Rabu 12 Juli 2017, 11:53 WIB

Menkumham Yakin Perppu Pembubaran Ormas Disetujui DPR

Renatha Swasthy | Politik dan Hukum
Menkumham Yakin Perppu Pembubaran Ormas Disetujui DPR

ANTARA/Hafidz Mubarak

 

MENTERI Hukum dan HAM Yasonna Laoly yakin Peraturan Pemerintah Pengganti Undang-undang (Perppu) Pembubaran Ormas dapat disetujui Dewan Perwakilan Rakyat (DPR). Dia menyatakan Perppu sudah melalui kajian.

"Kita sampaikan ke DPR. Nanti kita liat perkembangannya. Haqul yakin," kata Yasonna di Kompleks Parlemen, Jakarta Pusat, Rabu (12/7).

Yasonna menyebut dalam Perppu itu ada sejumlah ormas yang bakal dibubarkan. Perppu tidak hanya untuk Hizbut Tahrir Indonesia (HTI). Namun, Yasonna belum mau mengungkapnya lebih jauh.

Dia menuturkan, Perppu ini harus segera dikeluarkan, sebab undang-undang nomor 17 tahun 2003 tentang Ormas tidak lagi memungkinkan untuk melakukan pembubaran.

"Undang-undang Ormas yang lama sangat hampir tidak memungkinkan kita untuk melakukan pembubaran seperti itu. Samgat sulit lah. Jangan kita biarkan sampai terjadi hal yang tidak baik ke depannya," kata Yasonna.

Dia membantah, Perppu dikeluarkan lantaran pemerintah takut membawa pembubaran ormas melalui jalur pengadilan. "Nggak. Jadi kita dengar semua pakar. Nanti pak Menko (Menkopolhukam Wiranto) yang umumkan itu," pungkas Yasonna. (MTVN/OL-6)

Baca Juga

MI/Bagus Suryo

Panglima TNI: DOB Diharapkan Kurangi Jumlah KKB

👤Tri Subarkah 🕔Rabu 08 Februari 2023, 19:58 WIB
PANGLIMA TNI Laksamana Yudo Margono mengatakan pemekaran provinsi di Papua diharapkan mampu mengurangi jumlah kelompok kriminal bersenjata...
MI/Bagus Suryo.

Pilot Susi Air yang Hilang Kontak sudah Terdeteksi

👤Tri Subarkah 🕔Rabu 08 Februari 2023, 18:03 WIB
Philips telah bergeser 100 meter dari Paro berdasarkan sistem pemosisi global (GPS) yang...
Ist

Akademisi: Hindari Politik Identitas, Bangun Iklim Demokrasi yang Sehat

👤mediaindonesia.com 🕔Rabu 08 Februari 2023, 17:25 WIB
Demokrasi yang kondusif bisa lahir dari masyarakat yang telah mendapatkan pendidikan politik dan konsep kebangsaan secara...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya