Rabu 17 Agustus 2022, 18:38 WIB

Para Menteri Perang Outfit di Peringatan HUT ke-77 RI

Andhika Prasetyo | Politik dan Hukum
Para Menteri Perang Outfit di Peringatan HUT ke-77 RI

ANTARA
Peringatan Detik-Detik Proklamasi Kemerdekaan ke-77 Republik Indonesia di Istana Merdeka, Jakarta, Rabu (17/8/2022).

 

UPACARA Peringatan Detik-detik Proklamasi Republik Indonesia yang dihelat di Halaman Depan Istana Merdeka, Jakarta, Rabu (17/8), menjadi ajang pamer outfit bagi para menteri Kabinet Indonesia Maju.

Mereka mengenakan busana adat yang dianggap memiliki nilai tersendiri atau mengandung makna yang sejalan dengan tema HUT ke-77 RI, 'Pulih Lebih Cepat, Bangkit Lebig Kuat'.

Baca juga: Peringati HUT ke-77 RI, DPW Nasdem Jatim Ziarah ke Makam Bung Karno

Menteri BUMN Erick Thohir, misalnya. Ia tidak memilih untuk memakai baju adat Lampung atau Jawa Barat yang merupakan kampung halamannya. Ia justru mengenakan busana adat dari Nusa Tenggara Timur karena menggambarkan kewibawaan dan kepercayaan.

"Artinya apa? Kita kan tuan rumah G20, cocoklah Indonesia yang dipercaya dan berwibawa, Itu yang saya coba sampaikan. Walaupun saya setengah Lampung, setengah Jawa Barat, saya apresiasi kebudayaan suku-suku lain, dan baju ini," ujar Erick di Istana Kepresidenan, Jakarta, Rabu (17/8).

Selain Erick, ada Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan yang datang dengan menggunakan baju adat Bali. Ia beralasan pemilihan busana itu sebagai upaya mendukung pagelaran KTT G20 yang akan berlangsung di Pulau Dewata November mendatang.

"Baju adat Bali ini istri saya yang inisiasi. Dia bilang karena nanti mau G20, kita pakai baju Bali saja," ucap Luhut.

Adapun, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono menetapkan hati menggunakan baju adat dari Suku Sasak, Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB). Melalui baju itu, ia memberi dukungan secara langsung bagi destinasi pariwisata super prioritas yang dicanangkan pemerintah di provinsi tersebut.

"Saya kira Lombok sebagai salah satu destinasi pariwisata super prioritas yang dicanangkan oleh Pak Jokowi. Saya sebagai pembantu presiden yang memperbaiki, merenovasi semua infrastruktur di Danau Toba, Borobudur, Lombok, Labuan Bajo, dan di Kupang. Jadi saya ikut sedikit mempromosikan Lombok, Mandalika," ucap Menteri Basuki.

Ada satu menteri yang memiliki alasan cukup unik, yaitu Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin. Ia memilih mengenakan baju adat dari Kalimantan Timur sebagai persiapan perpindahan ibu kota negara.

"Ini buat siap-siap jadi kalau nanti pindah ke Kalimantan Timur sudah tahu mesti pakai baju apa," ucapnya.  (OL-6)

Baca Juga

ANTARA FOTO/M Risyal Hidayat

Johanis Tanak Terpilih jadi Pengganti Lili Pintauli

👤Sri Utami 🕔Rabu 28 September 2022, 19:24 WIB
Wakil Ketua Komisi III DPR Adies Kadir mengatakan Johanis mendapatkan suara terbanyak yakni 38 suara sedangkan I Nyoman Wara hanya...
MI/Susanto

KPU: Baru 13 Parpol yang Telah Perbaiki Verifikasi Administrasi

👤Yakub Pryatama Wijayaatmaja 🕔Rabu 28 September 2022, 18:55 WIB
Komisioner KPU RI Idham Holik menerangkan 13 parpol tersebut, yakni PPP, PKB, PDIP, NasDem, Demokrat, PAN, Gerindra, PSI, Golkar, Perindo,...
MI/M IRFAN

Politisi Golkar Jelaskan Maksud 'Lapor Bohir" Usai Pemilihan Komisioner KPK

👤Anggi Tondi Martaon 🕔Rabu 28 September 2022, 18:37 WIB
Wakil Ketua Umum (Waketum) Partai Golkar itu menyampaikan seluruh anggota DPR merupakan petugas partai. Partai harus mengetahui berbagai...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya