Senin 29 Agustus 2022, 21:50 WIB

Generasi Muda Peduli Infrastruktur, Suatu Keniscayaan

Ahmad Jayadi, Pranata Humas Ahli Muda Biro Komunikasi Publik Kementerian PUPR | Opini
Generasi Muda Peduli Infrastruktur, Suatu Keniscayaan

Dok pribadi
Ahmad Jayadi

 

PEMBANGUNAN infrastruktur masih menjadi fokus Pemerintah pada 2019-2024, berdampingan dengan pembangunan sumber daya manusia (SDM). Generasi muda yang berasal dari kelahiran 1981-1996 atau generasi milenial dan gen Z (kelahiran 1997-2012) perlu mengetahui dan siap terlibat sebagai pelaku pembangunan, karena pembangunan ini juga akan menjadi modal bagi generasi muda atau milenial untuk lebih berdaya saing. 

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono dalam berbagai kesempatan juga selalu mendorong generasi muda untuk peduli dan aktif terlibat dalam berbagai sektor, yang mendukung kelancaran pembangunan infrastruktur. Karena generasi milenial akan jadi penentu masa depan Indonesia Emas 2045.
 
Menurut Menteri Basuki, generasi milenial yang tumbuh di era perkembangan teknologi berperan penting dalam melanjutkan pembangunan infrastruktur ke depan. Di era disrupsi digital Revolusi 4.0, menurutnya dibutuhkan pemimpin yang mampu menjadi pendobrak, yakni yang memiliki tanggung jawab dan komitmen terutama untuk terus berinovasi.

Untuk itu diharapkan generasi muda dapat menyumbangkan ide-ide inovatif dalam pemanfaatan teknologi informasi dalam mendukung pembangunan infrastruktur. Revolusi industri 4.0 ditandai dengan perkembangan pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi guna mencapai efisiensi  yang tinggi dan kualitas produk yang lebih baik, tidak terkecuali juga memberikan nilai tambah bagi pelaksanaan pembangunan infrastruktur.

Kementerian PUPR sebagai salah satu kementerian yang bertugas melaksanakan pembangunan infrastruktur, senantiasa mendorong keterlibatan generasi muda untuk peduli dan terlibat dalam berbagai kegiatan pembangunan. Salah satunya lewat berbagai kegiatan seperti PUPR 4.0 Expo pada 2019, millenial campaign infrastructure pada Agustus 2019, talkshow milennial bertajuk Creativity, Innovation and Entrepreneurship yang merupakan rangkaian peringatan Hari Bakti ke-74 PU pada Desember 2019, dan berbagai perlombaan yang sering dibuka untuk umum. 

Selain lewat berbagai acara yang menyasar generasi muda, Kementerian PUPR juga berupaya meningkatkan keterlibatan milenial dan gen Z lewat pengelolaan media sosial resmi yang dikemas lebih santai untuk menyasar semua kalangan. Kunjungan ke berbagai sekolah lewat program PUPR Goes to School/Campus juga dilakukan untuk menghidupkan kepedulian generasi muda pada infrastruktur sejak dini.
 
Ke depannya Kementerian PUPR masih terus berupaya untuk terus berinovasi dalam mengomunikasikan sektor infrastruktur, agar perencanaan dan pembangunannya dapat memenuhi harapan masyarakat luas. Tak cukup harus cermat dalam memilih media sosial untuk mengomunikasikan infrastruktur ke generasi muda, namun juga pastinya perlu strategi penyampaian yang mengikuti perkembangan zaman agar bisa tepat sasaran. 

Bila ingin menyasar ke generasi muda, langkah yang dilakukan tentulah harus seiring dengan alam pikiran mereka. Dalam kondisi seperti itulah dibutuhkan pola komunikasi yang tepat. Komunikasi menjadi kata kunci untuk bisa membuat suatu program bisa diterima dengan baik. Beradaptasi pun menjadi sebuah keniscayaan.

Baca Juga

Dok Pribadi

Kesejahteraan Dokter, Isu Terlupakan

👤Iqbal Mochtar Pengurus PB IDI 🕔Rabu 28 September 2022, 07:00 WIB
Memberi gaji rendah kepada dokter mengisyaratkan rendahnya apresiasi terhadap profesi...
MI/Seno

Masalah Bebasnya Napi Korupsi

👤Romli Atmasasmita Guru Besar Emeritus Universitas Padjadjaran 🕔Rabu 28 September 2022, 05:05 WIB
BERITA tentang bebasnya 23 narapidana (napi) korupsi ditanggapi serius berbagai...
Dok. Pribadi

Kenaikan Harga BBM, Momentum Hijrah ke Transportasi Publik

👤M Mashuri Masyhuda Komisaris PT Transportasi Jakarta, anggota Muhammadiyah Disaster Management Center (MDMC), anggota Majelis Ekonomi dan Kewirausahaan (MEK) PP Muhammadiyah 🕔Rabu 28 September 2022, 05:00 WIB
KEBIJAKAN pemerintah menaikkan harga bahan bakar minyak (BBM) sudah pasti berdampak serius bagi kehidupan masyarakat secara...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya