Rabu 30 Januari 2019, 06:30 WIB

Senyum Gatot di Acara Presiden

Rudy Polycarpus | Politik dan Hukum
Senyum Gatot di Acara Presiden

ANTARA FOTO/Puspa Perwitasari

 

TAHUN ini rapat pimpinan TNI dan Polri digelar di Istana Negara, Jakarta.

Kemarin, Presiden Joko Widodo membuka langsung acara yang sekaligus menjadi ajang reuni para mantan Panglima TNI dan Kapolri tersebut.

Mantan Panglima TNI yang diundang antara lain Moeldoko, Endriartono Sutarto, Djoko Suyanto, dan Gatot Nurmantyo. Dua mantan Panglima ABRI yang hadir, yaitu Try Sutrisno yang juga wakil presiden periode 1993-1998 dan Wiranto. Mereka duduk di barisan depan bersama Presiden.

Adapun mantan Kapolri yang hadir di antaranya Badrodin Haiti, Bambang Hendarso Danuri, Timur Pradopo, Da'i Bachtiar, dan Sutanto.

"Ini mungkin rapim pertama di Istana. Saya ingin rapim ini sekali-kali kita lakukan di sini dan enggak ada salahnya," kata Presiden.

Presiden juga mengingatkan akan adanya jabatan untuk perwira tinggi baru sebanyak 60 ruang. "Bisa diisi kolonel untuk naik ke jabatan bintang. Ada 60 jabatan bintang."

Selepas pembukaan rapim, Kepala Negara mengajak para mantan Pang-lima TNI dan Kapolri berbincang-bincang di Istana Merdeka. Selama kurang lebih 30 menit Presiden ngobrol santai sambil sesekali diselingi tawa. Selain itu, mereka pun berfoto bersama di Istana Merdeka.

Di antara para mantan pemimpin TNI-Polri yang hadir tampak Gatot Nurmantyo. Gatot yang mengenakan kemeja batik cokelat beberapa waktu lalu sempat jadi sorotan publik setelah gambar dirinya terpampang di spanduk Prabowo Subianto-Sandi-aga Uno yang dipasang di Solo.

Akan tetapi, Gatot mengklarifikasi bahwa pemasangan gambar dirinya itu tanpa izin dan sepengetahuannya. Karena itu, Gatot meminta gambar dirinya itu segera diturunkan.

Perihal kehadiran para mantan Panglima TNI dan mantan Kapolri, Panglima TNI Hadi Tjahjanto menuturkan hal itu disengaja. "Ini ajang silaturahim. Beliau-beliau kami hadirkan karena lama tidak bertemu."

Hadi menjabarkan rencana strategis membentuk tiga komando utama baru, yaitu Divisi III Kostrad, Armada Tengah, dan Komando Operasi AU III. (Pol/X-3)

Baca Juga

Antara

Marko Simic Belum Dalam Kondisi Terbaik

👤Ant 🕔Minggu 16 Januari 2022, 23:24 WIB
Marko Simic selalu ditarik keluar pada babak kedua oleh Alessio dalam tiga pertandingan Januari...
Antara

Majelis Hakim PKPU PT Alam Galaxy Diduga Langgar Kode Etik

👤Mediaindonesia.com 🕔Minggu 16 Januari 2022, 23:06 WIB
Mahkamah Agung (MA) menegaskan, majelis hakim tak boleh mengadili kasus hukum yang sama di pengadilan tingkat...
MI/Ramdani

Dongkrak Elektabilitas, Airlangga Harus Manfaatkan Saluran DIgital 

👤Cahya Mulyana 🕔Minggu 16 Januari 2022, 22:07 WIB
Karena itu, Airlangga harus jalankan praktik dan pola pikir di jalur digital. Dalam kajian komunikasi politik di kenal level komunikasi...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya