Selasa 26 Februari 2019, 18:00 WIB

Bawaslu Gelar Sosialisasi Pengawasan Pemilu di Makassar

Bawaslu Gelar Sosialisasi Pengawasan Pemilu di Makassar

Antaranews /Darwin Fatir

 

BADAN Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kota Makassar menggelar sosialisasi pengawasan tahapan Pemilu serentak 2019 sebagai bagian dari peran serta pengawasan serta edukasi kepada masyarakat dan peserta Pemilu.

"Diperlukan sosialiasi baik kepada masyarakat maupun perserta pemilu agar semua dapat mematuhi rambu-rambu agar tidak melakukan pelanggaran," ujar Ketua Bawaslu Makassar Nursari di Hotel Remcy Panakkukang, Selasa (26/2).

Menurutnya, Bawaslu bukan lembaga eksklusif, tapi lembaga yang bertugas mengawasi pelaksanaan pemilu. Selain itu, di Makassar, situasi politik cukup dinamis mengingat peserta pemilu cukup banyak.

Selain itu, Nursari menegaskan presepsi Makassar masuk dalam zona merah adalah tidak benar, semua baik-baik, karena yang menentukan adalah peran dari masyarakat, mitra penyelenggara peserta pemilu itu sendiri.

Baca juga: KPU Diminta Tingkatkan Sosialisasi Pemilu 2019

"Menetukan amannya pemilu dari kita semua, baik masyarakat, peserta pemilu, para ormas, media dan semua warga punya tanggungjawab untuk ikut mengawasi," tambahnya.

Sementara Komisoner Bawaslu Sulsel Saiful Jihad pada kesempatan itu berharap agar semua pihak ikut mensukseskan Pemilu tahun ini karena Pemilu sekarang berbeda dengan Pemilu lalu, sebab dilaksanakan bersamaan seperti anggota DPR Pusat DPRD kabupaten kota, DPD, serta Pemilihan Presiden.

"Kami harap di Pemilu tahun ini penindakan atas pelanggaran bisa lebih menurun, intinya mari kita sama-sama bekerja menekan terjadinya pelanggaran dan meningkatkan upaya pencegahan," paparnya.

Kendati demikian, Bawaslu tetap melakukan pengawasan terkait pelanggaran politik uang, netralitas Aparatur Sipil Negara  (ASN) dan sejumlah pelanggaran lainnya. (OL-7)

Baca Juga

Ist/DPR

DPR Berencana Temui MA dan MK Bahas Penanganan Sengketa Pemilu

👤Putra Ananda 🕔Kamis 19 Mei 2022, 16:34 WIB
DPR RI bersama pemerintah akan menjadwalkan pertemuan dengan MK dan MK ntuk membahas rencana percepatan penyelesaian sengketa...
Antara

Lagi, Kejagung Sita Aset Tanah Mantan Dirut Taspen Life

👤Tri Subarkah 🕔Kamis 19 Mei 2022, 16:21 WIB
Kali ini, aset yang disita Kejagung berupa tanah seluas 3.915 meter persegi, yang berlokasi di Desa Pakembinangun, Kabupaten Sleman,...
MI/ Susanto

Kejagung Kembali Sita Tanah Bekas Dirut Taspen Life

👤Tri Subarkah 🕔Kamis 19 Mei 2022, 15:19 WIB
Kali ini, aset yang disita adalah tanah seluas 3.915 meter persegi di...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya