Senin 04 Juni 2018, 08:25 WIB

Janjikan Beasiswa Gastronomi

Bagus Suryo | Politik dan Hukum
Janjikan Beasiswa Gastronomi
 

CALON Wakil Gubernur Jawa Timur Puti Guntur Soekarno menggagas beasiswa gastronomi atau tentang tata boga untuk mendidik putra/putri pemilik warung makanan di berbagai kampus.

"Kuliner ini termasuk leisure economy yang trennya terus tumbuh, saling terkait dengan wisata. Food, fashion, tourism'ini sekarang jadi favorit, maka kami sudah menyiapkan banyak program untuk itu," kata Puti di Banyuwangi, kemarin.

Puti yang menjadi pasangan dari cagub Saifullah Yusuf (Gus Ipul) pada Pilkada Jatim 2018 ini mengunjungi dan menyempatkan merasakan kuliner khas Banyuwangi bersama Bupati Abdullah Azwar Anas, Sabtu (2/6) malam, seusai salat isya dan tarawih berjemaah di Masjid Agung Baiturrahman.

Untuk keperluan mendampingi cagub yang sedang kampanye itu, Azwar Anas cuti dari tugas-tugasnya sebagai bupati.

Puti mengatakan warung-warung rakyat bakal diberdayakan melalui kemudahan permodalan, pendampingan higienitas, peningkatan tampilan makanan, dan beragam pelatihan lainnya, termasuk dengan melibatkan ahli makanan dari berbagai kampus yang mempunyai jurusan tata boga dan sejenisnya.

Pengembangan kuliner lokal itu bakal dipautkan dengan pembangunan sektor pariwisata.

"Kami juga bikin beasiswa kuliner. Anak-anak muda Jatim, terutama anak-anak pemilik warung diberi beasiswa belajar gastronomi ke akademi kuliner. Ini penting untuk meningkatkan kualitas warung-warung rakyat," ujar Puti.

Ia mengaku penasaran dengan kuliner lokal Banyuwangi. Karena itu, ia kemudian mencari informasi kuliner wilayah paling timur Pulau Jawa itu di aplikasi Tripadvisor dan kemudian milih Warung Bik Ati.

"Memang faktanya sesuai dengan ulasan di Tripadvisor, enak banget ini rawonnya, macam-macam pula lauknya. Rawon dan sup buntutnya top banget," ucap Puti sambil mengacungkan dua jempolnya.

Serikat buruh

Forum Aliansi Serikat Pekerja dan Serikat Buruh Jawa Timur mendeklarasikan dukungan terhadap pasangan calon gubernur Khofifah Indar Parawansa-cawagub Emil Elestianto Dardak.

"Forum ini terdiri atas berbagai elemen buruh seluruh Jawa Timur dengan jumlah anggota puluhan ribu orang," ujar Ketua Forum Aliansi Serikat Pekerja dan Serikat Buruh Jawa Timur Ahmad Soim.

Ahmad Soim mengatakan deklarasi dukungan terhadap pasangan Khofifah-Emil dikukuhkan oleh 11 deklarator yang merupakan pimpinan dari setiap elemen buruh yang tergabung dalam Forum Aliansi Serikat Pekerja dan Serikat Buruh Jawa Timur.

"Sebanyak 11 deklarator ini ialah pimpinan elemen buruh tingat Provinsi Jawa Timur. Jadi, tidak hanya pimpinan di wilayah 'ring 1' Jawa Timur, melainkan juga meliputi Malang, Banyuwangi, Bojonegoro, Lumajang, dan lainnya.''

Menurut Khofifah serikat pekerja dan buruh menjadi bagian penting dalam membangun Jawa Timur yang berkemajuan. (FL/Ant/P-1)

Baca Juga

dok.ist

Pasca Deklarasi Anies, Elektabilitas Ganjar Bertahan di Puncak

👤mediaindonesia.com 🕔Minggu 27 November 2022, 19:25 WIB
ELEKTABILITAS Gubernur Jawa Tengah (Jateng) Ganjar Pranowo bertahan di posisi puncak, paska deklarasi Anies Baswedan oleh Partai NasDem...
Ist

Peneliti LSI: Mesin Partai On Fire, Golkar Bakal Menang Pemilu di Jabar

👤mediaindonesia.com 🕔Minggu 27 November 2022, 14:46 WIB
Ormas yang didirikan Partai Golkar yang saat ini masif bergerak di Provinsi Jawa Barat berpotensi akan memenangkan Partai Golkar di Pemilu...
dok.ist

3 Komisioner LMKN Tantang Tergugat Buktikan Dalil Jawaban dalam Sidang

👤mediaindonesia.com 🕔Minggu 27 November 2022, 12:00 WIB
KUASA hukum tiga anggota komisioner Lembaga Manajemen Kolektif Nasional (LMKN) 2019–2024, Fredrik J Pinangkury, menyampaikan pihaknya...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya