Rabu 17 Agustus 2022, 16:32 WIB

Danlantamal IX Memimpin Upacara HUT RI di Bawah Laut Pulau Saparua

Mediaindonesia.com | Politik dan Hukum
Danlantamal IX Memimpin Upacara HUT RI di Bawah Laut Pulau Saparua

ANTARA/HO Dinas Penerangan Angkatan Laut
TNI Angkatan Laut menggelar pengibaran bendera merah putih di bawah laut dalam rangka memperingati HUT ke-77 Kemerdekaan Republik Indonesia

 

Komandan Pangkalan Utama TNI Angkatan Laut (Danlantamal) IX Ambon Brigjen TNI Said Latuconsina, memimpin langsung upacara pengibaran bendera Merah Putih di bawah laut untuk memeringati HUT ke-77 Republik Indonesia (RI) di Pulau Saparua, Kabupaten Maluku Tengah.

"Pengibaran Merah Putih di bawah laut Pulau Saparua, karena dari sini pahlawan nasional asal Maluku Thomas Matulessy berjuluk Kapitan Pattimura berjuang melawan penjajah pada tahun 1817," kata Danlantamal IX Ambon Said Latucosina disela- sela memimpin upacara bawah laut itu, Rabu.

Pengibaran bendera yang dipusatkan di Pantai Putih Lessi, Desa Kulur, Pulau Saparua, Maluku Tengah melibatkan 30 penyelam dari Lantamal IX, Ketua Korcab IX DJA III Ny. Said Latuconsina bersama ibu-ibu Jalasenastri, Bakamla, Polairud, media serta komunitas penyelam di Maluku, dengan komandan upacara Komandan Yonmarhanlan IX Ambon Mayor Mar. Rowin Zummy Simarmata.

Selain perairan Desa Kulur, pengibaran bendera Merah Putih juga dilakukan di pantai Batu Kuda, Desa Tulehu, Pulau Ambon, Kabupaten Maluku Tengah dipimpin Komandan Satuan Kapal Patroli (Satrol) Lantamal IX Letkol Laut (P) Eko Setyono melibatkan 10 penyelam.

 "Upacara dan pengibaran bendera di bawah laut yang digelar secara serentak di 77 lokasi di Tanah Air ini untuk membangkitkan kembali semangat Maritim Indonesia. Ini wujud cinta tanah air sekaligus mengembalikan kejayaan Maritim Indonesia," tegas Danlantamal.

Pengibaran Bendera Merah Putih di dasar laut serentak di 77 lokasi mulai dari Timur Indonesia hingga ke Barat Indonesia sesuai perintah Kepala Staf TNI Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Yudo Margono, sebagai isyarat bahwa TNI AL siap menjaga Kedaulatan dan Keamanan di laut, sekaligus mendapat Rekor MURI dunia.

"Pengibaran bendera di bawah laut itu juga dirangkaikan dengan transplantasi karang di kedua lokasi yang menjadi objek wisata pantai dan selam di Maluku," katanya.
 
Said menambahkan, Pulau Saparua selain menjadi saksi sejarah perjuangan Pahlawan Nasional Pattimura yang menyerang penjajah di Benteng Duurstede yang dibangun Portugis tahun 1676, Pulau penghasil rempah cengkeh dan pala itu juga memiliki sejumlah potensi wisata yang layak dikunjungi seperti taman wisata pantai Batu Pintu di Desa Haria, objek wisata Goa Tujuh Putri. (Ant/OL-12)

Baca Juga

Ilustrasi

Kadiv Humas Polri Sebut tidak Ada Anggota Polisi Terlibat Peretasan Narasi TV

👤Mediaindonesia.com 🕔Jumat 30 September 2022, 06:00 WIB
Polri telah memperoleh informasi mengenai kasus peretasan yang dialami oleh karyawan Mata Najwa dan Narasi...
dok.ist

Plt Ketua Umum dan Majelis Pakar PPP Matangkan Pemenangan Pemilu 2024

👤mediaindonesia.com 🕔Kamis 29 September 2022, 23:08 WIB
Plt Ketua Umum PPP Muhamad Mardiono melakukan rapat bersama Majelis Pakar DPP PPP membahas langkah dan strategi untuk mengantarkan...
MI/Bary F

Paska OTT KPK Respon Ketua MA Dipuji Pengamat

👤mediaindonesia.com 🕔Kamis 29 September 2022, 22:43 WIB
RESPON Mahkamah Agung (MA) dalam menyikapi terbongkarnya dugaan korupsi yang melibatkan Hakim Agung non-aktif Sudrajat Dimyati dan sejumlah...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya