Senin 03 Mei 2021, 21:10 WIB

Keluarga Bantah Eks Komandan Nanggala-402 Sakit Parah

Cahya Mulyana | Politik dan Hukum
Keluarga Bantah Eks Komandan Nanggala-402 Sakit Parah

MI/ADI KRISTIADI
Mantan Komandan Satuan Kapal Selam Koarmada II sekaligus mantan Komandan KRI Nanggala-402 Kolonel Laut (P) Iwa Kartiwa

 

KONDISI kesehatan perwira pasukan khusus kapal selam sekaligus mantan Komandan KRI Nanggala-402 Kolonel Laut (P) Iwa Kartiwa sudah membaik. Penyakit paru-paru yang sempat dideritanya selama dua tahun hampir dinyatakan sembuh.

Hal itu dinyatakan oleh ibu mertua Iwa Kartiwa, Heni Hunaeni. Ia juga membantah informasi lain yang sempat muncul di media massa dan daring bahwa Iwa Kartika menjual rumah demi biaya pengobatan.

"Saya ibu Heni, mertua Kolonel Laut (P) Iwa Kartiwa ingin mengklarifikasi pemberitaan di media sosial dan daring adalah tidak benar. Saya tidak pernah memberikan keterangan yang menyatakan kondisi kesehatan Kolonel Laut (P) Iwa Kartiwa tengah terbaring lemas dan tidak bisa bicara karena terkena radiasi serbuk besi," ujarnya dalam video yang diterima Media Indonesia dari pihak TNI AL, Senin (3/5).

Heni mengaku tidak pernah berbicara kepada media bahwa menantunya itu menjual rumah untuk berobat. Semua informasi soal kondisi Iwa yang terbaring lemas dan menjual rumah dapat dipastikan tidak benar.

"Demikian pernyataan saya yang sebenarnya," tegas mertua eks Anggota Satuan Kapal Selam Komando Armada RI Wilayah Timur (Koarmatim) yang sudah berganti nama menjadi Komando Armada (Koarmada) II TNI AL itu.

Sementara itu, Kepala Dinas Penerangan TNI AL Laksamana Madya Julius Widjojono mengatakan Kolonel Laut (P) Iwa Kartiwa menderita penyakit paru-paru hampir dua tahun. Ia masih rutin menjalani pengobatan di Rumah Sakit Angkatan Laut (RSAL) dr Ramelan Surabaya dan RS Pondok Indah Jakarta Selatan yang didukung pengemudi dari Lantamal III atas nama Kopda Jaenur.

"Sampai saat ini kondisinya sudah membaik dan tidak kelihatan kurus seperti yang diberitakan media massa. Fakta lain, Kolonel Laut (P) Iwa Kartiwa tidak pernah menjual rumah yang di Indihiang Pakakan Honje, Tasikmalaya, Jawa Barat dan beliau juga tidak pernah punya rumah di alamat tersebut," ungkapnya.

Julius mengatakan Iwa sempat datang ke Tasikmalaya dalam rangka singgah jika sedang menunggu jadwal pengobatan di RS Pondok Indah, Jakarta Selatan. Adapun rumah yang benar milik Iwa Kartiwa di Jalan Paseh, Gang H Saun No 65 Tasikmalaya, Jawa Barat.

"Beliau mencoba pengobatan di RS Pondok Indah dengan metode stem sel atau penyuntikan sel ke dalam tubuh untuk mengganti sel yang rusak. Keadaan beliau sekarang baik-baik saja dan bisa beraktivitas seperti biasanya," pungkasnya. (P-2)

Baca Juga

ANTARA

Amanat Undang-Undang, TWK di KPK tidak Perlu Dibatalkan

👤mediaindonesia.com 🕔Minggu 16 Mei 2021, 23:05 WIB
Peran KPK adalah sebagai pelaksana perundang-undangan yang berupaya menjalankan regulasi tersebut...
MI/Duta

Politik Identitas Sebabkan Turunnya Indeks Demokrasi Indonesia

👤Mediaindonesia.com 🕔Minggu 16 Mei 2021, 23:00 WIB
The Economist Intelligence Unit (EIU) sebelumnya merilis Laporan Indeks Demokrasi 2020, dimana indeks demokrasi Indonesia berada pada...
Antara/Novirian Arbi

Anggota DPR Apresiasi Sikap RI atas Konflik Israel-Palestina

👤Mediaindonesia.com 🕔Minggu 16 Mei 2021, 20:30 WIB
"Kami mengapresiasi langkah pemerintah yang mengupayakan dorongan penyelesaian melalui berbagai lini," kata anggota Komisi I DPR...

E-Paper Media Indonesia

HALAMAN FOKUS EKSTRA 4 HALAMAN

Fokus Edisi

Optimalkan Potensi Zakat, Ekonomi Bergerak

Berdasarkan data outlook zakat Indonesia pada 2021 yang dipublikasikan Badan Amil Zakat Nasional (Baznas), potensi zakat Indonesia mencapai Rp327,6 triliun.

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya