Jumat 06 Maret 2015, 00:00 WIB

Ngartis,Fadli Zon Khianati Tugas

Astri Novaria | Politik dan Hukum
Ngartis,Fadli Zon Khianati Tugas

MI/Susanto

 
DUNIA politik dan keartisan di Indonesia rupanya saling berkelindan. Jika pada 5-10 tahun ke belakang banyak artis yang mengincar dunia politik, kini keadaannya terbalik.

Politikus yang seharusnya lebih fokus dan mengurusi rakyatnya justru kini lebih tertarik untuk naik panggung di dunia hiburan yang biasa digeluti artis.

Wakil Ketua DPR Fadli Zon pun kini semakin asyik terjun ke panggung sinetron yang ditayangkan oleh salah satu televisi swasta. Sinetron Mak Ijah Pengen ke Mekah yang dibintangi Fadli ada sekitar 500 episode lebih yang sudah tayang. Beberapa artis pun juga jadi pemerannya.

Posisi Fadli Zon (F-Gerindra) sebagai Wakil Ketua DPR inilah yang menjadi sorotan. Apalagi, banyak episode yang diperankan sehingga menguras waktu dan akibatnya mengurangi perannya sebagai wakil rakyat.

Kode Etik DPR yang telah disahkan di rapat paripurna pada Selasa (17/2) juga mengatur anggota DPR harus lebih mendahulukan tugasnya. Pasal 12 Kode Etik DPR menyebutkan, ''Anggota wajib mendahulukan fungsi, tugas, dan wewenangnya sebagai anggota.''

Anggota DPR yang ngartis sempat menjadi polemik. Awalnya, di Kode Etik DPR menyebutkan anggota DPR dilarang terlibat di iklan, film, sinetron, dan kegiatan seni lainnya yang komersial, khususnya yang merendahkan wibawa dan martabat DPR.

Anehnya setelah melewati pembahasan ulang di Mahkamah Kehormatan Dewan, aturan itu diubah, ''Para wakil rakyat boleh ngartis asalkan tetap mendahulukan tugas-tugas kedewanan.''

Pengamat politik dari LIPI Siti Zuhro menilai sikap Fadli yang ngartis ini bertentangan dengan ketentuan. Dia mengingatkan anggota DPR yang dulunya artis dituntut melepaskan statusnya.

''Kenapa Wakil Ketua DPR justru kini malah mencoba bermain sinetron?'' ucapnya.

Menurut Zuhro, komitmen dan konsisten pimpinan dan anggota dewan sangat diperlukan dalam menjalankan tugasnya sebagai wakil rakyat.(Nov/P-2) 

Baca Juga

 MI/RAMDANI

Kemenkeu Buka Suara soal Dugaan Pencucian Uang Rp189 Triliun

👤M. Ilham Ramadhan Avisena 🕔Jumat 31 Maret 2023, 15:04 WIB
Hal itu sekaligus menepis pernyatan yang menyebutkan bahwa informasi itu disembunyikan atau ditutupi dari Menteri...
Youtube Sekretariat Presiden

Ini Komentar Jokowi Terkait Penolakan Ganjar dan Koster

👤Indriyani Astuti 🕔Jumat 31 Maret 2023, 14:55 WIB
Jokowi menyinggung Indonesia sebagai negara demokrasi dalam menyikapi penolakan kedatangan Timnas Israel oleh Ganjar Pranowo dan I...
ANTARA FOTO/Nova Wahyudi

Data Transaksi Dana Rp349 Triliun Dipastikan Sama

👤M. Ilham Ramadhan Avisena 🕔Jumat 31 Maret 2023, 14:38 WIB
Sumbernya berasal dari 300 surat yang disampaikan oleh Pusat Pelaporan dan Analisis Transaksi Keuangan (PPATK) kepada aparat penegak hukum...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya