Kamis 23 September 2021, 21:38 WIB

DBON Juga Sasar Pembinaan Atlet Penyandang Disabilitas

Ilham Ananditya | Olahraga
DBON Juga Sasar Pembinaan Atlet Penyandang Disabilitas

Dok. NPC Indonesia
Pasangan bulu tangkis Oktila Leani Ratri dan Sadiyah Khalimatus berpose usai mendapat medali emas Paralimpiade Tokyo 2020

 

STAF Khusus Menter Olahragai Bidang Kreativitas dan Inovasi Kaum Milenial, Alia Noorayu Laksono memastikan Desain Besar Olahraga Nasional (DBON) mengatur pembinaan atlet disabilitas atau atlet paragames. 

Menurut Alia, DBON saat ini memiliki landasan hukum berupa Peraturan Presiden Nomor 86 Tahun 2021. Adapun sasaran utama DBON adalah terbentuknya prestasi olahraga melalui program pembinaan atlet jangka panjang berbasis ilmu pengetahuan dan teknologi keolahragaan atau sport science hingga tahun 2045. 

"Ini dalam rangka mencapai target meraih peringkat kelima pada ajang Olimpiade dan Paraliampiade pada 2044," kata Alia. 

Disamping itu, untuk mewujudkan perkembangan industri olahraga meliputi industri barang, jasa, dan pariwisata yang berkualitas. 

"Sehingga industri olahraga mampu berkontribusi kepada pertumbuhan ekonomi dan berperan aktif mendukung pembinaan dan pengembangan olahraga prestasi nasional," pungkas Alia. 

"Dan ini didukung dengan integrasi data dalam satu sistem informasi keolahragaan nasional yang profesional," jelasnya. 

Baca juga : Tim Bulu Tangkis Indonesia Jalani Latihan Pertama di Finlandia

Sementara terkait kebijakan dan strategi pemerintah untuk atlet disabilitas dalam DBON antara lain pertama, DBON menjamin penyelenggaraan Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan (PJOK) di satuan pendidikan yang memiliki peserta didik penyandang disabilitas. 

"Kedua memberikan dukungan pembinaan untuk lima cabor unggulan olahraga paralimpik, dan pengembangan industri olahraga bagi cabor yang digemari masyarakat," jelasnya. 

Selain meningkatkan pencapaian prestasi pada capaian peringkat dunia serta melakukan pembinaan dan pengembangan industri olahraga (khusus peralatan disabilitas). 

"Selanjutnya mendukung pembinaan dan pengembangan ruang lingkup olahraga pendidikan, rekreasi, dan prestasi, bagi penyandang disabilitas dan penyandang masalah sosial," pungkasnya. 

"Yang terakhir, mendorong penyediaan fasilitas prasarana dan sarana olahraga. Serta dukungan penyelenggaraan festival dan kompetisi olahraga bagi penyandang disabilitas dan masalah sosial," pungkasnya. (OL-7)

Baca Juga

AFP/	Vaughn Ridley

Usai Tekuk Gauff, Halep Hadapi Pegula di Toronto Masters

👤mediaindonesia.com 🕔Sabtu 13 Agustus 2022, 14:57 WIB
Halep membutuhkan tiebreak set kedua untuk maju ke semifinal dalam waktu kurang dari dua jam, untuk bertemu unggulan ketujuh asal Amerika...
AFP/Vaughn Ridley

Williams akan Menghadapi Raducanu di Cincinnati Sebelum Pensiun

👤Akmal Fauzi 🕔Sabtu 13 Agustus 2022, 11:23 WIB
Mantan petenis nomor 1 dunia itu akan bertemu dengan juara bertahan AS Terbuka Emma...
ANTARA/Fauzan

Lifter Ricko Saputra Sabet Tiga Medali Emas di ISG

👤Rifaldi Putra Irianto 🕔Jumat 12 Agustus 2022, 22:06 WIB
Tak puas di 126 kg, Ricko kembali menaikan beban angkatan menjadi 128 kg di percobaan ketiga, dia pun kembali berhasil dan memperkokoh...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya