Senin 30 Oktober 2017, 07:10 WIB

Tahun Politik Milik Generasi Milenial

Gol/*/P-5 | Politik dan Hukum
Tahun Politik Milik Generasi Milenial

Achmad Baidowi -- MI/Susanto

 

PERHELATAN pesta demokrasi 2019 diperkirakan akan didominasi generasi milenial atau kelompok yang lahir pada 1980-1995. Generasi ini sangat potensial karena memiliki karakteristik tersendiri dan berpengaruh dalam menentukan siapa calon pemimpin bangsa.

Demikian dikatakan Direktur Riset Charta Politika Indonesia Muslimin disela-sela diskusi publik bertajuk Startup Politik: Membaca Arah Baru Politik Generasi Milenial, di Cikini, Jakarta, Sabtu (28/10). Turut hadir anggota Komisi II DPR Achmad Baidowi dan mantan Ketum PB HMI Noer Fajriansyah.

Berdasarkan hasil riset Charta Politika Indonesia, terang Muslimin, generasi milenial atau generasi Y yang bakal memberikan sumbangsih suara pada Pemilu 2019 mendatang diperkirakan mencapai 47-50%. “Artinya, pemilih milenial ialah pemilih penentu siapa calon pemimpin,” ujarnya.

Menurut dia, generasi tersebut mendambakan pemimpin egaliter, sederhana, serta memiliki harapan yang sesuai keinginan kaum muda. Bahkan, ada kecenderungan bahwa generasi milenial bakal menggeser pemilih tradisional yang selama ini dimiliki setiap parpol.

Kondisi itu tentu menjadi tantangan bagi setiap parpol untuk segera melakukan inovasi demi mendulang suara dari kalangan muda, termasuk masyarakat swing voters yang juga memiliki perilaku milenial. “Apa sih yang diinginkan pemuda? Kecenderungannya kita analogikan mereka 4C, yaitu critical atau berpikir kritis, change, communicative, serta community atau komunitas yang berdasarkan hobi. Mereka sudah bergerak dan sangat berpengaruh,” tandasnya.

Achmad Baidowi menambahkan gene­rasi milenial sebaiknya diberikan ruang oleh parpol. Parpol pun harus menangkap fenomena digital sosial yang selama ini banyak dimanfaatkan generasi milenial, seperti kecanggihan teknologi. “Ini merupakan tantangan bagi parpol,” ujar politiskus PPP itu. (Gol/*/P-5)

Baca Juga

MI/Ramdani

Bawaslu Minta ASN Bijak Pakai Media Sosial Jelang Pemilu 2024

👤Yakub Pryatama 🕔Selasa 27 September 2022, 15:45 WIB
“Ke depan, bakal banyak mata yang melihat ASN. Mereka harus hati-hati beraktivitas di media sosial, terutama like, komen and...
MI/MOHAMAD IRFAN

KPK: Klaim Tambang Emas Lukas Enembe Tak Hentikan Perkara

👤Candra Yuri Nuralam 🕔Selasa 27 September 2022, 15:04 WIB
Nawawi menilai kubu Lukas salah kamar saat koar-koar aliran dananya berasal dari tambang emas. Pasalnya, kasus Lukas masih di tahap...
Ist

Keluarga Besar FKPPI Pegang Prinsip Keberagaman dan Loyal pada Pancasila

👤mediaindonsia.com 🕔Selasa 27 September 2022, 14:27 WIB
Pontjo Sutowo menegaskan kembali sikap dasar FKPPI yang menerima keberagaman (pluralitas) untuk hidup secara harmoni pada tatanan...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya