Rabu 28 Juli 2021, 14:03 WIB

Honda dan Rakuten Kembangkan Robot Kurir

RO | Otomotif
 

HONDA Motor Co Ltd dan Rakuten Group Co Ltd Jepang mulai melakukan demonstrasi robot pengiriman otomatis ramah lingkungan yang dikembangkan bersama. Percobaan ini dilakukan di sekitar asrama Universitas Tsukuba dan beberapa jalan umum yang dimulai pada 19 Juli hingga 31 Agustus 2021.

Efek dari pandemi menjadikan kebutuhan untuk pengiriman jarak jauh tanpa kontak fisik meningkat, sedangkan tenaga kerja pengiriman pun terus berkurang karena penurunan angka kelahiran dan populasi orang tua meningkat yang menjadikan ini sebagai masalah sosial khususnya di Jepang. 

Untuk mengatasi masalah ini, Honda bersama Rakuten bersama-sama mengembangkan robot pengiriman otomatis dengan memanfaatkan teknologi robotika yang telah diteliti Honda selama bertahun-tahun dengan pengetahuan layanan pengiriman dari Rakuten.

Pada projek ini, Honda memiliki peran dalam pengembangan perangkat dan sistem serta pemeriksaan spesifikasi dan melakukan demonstrasi teknis. Robot ini dilengkapi dengan kotak pengantaran produk yang dikembangkan oleh Rakuten pada sasis yang dikombinasi dengan fungsi pengantaran otomatis yang dikembangkan oleh Honda dengan menggunakan Honda Mobile Power Pack yang digunakan sebagai sumber daya.

Eksperimen demonstrasi ini pun dilakukan dengan dukungan dari New Energy and Industrial Technology Development Organization (NEDO). Kedepannya, Honda akan terus berkontribusi untuk mewujudkan kehidupan masyarakat yang berkelanjutan dengan memecahkan masalah sosial melalui penggunaan teknologi robotika dan lebih lanjut mempromosikan penggunaan energi terbarukan. (S-4)

Baca Juga

SIS

Oli Transmisi Rembes Suzuki Recall Jimny Baru

👤mediaindonesia.com 🕔Jumat 17 September 2021, 11:16 WIB
Bila terindikasi adanya rembesan atau perubahan bentuk pada seal oli maka Suzuki akan melakukan mengganti Automatic Transmission...
Michelin

Michelin Perkenalkan Ban Tanpa Angin Uptis

👤mediaindonesia.com 🕔Kamis 16 September 2021, 20:33 WIB
Anda tidak perlu lagi repot memeriksa tekanan udara pada ban sehingga dapat menghemat waktu dan tenaga Anda dalam hal pemeriksaan rutin dan...
GMM

PT Garuda Mataram Motor Luncurkan The New Audi RS 4 Avant

👤mediaindonesia.com 🕔Kamis 16 September 2021, 16:57 WIB
The New Audi RS 4 Avant bertenaga 450 PS dengan torsi 600 Nm mulai 1.900 hingga 5.000 rpm. Alhasil untuk berakselerasi 0 – 100 km/jam...

E-Paper Media Indonesia

HALAMAN FOKUS EKSTRA 4 HALAMAN

Fokus Edisi

Siap Bawa Pulang Piala Sudirman

 Terdapat empat pemain muda yang diharapkan mampu membuat kejutan di Finlandia.

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya