Kamis 30 April 2020, 16:18 WIB

Pekerja Terdampak Covid-19 Diberikan Relaksasi Iuran BPJS

Nur Azizah | Politik dan Hukum
Pekerja Terdampak Covid-19 Diberikan Relaksasi Iuran BPJS

Ilustrasi
Relaksasi

 

PRESDIEN Joko Widodo meminta pekerja terdampak Covid-19 diberikan relaksasi iuran Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS). Namun, Jokowi tak menyebut lebih rinci mekanisme relaksasi yang dimaksud.

"Pekerja di sektor formal yang jumlah pekerjanya ada 56 juta saya minta dipastikan skema yang meringankan beban mereka, insentif pajak sudah, relaksasi pembayaran iuran BPJS, keringanan pembayaran kredit atau pinjaman," kata Jokowi di Istana Negara, Jakarta Pusat, Kamis (30/4).

Ia meminta skema seperti itu harus segera dilaksanakan dan pendistribusiannya harus tepat sasaran. Jokowi meyakini dengan cara ini maka pemerintah bisa meminimalisasi meluasnya jumlah pemutusan hubungan kerja (PHK).

"Untuk mencegah meluasnya PHK dan di sini pastikan program stimulus yang kita putuskan betul-betul segera diimplementasikan, segera dilaksanakan sehingga dirasakan manfaatnya oleh para pelaku usaha," ujarnya.

Mantan Gubernur DKI Jakarta ini pun berjanji bakal memprioritaskan stimulus ekonomi ini bagi perusahaan yang berkomitmen tidak melakukan PHK. Sebelumnya, Kementerian Ketenagakerjaan (Kemenaker) mencatat ada sebanyak 1,94 juta pekerja baik di sektor formal maupun informal yang dirumahkan dan terkena Pemutusan Hubungan Kerja (PHK). Dari jumlah perusahaannya, ada 114.340 perusahaan yang terdampak covid-19.

Dilansir dari data Kemenaker, Sabtu, 18 April 2020, pekerja/buruh di sektor informal yang di-PHK sebanyak 229.789 dan 1.270.367 lainnya dirumahkan sehingga total 1.500.156 pekerja/buruh. Para pekerja/buruh yang di-PHK maupun dirumahkan ini berasal dari 83.546 perusahaan.

Sementara di sektor informal, sebanyak 30.794 perusahaan dan 443.760 pekerja/buruh yang terdampak covid-19. Dana Kemenaker ini dihimpun sampai dengan Kamis, 16 April lalu (OL-2)

 

Baca Juga

MI/Susanto

KPK Dalami Arahan Juliari ke Eks ADC Mensos

👤Candra Yuri Nuralam 🕔Kamis 28 Januari 2021, 08:44 WIB
"Eko Budi Santoso didalami pengetahuannya terkait peran dan arahan khusus tersangka JPB (Juliari Peter Batubara) saat menjabat selaku...
ANTARA/Akbar Nugroho Gumay

KPK Lelang Perhiasan Milik Eks Kepala Bappebti

👤Candra Yuri Nuralam 🕔Kamis 28 Januari 2021, 08:03 WIB
"Sebagai upaya memaksimalkan pemasukan bagi kas negara dari aset recovery tindak pidana korupsi yang ditangani oleh...
MI/ADAM DWI

Saksi Kasus Dugaan Korupsi Benur Banyak yang Berbohong

👤Candra Yuri Nuralam 🕔Kamis 28 Januari 2021, 06:42 WIB
Lembaga Antikorupsi itu mengingatkan ada hukuman berdasarkan aturan yang berlaku jika para saksi tidak...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya