Jumat 14 Februari 2020, 17:40 WIB

Wapres: Khatib Jangan Kobarkan Dakwah Intoleran

Emir Chairullah | Politik dan Hukum
Wapres: Khatib Jangan Kobarkan Dakwah Intoleran

MI/Emir Chaerullah
Wapres Ma’ruf Amin saat membuka Rakernas dan Halaqah Khatib Indonesia di Istana Wapres, Jakarta, Jumat (14/2)

 

PARA khatib diharapkan tidak mengobarkan dakwah atau ceramah bernada intoleran kepada jamaahnya. Wakil Presiden Ma’ruf Amin menyebutkan, sikap intoleransi yang dibangun bisa berakibat munculnya gejala radikalisme yang mengarah ke terorisme.

“Dalam khotbah jangan bangun narasi permusuhan seakan kita masih perang dengan Belanda,” kata Wapres Ma’ruf saat membuka Rakernas dan Halaqah Khatib Indonesia di Istana Wapres, Jakarta, Jumat (14/2).

Seharusnya, tambah Wapres, khatib berusaha membawa kemanfaatan dalam perbaikan kehidupan masyarakat. Apalagi setiap omongan khatib berpotensi memengaruhi cara berpikir dan bertindak masyarakat. “Perlu diarahkan ceramahnya agar bisa memberi manfaat,” ujarnya.

Karena itu, ujarnya, khatib jangan menimbulkan kegaduhan di masyarakat melalui ceramah yang provokatif. Ma’ruf mengatakan, dakwah harus berada dalam bingkai kenegaraan dan kebangsaan. Komiten ini harus dimiliki para khatib. Karena itu khatib omongannya betul-betul harus bawa kemaslahatan, kemanfaatan, perbaikan untuk dunia dan agama,” tegasnya.

Menurut Ma’ruf, Indonesia sudah memiliki komitmen sebagai Negara Kesatuan NKRI dengan Pancasila sebagai dasar negara. "Karena itu, maka dalam perspektif Islam, artinya kesepakatan, titik temu. Saya sebutnya negara kesepakatan," ujarnya. (M-4)

Baca Juga

MI/M Irfan

Kejagung kembali Periksa Mantan Dirut Asabri

👤Tri Subarkah 🕔Kamis 21 Januari 2021, 18:23 WIB
Hingga saat ini, tim jaksa penyidik pada Direktorat Penyidikan Jaksa Agung Muda Tindak Pidana Khusus Kejaksaan Agung telah memeriksa 12...
MI/Adam Dwi.

Korupsi Bansos, KPK Duga Rekanan Beli Barang dari Pihak Lain

👤Dhika Kusuma Winata 🕔Kamis 21 Januari 2021, 18:18 WIB
Keterangan itu didalami penyidik dari pemeriksaan saksi Lucky Falian dari PT Agri Tekh, Rabu...
Antara

Kapolri Baru Punya Tiga Pekerjaan Rumah Penting

👤Sri Utami 🕔Kamis 21 Januari 2021, 18:13 WIB
Menurut Puan ada tiga pekerjaan rumah Kapolri saat nanti resmi menjadi Kapolri. Tiga pekerjaan rumah tersebut yakni terkait penegakan...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya