Senin 05 Juni 2017, 20:22 WIB

KPK Duga masih Ada Pejabat Lain Terlibat Suap WTP

Putri Anisa Yuliani | Politik dan Hukum
KPK Duga masih Ada Pejabat Lain Terlibat Suap WTP

Jubir KPK Febri Diansyah di Gedung KPK, Jakarta, Senin (5/6). MIK/ROMMY PUJIANTO

 

JURU bicara Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Febri Diansyah mengatakan KPK menduga masih ada pejabat Kementerian Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (PDTT) yang terlibat dalam kasus suap terhadap auditor Badan Pemeriksa Keuangan (BPK).

Kasus suap yang berkaitan dengan jual beli opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) menggulirkan nama baru. Hari ini KPK memanggil Sekjen Kemendes PDTT, Anwar Sanusi untuk diperiksa sebagai saksi terkait dugaan tersebut.

Pemanggilan Anwar menurut Febri untuk mengonfirmasi sejumlah hal di antaranya proses audit laporan keuangan Kemendes PDTT tahun 2016 yang mendapat opini WTP dan disebut hasil suap auditor BPK.

"Kan ada pemeriksaan keuangan Kemendes PDTT oleh BPK sejak Maret dilakukan (pemeriksaan), dan kita duga ada sejumlah pihak memang, tidak hanya satu orang, dari pihak Kemendes yang diduga mencoba mendekati auditor BPK," kata Febri di gedung KPK, Senin (5/6).

Tak hanya soal proses audit, KPK juga berupaya menggali informasi yang diketahui Sekjen Kemendes PDTT terkait siapa saja yang berupaya menjadi perantara, turut berkomunikasi serta ikut melobi auditor terhadap proses audit tersebut.

"Apakah saksi mengetahui pihak-pihak tertentu yang mencoba melakukan pendekatan terhadap auditor KPK terkait dengan upaya mempengaruhi opini dari BPK untuk Kemendes tersebut," tuturnya.

Untuk itu, KPK pun tak hanya cukup menggali informasi dari sisi administrasi, tapi juga dari sisi prosedural. Dua hal tersebut didalami untuk mengetahui unsur mana yang diduga melawan hukum. (X-12)

Baca Juga

ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A

Korupsi Perum Perindo Terkait Transaksi Fiktif Rp149 Miliar

👤Tri Subarkah 🕔Kamis 21 Oktober 2021, 20:45 WIB
Menurut Leonard, penetapan tersangka ini dilakukan setelah jaksa penyidik memeriksa tujuh orang saksi. Namun hanya dihadiri oleh empat...
Dok. MI

Kasus Korupsi Perindo, Kejagung Tetapkan Tiga Tersangka

👤Tri Subarkah 🕔Kamis 21 Oktober 2021, 20:38 WIB
Ketiga tersangka, yaitu mantan Vice President Perindo Wenny Prihatini, Direktur Prima Pangan Madani Lalam Sarlam dan Direktur Kemilau...
Dok.MI

Saksi Kunci Korupsi Perindo Meninggal Mendadak saat Akan Diperiksa di Kejagung

👤Tri Subarkah 🕔Kamis 21 Oktober 2021, 20:28 WIB
satu menit setelah Iwan duduk di ruang tunggu saksi, Leonard menyebut yang bersangkuan mengalami kejang-kejang. Setelah itu, Iwan mengalami...

E-Paper Media Indonesia

HALAMAN FOKUS EKSTRA 4 HALAMAN

Fokus Edisi

Menolakkan Ancaman Kemiskinan Ekstrem

Pemerintah perlu memastikan seluruh program penanggulangan kemiskinan ekstrem diterima rumah tangga miskin ekstrem yang ada di wilayah prioritas.

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya