Jumat 24 September 2021, 22:41 WIB

PON XX Papua, Pemerintah Bangun Rute Baru Fiber Optik Kabel Laut

Insi Nantika Jelita | Olahraga
PON XX Papua, Pemerintah Bangun Rute Baru Fiber Optik Kabel Laut

Antara/Indrayadi Th
Petugas memeriksa jaringan di Main Command Center PON XX Papua

 

MENTERI Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Johnny G. Plate menyatakan telah menyiapkan rencana cadangan untuk mengantisipasi gangguan jaringan telekomunikasi di wilayah Papua dan Papua Barat saat PON XX 2021 berlangsung.

Salah satu persiapannya dengan membangun rute baru fiber optik kabel laut yang berada di kedalaman 4.000 meter di sebelah utara Kota Jayapura, Papua. 

"Jaringan tersebut untuk menyediakan layanan telekomunikasi 4G berkualitas saat penggelaran PON XX 2021 berlangsung," ujarnya dalam keterangan resmi, Jumat (24/9).

Selain itu, Kemenkominfo juga mengaku akan berkoordinasi dengan operator seluler, seperti Telkomsel, untuk menjaga jaringan telekomunikasi berkualitas selama berlangsungnya kompetisi apabila terjadi gangguan telekomunikasi di wilayah Papua dan Papua Barat.

Baca juga : Dukung PON XX Papua, BMKG Komitmen Kawal Informasi Cuaca Seluruh Klaster Pertandingan

“Mengingat wilayah daratan dan lautan Papua yang luas, sehingga kami bekerjasama dengan Telkom merancang back up jaringan telekomunikasi untuk mendukung PON dan kegiatan masyarakat," sambung Politikus NasDem ini.

Menurut Johnny, antisipasi gangguan jaringan telekomunikasi tersebut dilakukan dengan menyiapkan jalur cadangan yang mecakup wilayah Jayapura - Madang - Port Moresby - Guam - Manado sebagai alternatif pertama, dan wilayah Jayapura - Madang - Port Moresby - Sydney - Batam sebagai alternatif kedua. 

Menkominfo juga menegaskan kesiapan dukungan layanan telekomunikasi itu akan dibuktikan dalam perjalanan PON dan Pekan Paralimpik Nasional (Peparnas) XVI tahun 2021 di Papua.

“Karenanya, kesiapan kita just at the beginning (permulaan). Kesiapan yang hebat, setengah pekerjaan selesai, Kita butuh membangun 50% nya lagi. Kami melakukan cek dan ricek dalam memastikan kesiapan PON secara menyeluruh A to Z,” pungkasnya. (OL-7)

Baca Juga

Dok. GoBasket.id

Bangkitkan Talenta Pebasket Putri, Turnamen GoBasket Women Pickup Games Digelar

👤Mediaindonesia.com 🕔Sabtu 27 November 2021, 23:36 WIB
Ajang yang digelar Sabtu (27/11) di Filari Court, Jakarta Selatan, diikuti enam tim peserta. Mereka adalah para komunitas basket putri yang...
Dok BWF

Axelsen Puji Penampilan Jojo di Indonesia Open

👤Ant 🕔Sabtu 27 November 2021, 23:29 WIB
Hasil tersebut memperpanjang rekor kemenangan Axelsen jadi lima dari tujuh pertemuannya menghadapi...
PBSI/LUKMAN HAKIM NOOR

Kalah 2 Set Langsung dari Axelsen, Langkah Jojo Terhenti di Indonesia Terbuka

👤Mediaindonesia 🕔Sabtu 27 November 2021, 21:01 WIB
Axelsen, pemenang medali emas Olimpiade Tokyo 2020, mengalahkan Jonatan dengan dua gim langsung 21-19, 21-15 dalam laga berdurasi 54 menit...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya