Kamis 15 April 2021, 12:21 WIB

Sirkuit Mandalika Masih Berpeluang Gelar MotoGP Musim Ini

Rifaldi Putra Irianto | Olahraga
Sirkuit Mandalika Masih Berpeluang Gelar MotoGP Musim Ini

ANTARA/Akbar Nugroho Gumay
Foto udara pembangunan lintasan sirkuit pada proyek Mandalika International Street Circuit di Pujut, Praya, Lombok Tengah, NTB.

MESKI Dorna Sport telah menyatakan balapan MotoGP seri GP Indonesia di Sirkuit Mandalika, Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB), batal digelar musim ini, dan akan digelar pada musim 2022, Dorna mengungkapkan masih ada peluang untuk menggelar GP Indonesia pada musim ini.

Setelah membangun kembali musim yang masih berlangsung di tengah pandemi covid-19, MotoGP telah mengonfirmasi 19 balapan dalam kalender kejuaraan dunia 2021, mirip dengan jadwal kondisi normal.

Namun, Dorna mengaku sulit bisa memperkirakan bagaimana situasi dunia pada kuartal terakhir tahun ini dan apakah MotoGP akan dapat kembali menggelar lokasi di luar Eropa seperti Jepang, Australia, Malaysia, dan Thailand.

Baca juga: Pulih Cedera, Marc Marquez Siap Uji Sirkuit 'Rollercoater' Portima

Dorna meyakini setidaknya putaran di Eropa dapat berlangsung normal, dengan total 15 Grand Prix. Namun sedikit kurang yakin dengan balapan di Asia, Australia, dan Amerika Serikat menyusul pandemi covid-19 yang masih berlangsung.

"Apa yang akan terjadi pada Oktober 2021 (memasuki GP di luar Eropa), kami tidak akan tahu hingga awal musim panas, atau sekitar Juli mendatang," kata CEO Dorna Sport Carmelo Ezpeleta, dilansir dari Motorsport, Kamis (15/4).

"Saya pikir kami bisa melangsungkan semua balapan di Eropa, seperti tahun lalu. Dan harapan kami setidaknya kita menggelar 18 balapan dengan Eropa 14 balapan dan empat slot sisa bisa di Jepang, Australia, Malaysia, dan Thailand," imbuhnya.

Menargetkan minimal menggelar 18 balapan pada musim dimana pandemi covid-19 masih berlangdung di seluruh dunia, Dorna mengungkapkan GP Indonesia menjadi opsi untuk menggantikan jika salah satu dari 18 balapan itu batal terselenggara.

"Jika tidak memungkinkan balapan di salah satunya, Argentina dan Texas (Amerika Serika) adalah opsi lain, dan GP Indonesia (cadangan) akan menjadi opsi terakhir. Jadi kami akan fokus dengan program 18 balapan," ungkap Ezpeleta.

Kendati demikian, Ezpeleta, sejauh ini, mengaku optimistis bahwa balapan akan berjalan sesuai jadwal kalender musim 2021 yang telah ditentukan, menyusul sebagian besar anggota paddock sudah melakukan vaksinasi di Qatar sebagai upaya meminimalkan penyebaran covid-19.

"Saya tidak tahu persis betapa banyak yang telah divaksin, tetapi hampir semua memberi tahu saya. Dengan rasa hormat kepada mereka yang tidak mau melakukannya, saya pikir vaksinasi adalah langkah penting untuk olahraga ini sekarang," tuturnya.

"Sebab secara statistik hal tersebut bisa membantu kami menghindari penularan. Namun vaksinasi tidak memungkinkan kami mengubah protokol kesehatan sampai pihak berwenang memutuskan itu," tukasnya. (Motorsport/OL-1)

Baca Juga

GABRIEL BOUYS / AFP

Aslan Karatsev Bertemu Medvedev di Putaran Kedua Italia Terbuka

👤Rifaldi Putra Irianto 🕔Selasa 11 Mei 2021, 10:49 WIB
Bagi Karatsev pertarungannya dengan rekan senegaranya Daniil Medvedev akan menjadi pertemuan pertamanya di lapangan tenis...
Twitter @Pacers

Pacers Raih Kemenangan di Kandang Cavaliers

👤Basuki Eka Purnama 🕔Selasa 11 Mei 2021, 10:31 WIB
Pacers kembali ke peringkat kesembilan Wilayah Timur dan bertaut setengah pertandingan di atas Washington Wizards saat kedua tim bersaing...
AFP/Casey Sykes / GETTY IMAGES NORTH AMERICA

Westbrook Pecahkan Rekor Triple-Double NBA

👤Basuki Eka Purnama 🕔Selasa 11 Mei 2021, 09:22 WIB
Westbrook memecahkan rekor itu saat laga melawan Atlanta Hawks, Selasa (11/5) WIB, menyisakan 8 menit dan 33...

E-Paper Media Indonesia

HALAMAN FOKUS EKSTRA 4 HALAMAN

Fokus Edisi

Transformasi Kota Tua

PEMERINTAH Provinsi DKI Jakarta bergandengan tangan bersama Kementerian BUMN dan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya