Senin 08 Juli 2019, 18:53 WIB

PDIP Sebut Ada Peluang Paket Pimpinan MPR dari Lintas Koalisi

Putri Rosmalia Octaviyani | Politik dan Hukum
PDIP Sebut Ada Peluang Paket Pimpinan MPR dari Lintas Koalisi

MI/IMMANUEL ANTONIUS
Anggota Komisi VI DPR Hendrawan Supratikno.

 

PAKET pimpinan MPR diprediksi akan lebih terbuka bagi seluruh partai politik, tidak terbatas koalisi pengusung pasangan presiden dan wakil presiden 2019.

Meski belum ada pembentukan paket di antara parpol-parpol, Ketua DPP PDIP, Hendrawan Supratikno, meyakini nantinya paket pimpinan MPR akan berisi gabungan antara partai pendukung Joko Widodo dan Prabowo Subianto. Ia memprediksi nantinya akan ada dua paket parpol untuk pimpinan MPR.

"Saya kira wajar kalau sekarang partai-partai sedang melakukan lobi untuk membuat paket pimpinan MPR. Kita menduga akan ada 2 paket," ujar Hendrawan, di gedung DPR, Jakarta, Senin (8/7).

Baca juga: PKB Mutlak Ajukan Cak Imin sebagai Pimpinan MPR

Ia mengatakan prediksi dua paket karena seperti diketahui hanya ada 9 partai politik yang lolos ambang batang DPR untuk tahun 2019-2024. Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP), Golkar, dan Gerindra menjadi yang paling besar kemungkinannya untuk memimpin pembuatan paket.

Ia mengatakan, berbeda dengan dukungan ke Pilpres, penentuan pimpinan MPR umumnya sudah lebih fleksibel. Tak ada lagi sekat koalisi pendukung pasangan presiden dan wakil presiden. Semua akan dilakukan berdasarkan kesepakatan-kesepakatan politik antar partai.

"Saya kira MPR itu lebih guyub ya. Orang sudah tidak tersekat, jadi ini partai oposisi, ini koalisi pemerintah, tidak," ujar Hendrawan. (OL-6)

Baca Juga

MI/PIUS ERLANGGA

Hari Terakhir Pendaftaran Peserta Pemilu 2024, Dua Parpol belum Konfirmasi

👤Yakub Pryatama Wijayaatmaja 🕔Minggu 14 Agustus 2022, 06:30 WIB
Pada hari terakhir tahapan pendaftaran, ada sepuluh parpol yang akan berbondong-bondong mendatangi...
Dok.MI

Formappi: Fungsi Legislasi DPR Biasa Saja

👤Indriyani Astuti 🕔Sabtu 13 Agustus 2022, 22:47 WIB
Delapan RUU lainnya, ujar Lucius, merupakan RUU Kumulatif Terbuka yang semuanya terkait undang-undang provinsi (5 RUU) dan daerah otonomi...
Dok MI

Esok Tiba di Tanah Air, Surya Darmadi Siap Ikuti Proses Hukum

👤Ant 🕔Sabtu 13 Agustus 2022, 20:21 WIB
Juniver mengatakan Surya sudah bersurat kepada Jaksa Agung ST Burhanuddin dan jajaran pimpinan Kejagung perih kesiapannya...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya