Sabtu 05 Februari 2022, 10:15 WIB

Peran Lembaga Setingkat Kementerian di Pemerintahan Dinilai Penting

Mediaindonesia.com | Politik dan Hukum
Peran Lembaga Setingkat Kementerian di Pemerintahan Dinilai Penting

ANTARA/Akbar Nugroho Gumay
Sejumlah wakil menteri Kabinet Indonesia Maju mengucapkan sumpah saat dilantik di Istana Negara, Jakarta, Jumat (25/10/2019).

 

KETUA Indonesia Bureaucracy and Service Watch (IBSW), Nova Andika menilai pentingnya lembaga setingkat kementerian di Kabinet Pemerintahan Jokowi saat ini. Hal itu mengacu pada hasil survei Political Wearther Stationtentang  kinerja menteri dan setingkat menteri.

Munculnya dua pejabat setingkat  menteri dalam daftar hasil survei tentang kinerja menteri dan pejabat setingkat menteri berkinerja terbaik menunjukan hal itu.  Menurut Nova Andika, hal itu tidak hanya menjelaskan betapa kedua pimpinan lembaga non- kementerian tersebut memiliki kualifikasi tinggi sehingga mampu bersaing secara sehat dalam prestasi dengan para menteri di kabinet, namun lebih jauh membuktikan pula kerja keras dan pengabdian mereka untuk Indonesia.

Nova Andika mengatakan salut  manakala kedua pimpinan lembaga non-kementerian tersebut, yakni Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa, serta Kepala Staf Kepresidenan (KSP) Moeldoko, menerobos daftar yang didominasi para kepala kementerian itu.

“Munculnya nama Jenderal Andika dan Moeldoko di antara nama-nama para menteri yang dianggap memiliki kinerja bersinar seperti Menteri Pertahanan Prabowo Subianto, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno, Menteri Keuangan Sri Mulyani, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nadiem Makarim, Menteri BUMN Erick Thohir, bagi IBSW jelas satu prestasi mengesankan yang tak bisa dipandang sebelah mata,” kata Nova dalam siaran persnya.

Pangab Andika walaupun relatif baru menjabat tapi menunjukkan ketegasan dalam menindak penyimpangan yang dilakukan anggota TNI. Pangab Andika juga diapresiasi ketika mengubah pendekatan TNI di Papua yang lebih manusiawi dan memulangkan pasukan pasukan non-organik.

Selanjutnya Nova juga mencermati masuknya Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko dalam 10 besar berkinerja terbaik PWS tersebut yang ia percayai karena selalu lakukan tindak lanjut atas arahan arahan Presiden Jokowi ke dalam tataran operasional agar dilakukan para menteri teknisnya.

“Jika kita monitor di media massa dan medsos, Moeldoko memang intensif berikan masukan masukan konkret terhadap permasalahan terutama yang menyangkut hubungan antarkementerian,” ujar Nova.

“KSP Moeldoko juga senantiasa terlihat intensif lakukan monitoring atas pelaksanaan kebijakan kebijakan Presiden Jokowi.”

Diberitakan bahwa lembaga riset Political Weather Station (PWS) menggelar survei nasional yang dilakukan pada 13 hingga 23 Januari 2022 di 34 provinsi di seluruh Indonesia. Jumlah sampel dalam survei PWS kali ini sebesar 1.421 responden,  yang diperoleh melalui teknik pencuplikan secara rambang berjenjang (multi-stage random sampling), dengan batas kesalahan (margin of error) +/- 2,6 persen dengan tingkat kepercayaan (level of confidence) sebesar 95 persen.

Hasilnya, terpilih 10 menteri atau pejabat setingkat menteri di pemerintahan Joko Widodo (Jokowi) Jilid II yang dinilai publik memiliki kinerja yang baik.

“Di antara mereka terdapat Menteri Pertahanan Prabowo Subianto, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno, Menteri Keuangan Sri Mulyani, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nadiem Makarim, Menteri BUMN Erick Thohir hingga Kepala Staf Kepresidenan (KSP) Moeldoko," ujar peneliti senior PWS, Mohammad Tidzi dalam zoom meeting pada Jum'at (4/2). (RO/A-1)

 

Baca Juga

dok.knpi

Kapan Timsus Polri Telusuri Hubungan 'Kaisar' Sambo, Konsorsium 303, RBT dan YS, Ya?

👤Selamat Saragih 🕔Jumat 30 September 2022, 12:50 WIB
KETUA Umum DPP KNPI, Haris Pertama, menyoroti kasus mafia judi konsorsium 303 di Indonesia, khususnya di DKI Jakarta di mana lokasi Markas...
Dok Setwapres

Wapres Minta Persidangan Sambo Dipercepat

👤Emir Chairullah 🕔Jumat 30 September 2022, 12:25 WIB
Masyarakat saat ini berharap agar kasus dugaan pembunuhan berencana Brigadir J cepat...
INSTAGRAM @LESTYKEJORA

Polres Metro Jaksel Periksa Dua Saksi Terkait KDRT Lesti Kejora

👤Mediaindonesia.com 🕔Jumat 30 September 2022, 11:54 WIB
Kedua saksi sangat kooperatif menjalani pemeriksaan dengan memberikan keterangan secara jelas terkait kasus...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya