Selasa 21 Januari 2020, 22:15 WIB

Belum Banding, KPK Masih Pelajari Vonis Romy

Abdillah Muhammad Marzuqi | Politik dan Hukum
Belum Banding, KPK Masih Pelajari Vonis Romy

Antara
Ali Fikri

 

PLT juru bicara Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Ali Fikri mengungkapkan pihaknya masih mempelajari vonis hakim terhadap eks Ketua Umum PPP Romahurmuziy (Romy). Beberapa pihak mendorong KPK untuk melakukan banding atas putusan tersebut karena dinilai terlalu rendah.

"Terkait dengan putusan Romy, kami akan pelajari secara lengkap. Tadi hari ini saya sudah konfirmasi dari JPU sudah mempelajari sudah menganalisa. Kami menganalisa lebih jauh terkait dengan putusannya, terkait barang buktinya terkait keterlibatan pihak-pihak lain, dan seterusnya," terang Ali Fikri di Gedung KPK (21/1).

Menurutnya, KPK akan menyampaikan hasil pertimbangan tersebut lebih lanjut. Ali enggan membocorkan langkah yang bakal ditempuh KPK pada kasus Romy. Menurutnya, hal itu sudah masuk ke ranah penyelesaian perkara.

"Nanti kami sampaikan pada saatnya setelah masa pikir-pikir itu. Karena tidak bisa kami sampaikan ke masyarakat karena itu bagian dari penyelesaian perkara," tegasnya.

Sebelumnya, Majelis Hakim Pengadilan Tipikor Jakarta menilai Romy terbukti melakukan korupsi dalam kasus suap jual-beli jabatan di lingkungan Kementerian Agama (Kemenag). Majelis Hakim lalu menjatuhkan vonis pada eks Ketua Umum Partai Persatuan Pembangunan (PPP) M Romahurmuziy (Romy) dengan 2 tahun penjara dan denda Rp100juta subsider 3 bulan penjara. Padahal jaksa penuntut umum (JPU) KPK menuntut Romy dengan 4 tahun penjara dan denda sebesar Rp250juta subsider 5 bulan kurungan. (OL-8)

Baca Juga

Dok MI/ROMMY PUJIANTO

Maqdir Sebut KPK Wajib Hapus Status DPO Sjamsul Nursalim

👤mediaindonesia.com 🕔Senin 25 Januari 2021, 07:17 WIB
Status tersangka Sjamsul Nursalim sudah tidak valid sejak adanya putusan MA yang membebaskan Syafruddin Arsyad...
MI/Susanto

Listyo Sigit Diminta Hidupkan Aplikasi Pelaporan

👤Candra Yuri Nuralam 🕔Senin 25 Januari 2021, 07:08 WIB
Polri sudah sering meluncurkan aplikasi laporan masyarakat. Namun, satu pun aplikasi itu tidak ada yang bisa memanggil...
ANTARA/Galih Pradipta

Listyo Sigit Dinilai Butuh Jubir Khusus

👤Candra Yuri Nuralam 🕔Senin 25 Januari 2021, 06:30 WIB
Meski begitu, Ridwan menilai sikap diam Listyo ada sisi positifnya. Listyo diyakini bisa jadi Kapolri yang bergerak dalam senyap untuk...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya