Rabu 17 Oktober 2018, 16:10 WIB

Ma'ruf Amin: Islam Wasathiyah Relevan di Indonesia

Ma
 

CALON Wakil Presiden nomor urut 01, Ma'ruf Amin, memberikan kuliah umum di S. Rajatnam School of International Studies, Nanyang Technological University (RSiS NTU) Singapura, tentang Rekonsolidasi Islam Moderat dan Ekonomi Berkeadilan di Indonesia, Rabu (17/10).

Pada kesempatan itu, Amin menyebut, Islam Wasathiyah adalah model ekspresi dan pemahaman yang relevan dalam bingkai kenegaraan di Indonesia. Artinya, Islam tengahan dan moderat sebagai pemahaman ajaran Islam yang menggunakan empat kaidah. Pertama, santun, tidak keras dan tidak radikal. Kedua, suka rela, tidak memaksa dan tidak mengintimidasi. Ketiga, toleran, tidak egois dan tidak fanatis. Terakhir, saling mencintai, tidak saling bermusuhan dan membenci.

"Islam Wasathiyah dimaknai sebagai ajaran Islam rahmatan lil alamin, rahmat bagi seluruh alam semesta. Islam Wasathiyah adalah 'Islam Tengah' untuk terwujudnya umat terbaik (khairu ummah)," ujar Amin.

Sebagai negara berpopulasi muslim terbesar, menganut demokrasi dan memiliki anatomi demografi yang heterogen, Amin menyebut, relasi Islam dan negara di Indonesia memiliki dinamika yang unik. Unik yang dimaksudnya adalah tidak menganut teokrasi, yang berpijak pada satu agama tertentu, dan bukan negara sekular yang memisahkan agama dari negara.

"Tetapi, Indonesia memiliki konsensus khas dalam mengelola relasi agama dan negara, yang prinsipnya tertuang dalam Pancasila dan Konstitusi," tandasnya.

Amin menjelaskan, Musyawarah Nasional (Munas) MUI pada Agustus 2015 telah menetapkan Islam Wasathiyah sebagai paradigma pengabdian, dan dituangkan dalam ”Taujihat Surabaya”. Ini menjadi ruh setiap gerakan MUI di semua tingkatan, panduan pengurus di semua level, dalam merumuskan kebijakan. (RO/OL-6)

 

Baca Juga

Antara

Sandiaga: Perjanjian Prabowo-Anies-Sandi untuk Kepentingan Pilgub 2017

👤Andhika Prasetyo 🕔Senin 30 Januari 2023, 22:27 WIB
Wakil Ketua Dewan Pembina Partai Gerindra Sandiaga Uno membeberkan isi dari surat perjanjian yang ia tanda tangani bersama Prabowo Subianto...
Foto/Dok.NasDem

PKS Dukung Anies, SKI: Perubahan Tak Bisa Dibendung

👤mediaindonesia.com 🕔Senin 30 Januari 2023, 22:17 WIB
Tiga partai pengusung Anies pun diminta segera meresmikan ikatan kerja sama dalam koalisi dan mempercepat pendirian Sekretariat...
Antara

Plate soal Pertemuan Presiden dan Surya Paloh: Untuk Kepentingan Pembangunan Nasional

👤Andhika Prasetyo 🕔Senin 30 Januari 2023, 21:38 WIB
"Pertemuannya bagus, baik. Ya, untuk kepentingan pembangunan nasional kita yang lebih lancar di tengah situasi yang penuh...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya