Rabu 19 Juli 2017, 19:35 WIB

Novanto Tersangka, Lukman Edy: DPR Harus Lekas Pulihkan Citra

Astri Novaria | Politik dan Hukum
Novanto Tersangka, Lukman Edy: DPR Harus Lekas Pulihkan Citra

ANTARA FOTO/Mahesvari

 

WAKIL Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Lukman Edy mengatakan penetapan Setya Novanto sebagai tersangka berpengaruh besar terhadap kepemimpinan DPR. Menurutnya, DPR harus melakukan pemulihan secara cepat untuk menimbulkan citra baik terhadap performa parlemen.

"DPR pasti ada pengaruh, pengaruh besar terhadap kepemimpinan DPR, DPR harus melakukan recovery secara cepat untuk menimbulkan image baik terhadap perfoma DPR. Itu tergantung empat pimpinan lain," ujar Lukman di Gedung DPR RI, Jakarta, Rabu (19/7).

Lebih lanjut kata dia, apabila tidak segera dipikirkan cara untuk memperbaiki citra di mata publik dikhawatirkan nantinya akan muncul ketidakpercayaan terhadap DPR.

"Jadi ini tergantung pimpinan lain Pak Fadli (Zon), Pak Fahri (Hamzah), dan Pak Taufik (Kurniawan). Pimpinan yang sekarang memimpin DPR punya langkah strategis apa untuk recovery DPR," tandasnya.

Adapun sebelumnya, Ketua DPR RI Setya Novanto menyatakan tetap akan menjalankan tugas Ketua DPR meski berstatus tersangka kasus dugaan korupsi. Dalam Pasal 87 ayat 1 UU MD3 diatur bahwa Pimpinan DPR berhenti dari jabatannya karena meninggal dunia, mengundurkan diri atau diberhentikan.

Jika pimpinan DPR terjerat kasus pidana, dalam ayat 2 huruf c diatur pemberhentian bisa dilakukan ketika dinyatakan bersalah dalam putusan yang sudah berkekuatan hukum tetap karena melakukan pidana dengan ancaman penjara lima tahun atau lebih. (OL-6)

Baca Juga

MI/Susanto

Hari Ini, DPR Gelar Paripurna Soal Calon Kapolri

👤Basuki Eka Purnama 🕔Kamis 21 Januari 2021, 08:46 WIB
Komisi III DPR RI menyetujui penunjukan Komjen Pol Listyo Sigit Prabowo sebagai Kapolri setelah mendengarkan pendapat fraksi-fraksi dalam...
ANTARA FOTO/Wahyu Putro A

KPK Lelang Tujuh Barang Milik Dua Koruptor

👤Candra Yuri Nuralam 🕔Kamis 21 Januari 2021, 08:04 WIB
KPK melelang tujuh barang milik dua koruptor milik Syahrul Raja Sampurnajaya mantan pejabat di Bappebti, dan Hendry Saputra,...
MI/Susanto

KPK Hitung Ulang Uang Suap Juliari

👤Candra Yuri Nuralam 🕔Kamis 21 Januari 2021, 07:37 WIB
Total uang haram yang diterima Juliari diselisik melalui saksi yang dipanggil oleh...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya