Jumat 17 September 2021, 17:39 WIB

Tim Tabur Tangkap DPO Kasus Tipikor Kejati Jabar

RO/Micom | Politik dan Hukum
Tim Tabur Tangkap DPO Kasus Tipikor Kejati Jabar

dok kejagung
.

 

TIM Tangkap Buronan (Tabur) Kejaksaan Tinggi Jawa Barat, Kejaksaan Negeri Garut, dan Kejari Subang, berhasil menangkap buronan tindak pidana korupsi atas nama Tauhidi Fachrurozi.

"Tauhidi Fachrurozi diamankan di Jalan Perum Mahkota, Subang, Jawa Barat yang merupakan buronan dari Kejari Garut," kata Kepala Pusat Penerangan Hukum Kejaksaan Agung Leonard Eben Ezer Simanjuntak dalam keterangan persnya, Jumat (17/9).

"Terpidana tidak datang memenuhi panggilan yang sudah disampaikan secara patut, oleh karenanya kemudian yang bersangkutan dimasukkan dalam Daftar Pencarian Orang dan akhirnya berhasil diamankan ketika tim kemudian melakukan pemantauan di lingkungan tempat tinggal terpidana," sambung Leonard.

Leonard menjelaskan, kasus Tauhidi ini berdasarkan putusan Mahkamah Agung RI No 669 K/Pid.Sus/2007 tanggal 5 September 2007. Ia divonis bersalah melakukan perbuatan melawan hukum dengan cara memperkaya diri sendiri atau orang lain, atau suatu korporasi yang dapat merugikan keuangan negara.

"Pada kegiatan peningkatan Sarana dan Prasarana Usaha Kelautan Tahun Anggaran 2005 di Lingkungan Dinas Perikanan Provinsi Jawa Barat, dilakukan pembuatan/pengembangan Pusat Pelelangan Ikan (PPI) Cilauteureun, Desa Pamalayan, Kecamatan Cikelet, Kabupaten Garut yang bersumber dari APBD Provinsi Jawa Barat TA 2005 dengan nilai kontrak sebesar Rp. 1.190.572.000," jelas Leonard.

"Bahwa dalam hal ini PT Satia Nugraha Mulya dengan Direktur M Taufiq, mendapatkan pekerjaan tersebut kemudian memberikan kuasa kepada terpidana Tauhidi Fachrurozi sebagai pelaksana kegiatan/pekerjaan dan terbukti bersalah karena melaksanakan pembangunan yang tidak sesuai," tambahnya.

Menurut Leonard, dalam pekerjaan tersebut menyimpang dari bestek yang ada, dan tidak melakukan kewajiban memperbaiki kerusakan bangunan revetment dalam masa pemeliharaan. Namun Tauhidi Fachrurozi sebagai pelaksana melalui M Taufiq, telah menerima uang pembayaran sebesar Rp. 1.009.496.821.

Setelah sampai di Kejaksaan Negeri Garut, Tauhidi Fachrurozi dilakukan pemeriksaan kesehatan dan swab antigen dengan hasil dinyatakan sehat dan negatif covid-19. , Ia akan dieksekusi oleh Jaksa Eksekutor Pidana Khusus Kejaksaan Negeri Garut ke Rumah Tahanan Negara Kelas II B Garut. (J-1)

Baca Juga

DOK. UNHAN

Prabowo Bakal Maju Lagi di Pilpres 2024, Gerindra: Disukai Kaum Milenial

👤Mediaindonesia 🕔Kamis 28 Oktober 2021, 13:56 WIB
Dia mengatakan dari hasil survei menunjukkan di antara banyak calon presiden, Prabowo Subianto adalah sosok yang banyak digandrungi dan...
MI/Adam Dwi.

KPK Telisik Arahan Dodi Alex Noerdin terkait Proyek Pemkab

👤Dhika Kusuma Winata 🕔Kamis 28 Oktober 2021, 13:32 WIB
Dalam kasus itu KPK menetapkan tersangka Dodi Alex Noerdin, Kepala Dinas PUPR Herman Mayori, Kabid Sumber Daya Air Dinas PUPR Eddi Umari,...
DOK DPR RI

Anggota DPR Sayangkan Kejadian Double Transfer Pada Insentif Nakes

👤mediaindonesia.com 🕔Kamis 28 Oktober 2021, 13:07 WIB
Meminta kembali insentif yang telah ditransferkan bukan perkara mudah. Kejadian ini adalah kesalahan yang sangat fatal dan perlu...

E-Paper Media Indonesia

HALAMAN FOKUS EKSTRA 4 HALAMAN

Fokus Edisi

Menghadang Ganasnya Raksa

Indonesia masih menjadi sasaran empuk perdagangan ilegal merkuri, terutama dari Tiongkok dan Taiwan. Jangan sampai peristiwa Minamata pada 1956 di Jepang terjadi di sini.

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya