Rabu 05 Mei 2021, 16:47 WIB

Kemenpora: Bonus Olimpiade Tokyo Berpeluang Naik

Dero Iqbal Mahendra | Olahraga
Kemenpora: Bonus Olimpiade Tokyo Berpeluang Naik

AFP
Logo Olimpiade terlihat di tepi sungai wilayah Tokyo, Jepang.

MERESPONS harapan dari Komite Olimpiade Indonesia (KOI) yang ingin adanya kenaikan bonus prestasi di Olimpiade Tokyo, Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) memberikan sinyal terkait potensi kenaikan nilai bonus.

Kemenpora menegaskan bahwa nilai bonus prestasi Olimpiade tidak akan turun, minimal sama dengan sebelumnya. Pun, tidak menutup kemungkinan nilanya dapat meningkat.

“Biasanya bonus itu tidak pernah turun (nilainya). Contoh saja kemarin di SEA Games, bonusnya Rp200 juta untuk medali emas. Faktanya ketika perolehan kita bagus, prestasinya naik, maka apresiasi langsung dari Pak Presiden ditambah menjadi Rp500 juta,” ungkap Deputi IV Bidang Peningkatan Prestasi Kemenpora Chandra Bhakti, Selasa (4/5) malam.

Baca juga: KONI Berharap Prestasi Bulu Tangkis Tetap Kebanggaan Indonesia

Chandra memastikan bonus untuk atlet peraih medali emas di Olimpiade Tokyo tidak kurang dari Rp 5 miliar. Pasalnya, ketentuan itu berkaca dari bonus yang diberikan pemerintah pada Olimpiade Rio de Janeiro 2016.

"Ukurannya meraih prestasi itu tak mudah. Perunggu atau perak saja sulit, apalagi emas. Jadi, bonusnya tak akan lepas dari nilai Rp5 miliar. Bahkan biasanya diberikan sebelum keringat atlet kering," pungkas Chandra.

Baca juga: Taget Indonesia di Olimpiade 2032, Menpora: 10 Besar

"Bonus itu bentuk lain penghargaan. Saya yakin nilainya tidak kurang dari Rp5 miliar. Mudah-mudahan di Olimpiade Tokyo lebih dari nilai tersebut," imbuhnya.

Selain soal bonus, dia juga menekankan Kemenpora siap mendukung para atlet agar sukses berprestasi di Olimpiade Tokyo. Salah satunya, menempatkan para atlet di kelas bisnis saat menaiki pesawat. Hal ini sebagai apresiasi pemerintah terhadap perjuangan atlet.

"Untuk sampai Olimpiade itu harus ada kualifikasi. Ini berbeda dengan SEA Games. Mereka harus kumpulkan poin dulu untuk bisa lolos. Jadi, atlet Olimpiade akan kami tempatkan di kelas bisnis," jelasnya.(OL-11)

 

 

Baca Juga

AFP/Charly TRIBALLEAU

Brasil Lakukan Vaksinasi Covid-19 untuk Atlet Olimpiade

👤Rifaldi Putra Irianto 🕔Rabu 12 Mei 2021, 12:08 WIB
Pejabat kesehatan setempat mengungkapkan vaksinasi untuk para atlet Olimpiade merupakan dosis yang disumbangkan dari perusahaan...
AFP/GABRIEL BOUYS

Nadal Sebut Regenerasi di Dunia Tenis Profesional Wajar

👤Rifaldi Putra Irianto 🕔Rabu 12 Mei 2021, 11:53 WIB
Tiga gelar ATP Master 1000 terakhir dimenangkan para pemain di luar petenis tiga besar dunia, yaitu Alexander Zverev, Stefanos Tsitsipas,...
AFP/FRANCK FIFE

Reli Dakar akan Kembali Digelar di Arab Saudi

👤Basuki Eka Purnama 🕔Rabu 12 Mei 2021, 11:47 WIB
Reli Dakar akan dimulai di Ha'il di utara Arab Saudi pada 2 Januari dan finis di Kota Jeddah pada 14 Januari, setelah istirahat selama...

E-Paper Media Indonesia

HALAMAN FOKUS EKSTRA 4 HALAMAN

Fokus Edisi

Toleransi tak Pernah Putus di Adonara

Bencana membuat masyarakat Adonara semakin rukun. Ramadan lebih mempersatukan mereka.

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya