Senin 11 April 2022, 08:30 WIB

Timnas Atletik Tetap Berpuasa Selama Ramadan

Basuki Eka Purnama | Olahraga
Timnas Atletik Tetap Berpuasa Selama Ramadan

Instagram @pbpasiofficial
Pelari gawang Emilia Nova berlatih di pelatnas atletik

 

ATLET yang tergabung dalam skuat timnas atletik Indonesia tetap menjalankan ibadah puasa selama latihan dalam persiapan menuju SEA Games Hanoi, Vietnam, yang dijadwalkan bergulir pada 12-23 Mei mendatang.

Pelatih kepala timnas atletik Agustinus Ngamel mengatakan tidak ada perubahan signifikan terkait pola latihan selama bulan suci Ramadan. Atlet tetap berlatih untuk bisa memberikan yang terbaik dalam pesta olahraga dua tahunan di Asia Tenggara tersebut.

"Pada awal puasa, atlet beradaptasi dengan anatomi tubuh. Dari tim pelatih tidak ada perubahan signifikan, khususnya untuk sprint. Semuanya berjalan normal. Anak-anak tetap berpuasa. Memang ada beberapa disiplin yang melakukan penyesuaian seperti pas Ramadan latihan satu sesi dari biasanya dua sesi. Tergantung dari pelatih masing-masing disiplin," ujar Agustinus, dikutip Senin 11/4).

Baca juga: Jelang SEA Games, Timnas Atletik akan Uji Coba ke Singapura

Selain itu, mengingat SEA Games Hanoi yang tidak lama lagi bergulir, atlet pelatnas akan tetap fokus berlatih dan tidak akan pulang ke kampung halaman masing-masing untuk merayakan Lebaran.

"Kami berkomunikasi dengan anak-anak. Mereka siap Lebaran di asrama. Ini adalah tugas negara jadi mereka memahami dan mungkin baru pulang setelah SEA Games Hanoi," kata Agustinus.

Pengurus Besar Persatuan Atletik Seluruh Indonesia (PB PASI) tengah menyiapkan 23 atlet untuk turun di SEA Games Hanoi. Sebanyak 12 nama di antaranya juga bakal melakukan uji coba dengan mengikuti Singapura Terbuka 2022 di Singapura pada 14-17 April.

Bagi timnas atletik, itu merupakan uji coba satu-satunya di luar negeri sebelum bertolak ke Hanoi. 

PB PASI memang kesulitan mengirim atlet untuk tryout ke luar negeri mengingat banyaknya kompetisi yang tertunda karena pandemi covid-19.

Tercatat hanya satu atlet yang telah merasakan atmosfer kompetisi yakni, Lalu Muhammad Zohri yang turun di Kejuaraan Dunia Atletik Indoor di Stark Arena, Belgrade, Serbia pada 18-20 Maret lalu.

Agustinus pun berharap atlet Indonesia dapat memaksimalkan kesempatan uji coba di Singapura untuk bisa meraih hasil terbaik pada SEA Games Hanoi nanti. 

"Tentunya, saya berharap performa atlet terus meningkat hingga puncaknya di Vietnam," pungkas Agustinus. (Ant/OL-1)

Baca Juga

Toshifumi KITAMURA / AFP

Quartararo Percaya Diri Bisa Kembali Naik Podium di Thailand

👤Dhika Kusuma Winata 🕔Jumat 30 September 2022, 13:04 WIB
Modal pernah naik podium finis di posisi dua di Sirkuit Internasional Chang membuat pembalap Yamaha itu optimistis bisa menjaga posisi...
AFP/JACK GUEZ

Djokovic belum Berencana Pensiun

👤Dhika Kusuma Winata 🕔Jumat 30 September 2022, 11:45 WIB
Djokovic, yang kini berada di peringkat tujuh dunia, kukuh pensiun tidak ada dalam agendanya. Dia masih memiliki misi menambah koleksi...
AFP/Tim Nwachukwu/Getty Images

Embiid Resmi Jadi Warga Negara AS

👤Basuki Eka Purnama 🕔Jumat 30 September 2022, 11:29 WIB
Embiid menorehkan catatan tertinggi dalam kariernya dengan memainkan 68 pertandingan dan rata-rata bermain selama 33,8 menit sepanjang...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya