Senin 08 Juli 2019, 18:53 WIB

PDIP Sebut Ada Peluang Paket Pimpinan MPR dari Lintas Koalisi

Putri Rosmalia Octaviyani | Politik dan Hukum
PDIP Sebut Ada Peluang Paket Pimpinan MPR dari Lintas Koalisi

MI/IMMANUEL ANTONIUS
Anggota Komisi VI DPR Hendrawan Supratikno.

 

PAKET pimpinan MPR diprediksi akan lebih terbuka bagi seluruh partai politik, tidak terbatas koalisi pengusung pasangan presiden dan wakil presiden 2019.

Meski belum ada pembentukan paket di antara parpol-parpol, Ketua DPP PDIP, Hendrawan Supratikno, meyakini nantinya paket pimpinan MPR akan berisi gabungan antara partai pendukung Joko Widodo dan Prabowo Subianto. Ia memprediksi nantinya akan ada dua paket parpol untuk pimpinan MPR.

"Saya kira wajar kalau sekarang partai-partai sedang melakukan lobi untuk membuat paket pimpinan MPR. Kita menduga akan ada 2 paket," ujar Hendrawan, di gedung DPR, Jakarta, Senin (8/7).

Baca juga: PKB Mutlak Ajukan Cak Imin sebagai Pimpinan MPR

Ia mengatakan prediksi dua paket karena seperti diketahui hanya ada 9 partai politik yang lolos ambang batang DPR untuk tahun 2019-2024. Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP), Golkar, dan Gerindra menjadi yang paling besar kemungkinannya untuk memimpin pembuatan paket.

Ia mengatakan, berbeda dengan dukungan ke Pilpres, penentuan pimpinan MPR umumnya sudah lebih fleksibel. Tak ada lagi sekat koalisi pendukung pasangan presiden dan wakil presiden. Semua akan dilakukan berdasarkan kesepakatan-kesepakatan politik antar partai.

"Saya kira MPR itu lebih guyub ya. Orang sudah tidak tersekat, jadi ini partai oposisi, ini koalisi pemerintah, tidak," ujar Hendrawan. (OL-6)

Baca Juga

MI/MOH IRFAN

Ibu Brigadir J Berharap Kebenaran Terungkap dan Hadirkan Keadilan

👤Mediaindonesia 🕔Kamis 29 September 2022, 20:17 WIB
Ibu dari Brigadir Yosua Hutabarat alias Brigadir J, berharap agar sidang kasus pembunuhan anaknya nanti dapat mengungkapkan...
ANTARA FOTO/Muhammad Adimaja

Mantan Kolega di KPK: Febri Mestinya di Pihak Publik, Bukan Sambo

👤Khoerun Nadif Rahmat 🕔Kamis 29 September 2022, 20:02 WIB
Yudi mengatakan bahwa sudah muncul sentimen negatif dari publik atas keputusan Febri dan Rasamala menjadi kuasa hukum Sambo dan...
MI/M. Irfan

Hapus Badan Peradilan Khusus, MK Kukuhkan Diri sebagai Peradilan Pemilu

👤Indriyani Astuti 🕔Kamis 29 September 2022, 19:42 WIB
Pada putusannya, MK mengabulkan permohonan pengujian Pasal 157 ayat (1) dan (2) UU Pilkada terhadap UUD 1945 yang dimohonkan oleh...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya