Rabu 05 Mei 2021, 16:47 WIB

Kemenpora: Bonus Olimpiade Tokyo Berpeluang Naik

Dero Iqbal Mahendra | Olahraga
Kemenpora: Bonus Olimpiade Tokyo Berpeluang Naik

AFP
Logo Olimpiade terlihat di tepi sungai wilayah Tokyo, Jepang.

 

MERESPONS harapan dari Komite Olimpiade Indonesia (KOI) yang ingin adanya kenaikan bonus prestasi di Olimpiade Tokyo, Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) memberikan sinyal terkait potensi kenaikan nilai bonus.

Kemenpora menegaskan bahwa nilai bonus prestasi Olimpiade tidak akan turun, minimal sama dengan sebelumnya. Pun, tidak menutup kemungkinan nilanya dapat meningkat.

“Biasanya bonus itu tidak pernah turun (nilainya). Contoh saja kemarin di SEA Games, bonusnya Rp200 juta untuk medali emas. Faktanya ketika perolehan kita bagus, prestasinya naik, maka apresiasi langsung dari Pak Presiden ditambah menjadi Rp500 juta,” ungkap Deputi IV Bidang Peningkatan Prestasi Kemenpora Chandra Bhakti, Selasa (4/5) malam.

Baca juga: KONI Berharap Prestasi Bulu Tangkis Tetap Kebanggaan Indonesia

Chandra memastikan bonus untuk atlet peraih medali emas di Olimpiade Tokyo tidak kurang dari Rp 5 miliar. Pasalnya, ketentuan itu berkaca dari bonus yang diberikan pemerintah pada Olimpiade Rio de Janeiro 2016.

"Ukurannya meraih prestasi itu tak mudah. Perunggu atau perak saja sulit, apalagi emas. Jadi, bonusnya tak akan lepas dari nilai Rp5 miliar. Bahkan biasanya diberikan sebelum keringat atlet kering," pungkas Chandra.

Baca juga: Taget Indonesia di Olimpiade 2032, Menpora: 10 Besar

"Bonus itu bentuk lain penghargaan. Saya yakin nilainya tidak kurang dari Rp5 miliar. Mudah-mudahan di Olimpiade Tokyo lebih dari nilai tersebut," imbuhnya.

Selain soal bonus, dia juga menekankan Kemenpora siap mendukung para atlet agar sukses berprestasi di Olimpiade Tokyo. Salah satunya, menempatkan para atlet di kelas bisnis saat menaiki pesawat. Hal ini sebagai apresiasi pemerintah terhadap perjuangan atlet.

"Untuk sampai Olimpiade itu harus ada kualifikasi. Ini berbeda dengan SEA Games. Mereka harus kumpulkan poin dulu untuk bisa lolos. Jadi, atlet Olimpiade akan kami tempatkan di kelas bisnis," jelasnya.(OL-11)

 

 

Baca Juga

AFP/Glyn KIRK

Nadal Muncul dalam Sesi Latihan Jelang Semifinal Wimbledon

👤mediaindonesia.com 🕔Kamis 07 Juli 2022, 23:25 WIB
Nadal beraksi melakukan servis dan menampilkan pukulan-pukulan forehand dan backhand dalam sesi latihan di lapangan Aorangi...
AFP

Tim F1 Akan Bahas Batas Anggaran Di Austria

👤Widhoroso 🕔Kamis 07 Juli 2022, 22:17 WIB
TIM-tim Formula 1 akan membahas penyesuaian batas anggaran dalam pertemuan di Austria, akhir pekan ini. Masalah ini dibicarakan terkait...
AFP

Perang Wakil RI Tersaji di Perempat Final Malaysia Masters

👤Rifaldi Putra Irianto 🕔Kamis 07 Juli 2022, 20:57 WIB
Pebulu tangkis peringkat 6 dunia, Anthony Ginting, akan bertarung melawan juniornya, Chico Aura Dwi, di babak perempat final Malaysia...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya