Rabu 19 Juli 2017, 20:59 WIB

PPP Sebut HTI tak Tegas Sampaikan Sikap ke Publik

Golda Eksa | Politik dan Hukum
PPP Sebut HTI tak Tegas Sampaikan Sikap ke Publik

MI/M. Irfan

 

SEKJEN PPP Arsul Sani, menilai ormas Hizbut Tahrir Indonesia tidak tegas ketika diminta untuk menyampaikan sikap terkait empat konsensus bernegara dan berbangsa.

Seperti diberitakan, HTI merupakan ormas pertama yang dibubarkan melalui Perppu 2/2017 tentang Perubahan atas UU 17/2013 tentang Organisasi Kemasyarakatan.

Dengan diterbitkannya Perppu 2/2017 maka secara hukum pemerintah memiliki kewenangan. Namun, sambung dia, PPP akan melihat persoalan itu tidak dalam posisi kasus per kasus, termasuk HTI.

"Kami sebenarnya dalam beberapa kesempatan sudah meminta HTI agar menyampaikan komitmennya tentang Pancasila, UUD 1945, NKRI, dan Bhinneka Tunggal Ika, tapi tidak dijawab," kata Arsul di sela-sela acara Mukernas II dan Workshop Nasional Anggota DPRD PPP se-Indonesia, di Ancol, Jakarta, Rabu (19/7) malam.

Menurut dia, seharusnya HTI bisa menjawab dengan lugas pelbagai pandangan pemerintah yang menyebut organisasi tersebut menolak Pancasila, anti-NKRI, mengusung khilafah, dan lain sebagainya.

"Karena itu tidak dijawab, maka kami juga melihat bahwa sisi pandang pemerintah tentang HTI menjadi ada pembenarannya. Nah, tentu itu kemudian kita serahkan kepada pemerintah."

Terkait penerbitan perppu ormas, imbuh dia, PPP selaku parpol bagian dari koalisi pemerintah bisa menerima regulasi itu, namun tetap dengan catatan. PPP mengharapkan DPR dan pemerintah sejatinya perlu menyepakati adanya revisi terhadap Perppu 2/2017.

"Kenapa? Karena perppu itu telah menimbulkan kekhawatiran di masyarakat luas. Jika ada kesepakatan merevisi, maka nantinya kami juga bisa mewadahi dan menampung konsen-konsen masyarakat itu," pungkasnya. (X-12)

Baca Juga

.

Pemerintah Akui Andil Besar Santri dalam Perjuangan NKRI

👤RO/Micom 🕔Kamis 01 Desember 2022, 23:34 WIB
Penyalahgunaan agama harus...
Dok MI

Bawaslu Akui Keserentakan Pemilu Jadi Tantangan Besar

👤Yakub Pryatama Wijayaatmaja 🕔Kamis 01 Desember 2022, 22:08 WIB
Bawaslu pun berkomitmen untuk terbuka secara informasi ke publik karena memang seluruh informasi kepemiluan harusnya menjadi milik publik...
MI/Tri Subarkah.

Kejagung Tahan Tersangka Korupsi Kredit Ekspor Daging Sapi dan Rajungan

👤Tri Subarkah 🕔Kamis 01 Desember 2022, 21:23 WIB
Setelah ditetapkan sebagai tersangka, Bambang dan Anjar langsung ditahan di Rumah Tahanan (Rutan) Salemba cabang Kejaksaan Agung selama 20...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya