Kamis 10 November 2022, 21:50 WIB

Unipharma Sebut Pemicu Gagal Ginjal Akut itu Bahan Baku Obat Sirop 

Rahmatul Fajri | Politik dan Hukum
Unipharma Sebut Pemicu Gagal Ginjal Akut itu Bahan Baku Obat Sirop 

ANTARA FOTO/Muhammad Adimaja
Ilustrasi: Petugas BPOM melakukan pengujian sampel

 

DIREKTUR PT Universal Pharmaceutical Industries (Unipharma) Pujiono mennjalani pemeriksaan di Bareskrim Polri hari ini, Kamis (10/11). Hal itu terkait produknya yang diduga menjadi pemicu gagal ginjal akut.

Pengacara Unipharma, Hermansyah Hutagalung, mengungkapkan, kliennya dicecar 22 pertanyaan oleh penyidik seputar bahan baku obat sirop.

"Hari ini pemeriksaan atas Direktur UPI Bapak Pujiono, kita dampingi hari ini mungkin ada 20 pertanyaan dari penyidik fokusnya tentang pengungkapan dari mana bahan baku itu dibeli, lalu kandungan bahan bakunya gimana, supliernya siapa," kata Hermansyah di Jakarta, Kamis (10/11).

Hermansyah menjelaskan Etilen Glikol (EG) dan Dietilen Glikol (DEG) yang ditemukan dalam kandungan produk kliennya itu berasal dari bahan baku.

"Jadi kita mengungkapkan bahan baku itu sendiri sudah tercemar kandungan EG, DEG. Jadi kita pastikan persoalannya ada di bahan baku bukan di-UPI nya," jelasnya.

Baca juga: Hasil Biopsi Pasien Ginjal Akut Menunjukkan Kerusakan Akibat Etilen Glikol

Hermansyah menilai persoalan justru berada di bahan baku yang menjadi tanggung jawab Badan Pengawas Obat dan Makanan (Badan POM).

"Persoalan bahan baku itu harus menjadi tanggung jawab Badan POM, suplier sendiri juga. Karena kita tidak punya alat untuk mengecek EG DEG itu," imbuhnya.

Hermansyah mengatakan berdasarkan hasil uji laboratorium, bahan baku pembuatan obat telah tercemar oleh kandungan EG dan DEG.

"Kita mengirim bahan ini ke Bogor, RS Saraswati, karena hanya dua yang punya alat penguji itu, Badan POM pusat sama Saraswati. Hasil dari Saraswati itu, kandungan itu tercemar," tuturnya.

Sebelumnya, Unipharma melaporkan PT Logikom Solution selaku pemasok bahan baku obat sirop buatannya. Laporan tersebut dibuat pada 28 Oktober 2022 dengan nomor laporan LP/B/1918/X/2022/SPKT/Polda Sumut. Pelaporan ini lantaran Unipharma merasa tertipu oleh perusahaan tersebut karena memberikan bahan baku yang mengandung EG dan DEG melebihi batas aman.(OL-5)

Baca Juga

MI/Pius Erlangga

Ini Anggaran yang Disiapkan KPU untuk Pasukan Jagat Saksana

👤Yakub Pryatama Wijayaatmaja 🕔Minggu 04 Desember 2022, 19:54 WIB
Sekretaris Jenderal (Sekjen) KPU RI Bernad Dermawan Sutrisno menerangkan seluruh anggaran dari sisi sarana-prasarana, seperti motor hingga...
MI/RAMDANI

Tokoh Pendidikan dan Lintas Agama Deklarasi Dukung Anies Baswedan Capres 2024

👤Faustinus Nua 🕔Minggu 04 Desember 2022, 19:23 WIB
Tokoh pendidikan Indra Charismiadji selaku juru bicara Laskar Aman menuturkan, relawan ini merupakan organik dan bukan...
ANTARA

Erick Thohir Didukung Berbagai Segmen Masyarakat Untuk Jadi Cawapres

👤Widhoroso 🕔Minggu 04 Desember 2022, 18:46 WIB
MENTERI BUMN Erick Thohir memiliki pendukungan di berbagai segmen masyarakat untuk menjadi calon wakil presiden (cawapres) di pemilihan...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya