Selasa 12 Oktober 2021, 21:05 WIB

Jadwal Pemilu 2024 Perlu Titik Temu Presiden dan Parpol

Sri Utami | Politik dan Hukum
Jadwal Pemilu 2024 Perlu Titik Temu Presiden dan Parpol

MI/ANDRI WIDIYANTO
Ilustrasi KPU

 

PRESIDEN Joko Widodo bersama pimpinan partai politik diharapkan dapat memberikan jalan keluar dari kebuntuan penetapan jadwal pemilihan umum dan pemilihan kepala daerah yang sedianya akan digelar pada 2024.

Sekretaris Jenderal Sekjen Partai Amanat Nasional (PAN) Eddy Soeparno  saat dihubungi, Selasa (12/10), mengatakan semua partai politik tentu berharap kepastian jadwal pesta demokrasi tersebut. Oleh karena itu dibutuhkan titik temu agar dapat menghasilkan keputusan jadwal yang tepat. 

"Kami berharap ada kepastian tentang tanggal pelaksanaan pemilu karena hal ini memengaruhi proses tahapan pemilu yang akan dimulai segera dan juga memengaruhi tanggal Pilkada 2024," ujarnya. 

Menurutnya, jika sesuai dengan usulan Komisi Pemilihan Umum (KPU), pemilu dipastikan 15 Mei 2024, ada usulan atau permohonan pilkada ditunda dari November 2024 menjadi Februari 2025. 

"Jadi kami berharap ada kepastian jika kepastian itu bisa cepat diperoleh dengan cara pertemuan presiden dan parpol, kami sebagai parpol ingin mempercepat proses tahapan pemilu tersebut," tutur Eddy. 

PAN, sambung dia, akan terbuka dengan usulan jadwal terlebih partai berlambang matahari terbit tersebut sudah menjadi partai koalisi pemerintahan. "Kami terbuka dan kami ingin sekali dialog itu agar ada kepastian pelaksanaan pemilu," tukasnya. 

Ketua Dewan Kehormatan DPP Demokrat Hinca Pandjaitan menilai mencari jalan keluar dari kebuntuan menetapkan jadwal pemilu 2024 merupakan tugas bersama. Dengan demikian partai politik bersama Presiden Joko Widodo dapat melakukan rembuk bersama.

"Negara ini negara kita semua, kita urus bersama. Pertemuan dengan  presiden sebagai kepala negara tentu baik dan bijak. Duduk bersama, rembuk bersama," terangnya. 

Sebelumnya, Gerindra, PPP, dan PKS setuju dengan usulan agar Presiden Joko Widodo mengadakan pertemuan dengan partai politik guna membahas jadwal pemungutan suara Pemilu dan Pilkada Serentak 2024. Hingga saat ini, partai politik, KPU serta pemerintah masih memiliki opsi masing-masing, sehingga belum ada kesepakatan bulat.

Sekjen Gerindra Ahmad Muzani yakin pertemuan antara Presiden Jokowi dengan parpol bisa menjembatani perbedaan pandangan yang ada. (P-2)

Baca Juga

Antara

Tersangka Kasus Perindo Sempat Keliling Jakarta dan Berupaya Lari

👤Tri Subarkah 🕔Rabu 27 Oktober 2021, 23:58 WIB
IG sempat berkeliling di wilayah Jakarta sebelum akhirnya datang ke Gedung Bundar...
Dok kemenhub

Kemenhub Siapkan Strategi Antisipasi Lonjakan Covid-19 Libur Nataru

👤RO/Micom 🕔Rabu 27 Oktober 2021, 23:30 WIB
Libur nataru jangan sampai merusak upaya mengendalikan covid-19 yang telah...
Antara/Jessica Helena Wuysang.

Korupsi Komisi Agen, Pejabat Askrindo Jadi Tersangka

👤Tri Subarkah 🕔Rabu 27 Oktober 2021, 20:27 WIB
Selain itu, ia juga membagi dan menyerahkan share komisi yang ditarik secara tunai di AMU kepada empat orang di...

E-Paper Media Indonesia

HALAMAN FOKUS EKSTRA 4 HALAMAN

Fokus Edisi

Menghadang Ganasnya Raksa

Indonesia masih menjadi sasaran empuk perdagangan ilegal merkuri, terutama dari Tiongkok dan Taiwan. Jangan sampai peristiwa Minamata pada 1956 di Jepang terjadi di sini.

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya