Rabu 11 Mei 2022, 10:33 WIB

KSP Dorong Swasta Bantu Pengembangan Ekosistem Digital Nasional

Andhika Prasetyo | Politik dan Hukum
KSP Dorong Swasta Bantu Pengembangan Ekosistem Digital Nasional

Medcom.id
Ilustrasi

 

Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko mendorong pihak swasta untuk membantu pemerintah dalam upaya membangun ekosistem digital nasional.

Langkah tersebut harus dilakukan demi melahirkan talenta-talenta Tanah Air yang diharapkan mampu memajukan sektor tersebut di masa mendatang.

Ia pun mengapresiasi perusahaan-perusahaan yang memberi perhatian khusus dan melakukan aksi nyata, salah satunya Huawei Indonesia.

"Kerja sama ini sangat penting mengingat Indonesia hingga 2030 membutuhkan sekitar 9 juta SDM mumpuni yang menguasai teknologi digital terdepan seperti Cloud, kecerdasan artifisial, analisisbbig data, 5G hingga IoT," ujar Moeldoko melalui keterangan resmi, Rabu (11/5).

Sejak 2020, melalui program ASEAN Academy Indonesia, Huawei aktif menggelar berbagai pelatihan, seminar, studi banding, sertifikasi, hingga kompetisi yang dirancang memperkaya wawasan, memperdalam pemahaman, serta meningkatkan penguasaan terhadap teknologi-teknologi terdepan.

"Dari target pengembangan 100 ribu talenta digital di Indonesia, saat ini sudah terbentuk sekitar 60 ribu talenta digital. Pemerintah sangat mengapresiasi kerja sama pihak swasta yang turut mendukung terbentuknya ekosistem digital di Indonesia," tutur mantan panglima TNI itu.

Dalam kesempatan yang sama, CEO Huawei Indonesia Jacky Chen berterima kasih kepada pemerintah yang menggarap industri digital secara serius.

“Kami sangat mengapresiasi. Kami juga berterima kasih kepada dari Bapak Moeldoko atas bimbingan dan nasehatnya kepada kami. Ke depan, Huawei ingin berkontribusi lebih besar bagi Indonesia untuk menciptakan nilai dalam rangka membangun Indonesia yang terhubung sepenuhnya, berorientasi 5G, lebih cerdas, digital, dan hijau," tandasnya. (OL-12)

Baca Juga

Antara

Tersangka Peristiwa HAM Berat Paniai Segera Diadili di Pengadilan HAM Makassar

👤Tri Subarkah 🕔Kamis 19 Mei 2022, 23:32 WIB
Sangkaan yang menjerat IS terkait pertanggungjawaban rantai komando atas kejahatan terhadap...
Dok MI

Wamen ATR/BPN Pastikan Lahan IKN Nusantara Tak Tumpang Tindih

👤Fachri Audhia Hafiez 🕔Kamis 19 Mei 2022, 21:30 WIB
"IKN tidak ada tumpang tindih karena sebagian besar itu kan kawasan hutan...
Dok MI

KPK Lantik 43 Pejabat Fungsional Baru

👤Fachri Audhia Hafiez 🕔Kamis 19 Mei 2022, 20:07 WIB
Pelantikan dipimpin Sekretaris Jenderal KPK Cahya H...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya