Minggu 23 Januari 2022, 21:58 WIB

Trio Anies-Emil-Ganjar Safari karena Elektabilitas Stagnan

Vallentina Chelsy Maharani (Metro TV) | Politik dan Hukum
Trio Anies-Emil-Ganjar Safari karena Elektabilitas Stagnan

MI/SUSANTO
Peluang calon presiden 2024 dalam paparan survei nasional Puspoll Indonesia di kawasan Tebet, Jakarta, Minggu (23/05/2021).

 

TIGA kepala daerah disebut-sebut sering menggelar safari ke sejumlah wilayah. Mereka ialah Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, Gubernur Jawa Barat Ridwan  Kamil atau Emil, dan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo. Kegiatan politik itu dilantarbelakangi elektabilitas yang stagnan.

"Elektabilitas para calon presiden potensial kalangan Pulau Jawa ini sangat baik, cukup baik. Tapi, kecenderungannya stagnan jika kita bandingkan dengan Jokowi menjelang 2014 yang lalu," kata pengamat politik Hanta Yuda kepada Metro TV, Minggu (23/1/2022).  

Baca juga: Wasekjen Golkar : Pengamat Tidak Bisa Bedakan Acara Nikah dan Acara Partai

Direktur Eksekutif Poltracking Indonesia itu mengatakan, safari politik Anies, Emil, dan Ganjar, sangat wajar dilakukan untuk memperluas ceruk dukungan sekaligus melakukan sosialisasi di luar provinsi yang mereka pimpin. Apalagi, ketiganya bukan pemimpin partai politik.

"Mereka bukan figur ataupun pengendali partai. Tidak memiliki tiket partai sehingga satu-satunya senjata paling ampuh adalah memiliki elektabilitas tinggi. Dengan cara inilah posisi mereka menjadi kuat di hadapan parpol menghadapi arena pertarungan 2024," imbuh Hanta.

Khusus Ganjar, posisinya terbilang dilematis karena partai asalnya diprediksi sudah memiliki calon kuat. Ganjar harus bersaing dengan Puan Maharani yang merupakan putri Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri.

"Ganjar kader satu partai dengan Puan Maharani. Situasi bisa kian memanas. Jadi saya kira (safari politik) ada dua aspek yaitu mencari peluang tapi juga bisa jadi ancaman dari sisi negatifnya," ujarnya.

Untuk diketahui, Anies datang ke Makassar untuk menjadi saksi pernikahan anak Nurdin Halid. Dikabarkan, Anies menyempatkan diri bertemu pendukungnya dan mengisi Talkshow Kebangsaan Komunitas Mileanis Sulsel di RM Losari and Food Makassar, Sulawesi Selatan, Jumat (21/1/2022) malam.

Di sisi lain, Ganjar Pranowo berkunjung ke Pesawaran, Lampung, Jumat (21/1/2022). Kedatangan Ganjar disambut antusias ratusan masyarakat Lampung yang rela menunggunya sejak pagi di Museum Transmigrasi.

Sementara itu, Emil berkunjung ke Pondok Pesantren Tebuireng, Jombang, Jawa Timur, Jumat (21/1/2022). Dia disambut para santri termasuk dari Himpunan Santri Pasundan (HISPA) yang merupakan perkumpulan santri Ponpes Tebuireng asal Jawa Barat. Emil juga berziarah ke makam pendiri Nahdlatul Ulama KH Hasyim Asy'ari dan makam Gus Dur.

Baca juga: Pemindahan Pusat Pemerintahan masih Dikaji

Lebih jauh Hanta mengatakan, tokoh lain yang juga moncer untuk menjadi calon presiden 2024 ialah sejumlah menteri seperti Sandiaga Uno dan Erick Thohir. Erick bahkan figur yang cukup dekat dengan Jokowi karena pernah dipercaya sebagai ketua tim pemenangan saat Pemilu 2019.

"(Erick Thohir) ini menjadi tantangan tersendiri bagi para gubernur untuk mencari perhatian Jokowi dan diperhitungkan dari kalangan partai politik. Lalu ada juga menteri yang merupakan ketua umum partai politik yakni Prabowo Subianto dan Airlangga Hartarto," pungkasnya. (A-3)

Baca Juga

Dok. Puspenkum Kejagung

LCW Disebut Punya Backing Politik Pengaruhi Kebijakan di Kemendag

👤Tri Subarkah 🕔Sabtu 21 Mei 2022, 23:45 WIB
"Setahu saya dia dari dulu kuat di atas. Dulu pernah masuk Danareksa, misalnya,"...
Antara

Jokowi Pastikan Harga Migor Jadi Rp14 Ribu Dalam Dua Pekan

👤Kautsar Widya Prabowo 🕔Sabtu 21 Mei 2022, 23:26 WIB
Jokowi mengatakan harga minyak goreng curah di pasar tradisional terpantau sudah berada diangka Rp14...
MI/ Abdillah M Marzuqi

Ubhara Jaya Gelar Penyuluhan Hukum

👤Abdillah M Marzuqi 🕔Sabtu 21 Mei 2022, 22:19 WIB
Menurut Amin, kegiatan itu juga melibatkan mahasiswa sehingga dapat menjadi wadah...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya