Rabu 29 September 2021, 08:44 WIB

Sinergitas Bakamla RI dan Coast Guard Singapura Semakin Erat

Cahya Mulyana | Politik dan Hukum
Sinergitas Bakamla RI dan Coast Guard Singapura Semakin Erat

ANTARA FOTO/Reno Esnir
Kepala Badan Keamanan Laut (Bakamla) Laksdya TNI Aan Kurnia.

 

KEPALA Badan Keamanan Laut (Bakamla) RI Laksdya TNI Aan Kurnia menggelar pertemuan melalui video teleconference dengan Komandan Singapore Police Coast Guard (SPCG) Senior Assistant Commisioner Cheang Keng Keong.

Kedua instansi menjaga kerja sama untuk semakin erat guna menjaga keamanan wilayah perairan masing-masing.

"Kedua perwira tersebut berkomunikasi lebih kurang selama tiga puluh menit, selain membicarakan isu-isu terkini keamanan laut perbatasan kedua negara, juga membahas rencana kerja sama yang dapat disepakati bersama antara Bakamla dan SPCG," ujar Kabag Humas dan Protokol Bakamla RI Kolonel Bakamla Wisnu Pramandita dalam keterangannya, Rabu (29/9).

Menurut dia, Kepala Bakamla RI Laksdya TNI Aan Kurnia menyampaikan kepada Komandan Singapore Police Coast Guard (SPCG) Senior Assistant Commisioner Cheang Keng Keong, bahwa Bakamla dan SPCG memiliki kesamaan tugas dan fungsi seperti penegakan hukum di laut, SAR, dan patroli laut. Oleh karena itu Bakamla sangat perlu menjalin hubungan kerja sama dengan SPCG.

Dalam pembicaraan itu Kepala Bakamla RI menyampaikan empat usulan bidang kerja sama yang mungkin dapat disepakati.

Pertama, coast guard to coast guard talk atau pertemuan bilateral antara Kepala Bakamla RI dengan Komandan SPCG yang dilaksanakan secara resiprokal setiap tahunnya membahas perkembangan kerja sama dan isu-isu keamanan dan keselamatan laut di kawasan.

Kedua, kegiatan peningkatan kapasitas melalui pelatihan, pendidikan, penelitian dan pengembangan, pertukaran staf ahli, magang, lokakarya dan seminar.

"Ketiga, membentuk hotline dan single point of contact dan keempat, pertukaran Informasi keamanan laut," kata Wisnu.

Komandan SPCG Senior Assistant Commisioner Cheang Keng Keong menyambut baik usulan Kepala Bakamla RI itu. Pihaknya menyadari ancaman dan persoalan yang sama dalam isu keamanan maritim oleh karena perlu adanya bekerja sama.

Pada kegiatan teleconference dengan Komandan SPCG, Kepala Bakamla RI didampingi oleh Direktur Kerja sama Laksma Bakamla Sandy Muchjidin Latief, Direktur Latihan Laksma Bakamla Bambang Irawan, Direktur Data dan Informasi Laksma Bakamla Enjud Darojat, Kepala UPH Bakamla RI Laksma Bakamla Iman Wahyudi, Kabag Humas dan Protokol Kolonel Bakamla Wisnu Pramandita dan Kepala Subdirektorat Perencanaan dan Evaluasi Operasi Laut Kolonel Bakamla Denny Giarno Susilo. (Cah/OL-09)

Baca Juga

dok.ist

Komjak Minta Keterangan PH Korban Akta Palsu atas Laporan Jaksa di Medan

👤mediaindonesia.com 🕔Kamis 20 Januari 2022, 21:50 WIB
TIM Hukum Hadi Yanto,S.H.,M.H.,CLA yang merupakan Penasehat Hukum (PH) Jong Nam Liong, menghadiri panggilan Komisi Kejaksaan untuk dimintai...
 Instagram/Nyoman Nuarta.

JJ Rizal: Sejarah Nama Nusantara Betolak Belakang dengan Semangat Demokrasi

👤Reporter: AGUS TAUFIK/Penulis: MUHARDI 🕔Kamis 20 Januari 2022, 21:06 WIB
Dia menilai nama Nusantara bertolak belakang dengan hasrat demokratis yang ingin dibangun pemerintah. Nama nusantara lebih mencerminkan...
ANTARA FOTO/Fransisco Carolio

Klarifikasi Mahfud MD, Hanya Satu Pegawai Kemenkeu Ditahan terkait BLBI

👤Dhika Kusuma Winata 🕔Kamis 20 Januari 2022, 20:51 WIB
Pegawai DJKN yang diduga terlibat hanya satu orang sedangkan lainnya pihak lain yang merupakan...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya