Jumat 19 Februari 2021, 10:15 WIB

Desakan untuk Gelar KLB Semakin Menguat

Mediaindonesia.com | Politik dan Hukum
Desakan untuk Gelar KLB Semakin Menguat

Dok.Pribadi
Mantan pendiri dan mantan ketua umum PD, Prof. Subur Budhisantoso.

 

SEJUMLAH pendiri dan senior Partai Demokrat mendesak diadakannya Kongres Luar Biasa untuk menghasilkan ketua umum baru yang dianggap bisa membuat partai kembali disukai masyarakat.

"Kami melaksanakan pertemuan antara pendiri Partai Demokrat dan senior untuk membahas tentang krisis kepemimpinan dan krisis kepercayaan terhadap Ketua Umum Partai Demokrat AHY," ujar Politisi Senior Partai Demokrat Darmizal, Jumat (12/2).

"Dari kesimpulan pertemuan itu disepakati bahwa harus segera diadakan KLB untuk memilih Ketua Umum baru yang dianggap mampu dan memiliki kapasitas jadi Ketua Umum Partai Demokrat dan membawa partai disukai masyarakat Indonesia, dan membuat partai besar," sambungnya.

Sebelumnya, senior Partai Demokrat Jawa Barat Yan Rizal Usman menyatakan bahwa Kongres Partai Demokrat pada Maret 2020 silam yang mengangkat AHY sebagai Ketum cacat prosedur. Bahkan ia mengatakan kongres itu penuh rekayasa dan tidak taat azas.

"Sebab Kongres Maret 2020 tanpa ada laporan pertanggung jawaban Ketua Umum PD Susilo Bambang Yudhoyono (SBY). Dengan kata lain, tidak melengkapi layaknya persidangan partai politik," katanya.

Menurutnya, hal ini berbeda saat KLB PD pada 2013 saat Ketua Umum Anas Urbaningrum yang kemudian digantikan oleh SBY.  "Karena itu wajar kalau ada tuntutan Kongres Luar Biasa. Ada hal-hal mendasar yang mendorong munculnya keinginan untuk menggelar KLB," kata Yan Rizal.

"Partai Demokrat perlu hadirkan penyelamat partai untuk atasi kondisi terpuruk seperti ini," sambungnya. (Ant/A-1)

Baca Juga

DOK PRIBADI

Legislator: Vaksinasi harus Tuntas Sebelum Pembelajaran Tatap Muka

👤mediaindonesia.com 🕔Kamis 25 Februari 2021, 12:04 WIB
Dia menjelaskan pembelajaran jarak jauh sebagai alternatif pola belajar selama pandemi COVID-19 dikeluhkan banyak siswa, guru, maupun...
Biro Pers Kepresidenan

Presiden Lantik Gubernur dan Wagub Sumbar, Kepri dan Bengkulu

👤Andhika Prasetyo 🕔Kamis 25 Februari 2021, 12:01 WIB
Ketiga pasangan tersebut mengucapkan sumpah jabatan yang dipandu langsung oleh Presiden...
ANTARA

Polri: Penahanan 4 ibu Rumah Tangga di NTB Ditangguhkan

👤Yakub Pryatama Wijayaatmaja 🕔Kamis 25 Februari 2021, 11:08 WIB
Penahanan empat ibu rumah tangga (IRT) di Kecamatan Kopang, Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat (NTB) terkait kasus pelemparan gudang...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya