosongan kepemimpinan Papua pasca Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menangkap Gubernur Papua non aktif Lukas Enembe. 

Kepala Pusat Peneraganan (Kapuspen) Kemendagri Benni Irwan menjelaskan penugasan Muhmmad Ridwan dilakukan melalui penerbitan surat Nomor 100.3.2.6/184/SJ yang ditandatangani langsung oleh Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian. 

Baca juga: Pembekuan Keuangan Papua Masksimal Berlangsung 20 Hari Kerja

Pemerintah pusat memandang pemerintahan di Papua tidak boleh terhenti karena adanya kekosongan pimpinan. Pembangunan dan pelayanan masyarakat di Papua harus tetap berlangsung.

"Langkah ini diambil guna mencegah terjadinya kekosongan kepemimpinan dan menjamin kesinambungan penyelenggaraan pemerintahan di Provinsi Papua," ujar Benni dalam keterangannya di Jakarta, Kamis (12/1). 

Benni menjelaskan, penunjukkan Muhammad Ridwan sebagai PLH Gubernur Papua sudah sesuai dengan regulasi yang diatur dalam Undang-Undang (UU) 23 tahun 2014 tentang Pemerintah Daerah (Pemda). Dalam pasal 65 ayat 3 dan 5 kepala daerah yang tengah menjalani masa tahanan dilarang melaksanakan tugas dan kewenangannya. 

"Apabila status hukum kepala daerah meningkat menjadi terdakwa, yang bersangkutan diberhentikan sementara, dan ditugaskan penjabat gubernur sebagaimana amanat Pasal 86 ayat 2 UU Nomor 23 Tahun 2014," ujarnya. 

Benni melanjutkan, selama menjabat sebagai PLH Papua, Muhammad Ridwan akan bertugas untuk melaksanakan tugas sehari-hari dari kepala daerah. Namun, kewenangan PLH tidak berkaitan dengan pengambilan kebijakan yang bersifat strategis dalam aspek keuangan, kelembagaan, personel, asper perizinan, serta kebijakan strategis lain. (OL-6)

Baca Juga

Dok. Ikadin Jakbar

Ikadin Jakbar Komit Pertahankan Wadah Tunggal Advokat

👤Mediaindonesia.com 🕔Sabtu 04 Februari 2023, 23:29 WIB
Wacana multibar yang digaungkan sejumlah pihak adalah sebuah langkah mundur karena tidak ada satu pun di dunia ini menganut sistem...
Ist

IKA Menwa Seroja Timor Timur Gelar Munas dan Silaturahmi Nasional

👤mediaindonesia.com 🕔Sabtu 04 Februari 2023, 21:58 WIB
Dalam kegiatan Silatnas tersebut Ika Menwa Seroja Timor Timur juga menyelenggarakan Sarasehan dengan judul “Peran IKA Menwa Seroja...
ANTARA

Soal Cawapres, Pilihan PPP Mengerucut Pada Sosok Erick Thohir

👤Widhoroso 🕔Sabtu 04 Februari 2023, 19:53 WIB
PARTAI Persatuan Pembangunan (PPP) sampai saat ini PPP masih dalam tahap penyaringan nama-nama yang akan diusung sebagai capres dan...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya