Jumat 01 Maret 2019, 16:40 WIB

Demo di KPU, FUI: Jangan Ada Kecurangan dalam Pemilu

Insi Nantika Jelita | Politik dan Hukum
Demo di KPU, FUI: Jangan Ada Kecurangan dalam Pemilu

ANTARA FOTO/Aprillio Akbar

 

RATUSAN massa yang tergabung dalam Forum Umat Islam (FUI) tiba di depan kantor KPU siang ini dengan membawa sejumlah spanduk dan poster. Bernuansa putih-putih massa berdiri rapi dengan menyebut shalawat dan teriakkan 'Allahu Akbar'. Beberapa massa tampak mengacungkan jari jempol dan telunjuk tanda Salam Dua Jari dihadapan awak media.

Sang orator yakni Sekjen Forum Umat Islam (FUI) Muhammad AI Khaththath mengajak massa FUI untuk membacakan pernyataan sikap 'Apel Siaga Umat untuk Pemilu Bersih, Juiur, Adil, tanpa Kecurangan'.

Baca juga: Polisi Siap Amankan 2 Aksi Unjuk Rasa di KPU

"Kami menolak segala bentuk kecurangan dalam pelaksanaan pemilu karena bagi kami pelaksanaan pemilu yang tidak bersih, tidak jujur, tidak adil, dan penuh kecurangan hukumnya haram sebagaimana haramnya bagi umat Islam memilih pemimpin yang tidak beriman, tidak bertaqwa, tidak jujur," teriaknya di depan kantor KPU, Menteng, Jakarta, Jumat (1/3).

Secara terpisah, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Arief Budiman mengingatkan para demonstran yang ada di depan Gedung KPU agar tidak melanggar aturan dalam melaksanakan aksinya. "Yang jelas, jangan melakukan hal yang melanggar peraturan perundang-undangan," katanya.

Arief mengatakan, mengantisipasi pemilu tanpa kecurangan tentu melibatkan banyak pihak. Bukan hanya penyelenggara pemilu, tapi juga antisipasi dari peserta pemilu terhadap pendukung-pendukungnya, juga pantauan pihak keamanan.

"Setiap anda menggunakan hak pilih, itulah saatnya anda melakukan hal baik untuk bangsa ini. Kalau ada yang tidak baik jangan dipilih," ujarnya.

Arief sepakat bahwa pemilu damai harus berlangsung dengan damai, jujur, adil dan tanpa kecurangan. "Sejak kami dilantik, kami memang dilarang curang. Tentu saja kami setuju dengan tuntutan itu," ujarnya. (Ant/OL-6)

Baca Juga

Chaliya/123Rf

BPK Rekomendasikan Kemenkominfo Segera Sahkan RUU Perlindungan Data Pribadi

👤Andhika Prasetyo 🕔Selasa 24 Mei 2022, 23:24 WIB
Upaya tersebut perlu dilakukan demi menjamin keamanan dan ketahanan siber masyarakat...
Dok MI

Kejagung Turunkan 34 JPU untuk Sidang Pelanggaran HAM Berat Paniai

👤Tri Subarkah 🕔Selasa 24 Mei 2022, 22:50 WIB
Tersangka IS yang merupakan perwira penghubung pada Kodim Paniai mengikuti proses...
MI/BAYU ANGGORO

NasDem Suarakan Andika Perkasa dan Rahmat Gobel Menuju Pilpres 2024

👤Bayu Anggoro 🕔Selasa 24 Mei 2022, 22:45 WIB
Penyaringan nama-nama capres dari semua dewan pimpinan wilayah (DPW) provinsi terus...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya