Selasa 12 Juni 2018, 15:39 WIB

Pencalonan Amien Dinilai Ancam Posisi Prabowo

Nur Aivanni | Politik dan Hukum
Pencalonan Amien Dinilai Ancam Posisi Prabowo

MI/ROMMY PUJIANTO

 

PENELITI Centre For Strategic and International Studies (CSIS) Arya Fernandes menilai rencana pencalonan Ketua Dewan Kehormatan PAN Amien Rais sebagai capres akan mengancam skenario pencapresan Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto. Pasalnya, Prabowo termasuk yang cukup masif dan aktif terkait pencapresan jelang Pemilu 2019.

"Penyampaian informasi bahwa Amien akan maju ini juga akan mengancam pencalonan Prabowo. Prabowo tentu akan kesulitan lagi membangun komunikasi. Tentu Amien akan membangun komunikasi dengan PKS dan beberapa partai," katanya saat dihubungi Media Indonesia, Selasa (12/6).

Selain itu, menurut Arya, pencalonan Amien tersebut juga bisa dilihat sebagai strategi PAN untuk meningkatkan posisi tawar di hadapan Prabowo. "Karena PKS sudah mengultamitum Prabowo agar menetapkan cawapres. Sementara PAN juga berkepentingan untuk mendapatkan posisi sebagai cawapres," jelasnya.

Kalaupun Amien benar-benar ingin maju sebagai capres, Arya melihat butuh kerja keras bagi PAN untuk mewujudkan hal tersebut. Pasalnya, demokrasi pemilih saat ini sudah berubah.

"Ekstra keras buat PAN. Karena demokrasi pemilih berubah, perilaku pemilih juga berubah. Amien sebagai figur senior, tentu harus memahami bagaimana kultur pemilih baru. Dengan perubahan itu tidak mudah bagi Amien dengan cepat beradaptasi dengan politik yang sudah berubah," tuturnya.

Selain itu, PAN juga harus kembali membangun komunikasi dengan sejumlah partai politik yang kini sudah memiliki calonnya masing-masing. Ia pun menilai peluang Amien untuk maju tidak lah besar.

"Dari sisi peluangnya, Amien dengan posisi elektoral PAN sebagai partai menengah cukup sulit untuk dapat tiket pencalonan sebagai capres. (Kalau) Mereka gagal dengan Prabowo, Prabowo masih punya PKS. Akan kesulitan bagi Amien untuk mendapatkan (tiket pencalonan) itu. Pak Joko Widodo pun masih di atas angin sekarang," tandasnya. (OL-5)

Baca Juga

Dok. Puspenkum Kejagung

LCW Disebut Punya Backing Politik Pengaruhi Kebijakan di Kemendag

👤Tri Subarkah 🕔Sabtu 21 Mei 2022, 23:45 WIB
"Setahu saya dia dari dulu kuat di atas. Dulu pernah masuk Danareksa, misalnya,"...
Antara

Jokowi Pastikan Harga Migor Jadi Rp14 Ribu Dalam Dua Pekan

👤Kautsar Widya Prabowo 🕔Sabtu 21 Mei 2022, 23:26 WIB
Jokowi mengatakan harga minyak goreng curah di pasar tradisional terpantau sudah berada diangka Rp14...
MI/ Abdillah M Marzuqi

Ubhara Jaya Gelar Penyuluhan Hukum

👤Abdillah M Marzuqi 🕔Sabtu 21 Mei 2022, 22:19 WIB
Menurut Amin, kegiatan itu juga melibatkan mahasiswa sehingga dapat menjadi wadah...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya