Sabtu 26 Agustus 2017, 08:30 WIB

Gedung Baru DPR Habiskan Rp950 Miliar

Administrator | Politik dan Hukum
Gedung Baru DPR Habiskan Rp950 Miliar

Antara/Yudhi Mahatma

 

DIREKTUR Eksekutif Indonesia Budget Center (IBC), Roy Salam, mengatakan tidak mungkin DPR bisa membangun gedung baru hanya dengan anggaran Rp320 miliar. Ia menduga anggaran yang dibutuhkan jauh lebih besar daripada itu.

Sebelumnya, BURT DPR menjelaskan, dari pagu anggaran DPR 2018 sebesar Rp5,7 triliun, terdapat usulan anggaran sekitar Rp601,93 miliar untuk proyek pembangunan gedung baru Rp320,44 miliar dan proyek pembangunan alun-alun demokrasi Rp280 miliar.

IBC mencoba menghitung perkiraan anggaran gedung baru DPR dengan menggunakan ketentuan Perpres Nomor 73 Tahun 2011 tentang Pembangunan Bangunan Gedung Negara dan Peraturan Menteri PU No 45/PRT/M/2007 tentang Pedoman Teknis Pembangunan Bangunan Gedung Negara, serta menggunakan referensi lain yang relevan.

Analisis yang digunakan IBC ialah membangun gedung kantor di Jakarta dengan menggunakan standar harga satuan bangunan gedung negara (HSBGN) yang berlaku di Provinsi DKI Jakarta. Bangunan negara direncanakan menggunakan tipe khusus dengan jumlah lantai lebih 8 lantai maka koefisien jumlah lantai sebesar 1,265.

“Hasil perhitungan IBC memperkirakan biaya pembangunan gedung baru DPR akan menelan anggaran Rp950,55 miliar. Angka itu sekitar 3 kali lipat dari anggaran yang diusulkan DPR tahun 2018 sebesar Rp320,44 miliar,” jelas Roy di Jakarta, kemarin.

Lebih lanjut, ia mengatakan anggaran Rp950,55 miliar setara dengan dana pembangunan untuk 1.267 desa melalui skema dana desa, juga setara dengan total kebutuhan anggaran untuk memfasilitasi seluruh target pemberian akses masyarakat miskin untuk mengelola perhutanan sosial seluas 6,79 juta hektare hingga 2019.

Oleh karena itu, pihaknya merekomendasikan kepada DPR agar lebih transparan perihal detail rencana pembangunan gedung DPR, baik segi desain maupun biaya. Ia menilai rencana biaya pembangunan gedung 2018 yang disampaikan ke media massa tidak sesuai fakta sesungguhnya.

Dalam menanggapi hal itu, anggota BURT dari F-NasDem Irma Suryani Chaniago menyatakan anggaran untuk pembangunan gedung baru DPR bersifat multi years. “Yang pasti tahun 2018 anggaran yang disetujui baru Rp601 miliar,” jelasnya.

Sekretariat Jenderal DPR telah meminta Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PU-Pera) untuk meninjau ulang kondisi Gedung DPR. Hasil tinjauan akan menjadi rekomendasi bagi kelanjutan rencana pembangunan. “Rapat BURT, Bogor, sudah membicarakan itu.” (Nov/P-3)

Baca Juga

ANTARA

Pemilu 2024 Disebut Berpotensi Munculnya Politik Identitas

👤Mediaindonesia.com 🕔Sabtu 22 Januari 2022, 13:15 WIB
Mahfudz mengingatkan semua pihak untuk mengantisipasi munculnya kembali politik identitas yang menciptakan pembelahan atau polarisasi...
Ist

IPW Minta Polri Usut Pelanggaran Hukum Pelat Nomor Kendaraan Arteria Dahlan

👤Mediaindonesia.com 🕔Sabtu 22 Januari 2022, 13:00 WIB
pelat nomor setiap kendaraan harus ada pembeda. Nomor bisa sama tapi ada pembeda pada huruf atau yang...
MI/MOHAMAD IRFAN

Wakil Ketua Umum DPP Partai NasDem Terpilih jadi Ketua DMI Sulteng

👤Mediaindonesia 🕔Sabtu 22 Januari 2022, 11:25 WIB
Ahmad M Ali bersedia dan siap mengembangkan DMI, serta mengoptimalkan program-program yang pengembangan fungsi...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya