Senin 14 November 2022, 03:58 WIB

Mercedes Finis 1-2 di GP Sao Paulo, Russell Jadi Juara

Basuki Eka Purnama | Olahraga
Mercedes Finis 1-2 di GP Sao Paulo, Russell Jadi Juara

AFP/NELSON ALMEIDA
Pembalap Mercedes Lewis Hamilton (kiri) menyiram rekan setimnya George Russell di podium usai finis 1-2 di GP Brasil.

 

PEMBALAP Inggris George Russell meraih kemenangan pertama dalam kariernya di ajang Formula 1 saat Lewis Hamilton mengantarkan Mercedes finis 1-2 di GP Brasil di Sirkuit Interlagos, Senin (14/11) dini hari WIB.

Russell menguasai jalannya balapan di Autodromo Jose Carlos Pace itu sejak start dari posisi pole, berkat kemenangan pada sprint race, sehari sebelumnya.

Hamilton, yang awal pekan ini mendapat gelar warga negara kehormatan Brasil, finis 1,529 detik di belakang rekan senegaranya itu setelah merestorasi posisinya imbas insiden dengan Max Verstappen di awal lomba.

Baca juga: Verstappen dan Red Bull Berdamai dengan Sky Sport

Pembalap Ferrari Carlos Sainz melengkapi podium di tempat ketiga diikuti rekan satu timnya, Charles Leclerc di P4, setelah berjuang dari barisan belakang menyusul insiden dengan mobil McLaren Lando Norris.

Fernando Alonso, yang terkenal penalti grid karena insiden dengan sesama pembalap Alpine Esteban Ocon pada sprint, tampil brilian untuk finis lima besar setelah start dari P15.

"Sungguh perasaan yang luar biasa. Musim ini seperti rollercoaster, bahkan pada balapan ini. Lewis sangat cepat," kata Russell seusai mempersembahkan kemenangan pertama bagi Mercedes pada musim ini.

Sejumlah pembalap 'saling sikut' yang menyebabkan terjadi beberapa insiden pada awal lomba. Di antaranya, pembalap McLaen Daniel Ricciardo dan pembalap Haas Kevin Magnussen yang harus menyudahi balapan pada lap pertama setelah keduanya bertabrakan.

Pembalap kedua McLaren Lando Norris juga membuat ulah, mengirim pembalap Ferrari Charles Leclerc ke pagar pembatas sehingga steward mengganjar pembalap Inggris itu, yang mengeluh mengalami masalah pada kemudinya, dengan penalti lima detik.

Kemudian juara dunia musim ini, Verstappen terlibat kontak dengan rival utamanya, Lewis Hamilton di tikungan Senna. Sang pembalap Red Bull harus kembali ke pit untuk mengganti sayap depannya yang rusak dan diganjar penalti lima detik karena dianggap menyebabkan tabrakan.

Mercedes yakin mobil Hamilton tidak mengalami kerusakan signifikan dan sang juara dunia tujuh kali harus membangun kembali kecepatannya demi merestorasi posisinya pada balapan sepanjang 71 putaran itu.

Hamilton berharap strategi satu pitstop dengan ban medium pada stint kedua dapat membawanya mengejar zona podium saat kembali ke lintasan di P4 dengan 40 lap tersisa.

Ia kemudian mewarisi P3 dari Sainz, yang mendapat penalti mundur lima posisi start karena mesin baru, ketika sang pembalap Ferrari masuk pit untuk kedua kalinya pada awal paruh kedua lomba.

Perez menjadi target selanjutnya bagi Hamilton yang berjarak empat detik di belakang sang pembalap Red Bull. Sedangkan Russell masih memimpin lomba 10 detik di depan.

Hamilton, pada akhirnya, menyalip Perez pada lap ke-44 untuk merestorasi posisinya semula di P2, namun Mercedes menariknya ke pit lima lap berselang untuk berganti ban soft, diikuti oleh Russell, yang juga menjalani stint terakhir dengan kompon ban terlunak.

Hamilton mempertanyakan strategi dua pitstop itu dan mendapati jawaban 'untuk melindungi dari undercut' Perez, yang lebih dulu menjalani pitstop untuk ban medium.

Saat duet Mercedes bersiap mengamankan finis terbaik mereka musim ini, pada lap 55 Safety Car diberlakukan setelah mobil McLaren Norris berhenti di lintasan karena masalah teknis.

Russell dan Hamilton dibuat khawatir karena beberapa pembalap yang menguntit mereka memiliki ban yang lebih muda, yang akan sangat membantu tampil kencang setelah restart, terutama Sainz yang berganti ban soft pada awal sesi Safety Car.

Dan benar saja, Sainz tidak kesulitan menemukan kecepatan ketika Perez kewalahan menemukan grip dengan ban medium dan terlempar dari zona podium sebelum finis P7 setelah disalip duet Ferrari, Alonso serta rekan satu timnya, Verstappen.

Merangsek ke P3, Sainz telah mendapati duet Mercedes terlampau jauh di depan dan menegaskan dominasi mereka di Brasil dengan finis terbaik tim Silver Arrow pada musim ini.

"Kami telah bekerja keras tahun ini untuk meraih satu kemenangan jadi ini sangatlah layak untuk setiap orang di tim," kata Hamilton, yang masih mengincar kemenangan pertamanya pada musim ini.

Ocon, Valtteri Bottas (Alfa Romeo) dan Lance Stroll melengkapi sepuluh besar untuk membawa pulang poin tersisa.

Di saat gelar juara dunia telah diraih Verstappen musim ini, Charles Leclerc dan Sergio Perez bersaing dalam perebutan peringkat kedua di saat mereka sama-sama mengoleksi 290 poin dengan satu balapan tersisa di Abu Dhabi, pekan depan. (Ant/OL-1)

Baca Juga

Antara/Mohammad Ayudha.

Teknik Dasar Bola Basket dan Kegunaannya

👤Joan Imanuella Hanna Pangemanan 🕔Selasa 29 November 2022, 16:06 WIB
Tujuan utama bermain basket yaitu menghasilkan poin sebanyak-banyaknya dengan memasukkan bola ke dalam...
Antara

Tampil di BWF World Tour Finals, Apriyani/Fadia: Ini Kesempatan Emas

👤Rifaldi Putra Irianto 🕔Selasa 29 November 2022, 15:23 WIB
Ganda putri Indonesia itu pun tidak akan menyia-nyiakan kesempatan perdana tampil berdua di BWF World Tour Finals pada 7-11 Desember...
AFP/Claus Fisker / Ritzau Scanpix

Fajar/Rian dan Rehan/Lisa Masuk Nominasi BWF Awards 2022

👤Basuki Eka Purnama 🕔Selasa 29 November 2022, 13:30 WIB
Fajar/Rian masuk dalam nominasi untuk kategori Most Improved Player of The Year sementara Rehan/Lisa terpilih masuk dalam nominasi...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya