Kamis 07 Oktober 2021, 19:30 WIB

Edukasi Prokes Terus Digencarkan di 4 Titik Klaster PON Papua

Ilham Ananditya | Olahraga
Edukasi Prokes Terus Digencarkan di 4 Titik Klaster PON Papua

ANTARA FOTO/M Agung Rajasa
Stadion Lukas Enembe di Kompleks Olahraga Kampung Harapan, Distrik Sentani Timur, Kabupaten Jayapura, Papua.

 

KEPALA Bidang Pemadam Kebakaran (Damkar) Dinas Satpol PP dan Damkar Kabupaten Merauke, Lilis Adi Sulistiyanto mengimplementasikan kebijakan untuk menekan laju covid-19 dengan melakukan patroli dan edukasi sejak sebelum gelaran Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Papua dimulai pada 2 Oktober lalu.

Lilis menilai hal ini menjadi tantangan tersendiri. Pasalnya, upaya memastikan keamanan dan kesehatan harus benar-benar ditegakkan melalui berbagai strategi, termasuk melibatkan warga di Provinsi Papua untuk menerapkan protokol kesehatan.

Baca juga: Update: 37 Atlet Hingga Ofisial PON Terpapar Covid-19

"Intinya, kita mengajak seluruhnya (masyarakat) untuk bisa setidaknya menerapkan 3M yakni memakai masker, mencuci tangan dengan benar, dan melakukan berjaga jarak," ujar Lilis dalam acara virtual, Kamis (7/10).

"Kita mengapresiasi Satgas Penanganan Covid-19 PON Papua dari BNPB yang juga didukung 85 relawan dan terus bergerak dengan logistik yang ada. Terutama menuju ke pusat keramaian dan sekolah-sekolah, karena mayoritas penonton disini adalah remaja," lanjut Lilis.

Tantangan Lilis saat ini juga memberikan edukasi mengenai pentingnya penerapan disiplin protokol kesehatan. Seringkali masyarakat Papua abai akan hal itu. Hal ini lebih disebabkan karena perbedaan pemahaman masyarakat mengenai covid-19. Sehingga pihaknya harus lebih ekstra sabar menjalankan sosialiasi dan edukasi kepada masyarakat.

Dengan catatan 72 persen masyarakat Kota Merauke sudah divaksinasi, Lilis mengungkapkan, penyebaran covid-19 sejauh ini hanya terkonsentrasi di wilayah kota Merauke. Untuk daerah perkampungan dan pelosok masih termasuk ke dalam zona hijau.

"Kita dengan 55 orang relawan disini tersebar di empat titik venue. Dengan menggunakan mobil, kita juga melakukan pembagian masker khususnya menyasar ke para orang tua seperti di tempat-tempat wisata, pasar, perkampungan, dan pusat keramaian lainnya," kata relawan Satgas Penanganan Covid-19 PON Papua, Yolanda.

Pemakaian masker menjadi salah satu syarat untuk dapat memasuki venue PON Papua, dengan antuasiasme masyarakat yang tinggi tentunya mereka mulai memahami pentingnya edukasi yang diberikan oleh petugas.

Dalam kesempatan yang sama, Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik BPBD Kota Jayapura, Jonnie Koolang, menyebutkan, persediaan stok untuk dibagikan masih ada 36.000 masker.

"Pemerintah Daerah Kota Jayapura mengeluarkan berbagai instruksi untuk membantu penanganan langsung Satgas Cobid-19 dengan mewajibkan pemakaian masker, adanya pembatasan PPKM di wilayah kota Jayapura. Langkah kebijakan ini diambil untuk menekan laju covid-19," tutur Joonie. (OL-6)

Baca Juga

AFP/Martin KEEP

Sabalenka Masih tidak Percaya Berhasil Juarai Australia Terbuka

👤Basuki Eka Purnama 🕔Minggu 29 Januari 2023, 13:15 WIB
"Saya masih merasa bak berada di planet lain berusaha mengerti apa yang terjadi," ujar Sabalenka saat ambil bagian dalam...
ANTARA/Aditya Pradana Putra

Pelatih Tunggal Putra Bangga Ada All Indonesia Final di Indonesia Masters

👤Basuki Eka Purnama 🕔Minggu 29 Januari 2023, 12:45 WIB
Irwansyah patut bangga karena All Indonesia Final di nomor tunggal putra Indonesia Masters terakhir kali terjadi pada 15 tahun lalu, pada...
MI/RAMDANI

All Indonesia Final Hadir di Indonesia Masters

👤Basuki Eka Purnama 🕔Minggu 29 Januari 2023, 10:30 WIB
Di nomor tunggal putra, Jonatan Christie akan berhadapan dengan rekan senegaranua Chico Aura Dwi...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya